Cara Agar Suara Bagus dan Merdu Secara Alami

Mempunyai suara yang indah dan bagus merupakan sebuah potensi yang baik apabila kamu menyukai seni olah cokal seperti mengaji atau bernyanyi. Untuk para penyiar radio, penyanyi, master of ceremony, presenter televisi pastinya ingin memiliki suara yang indah dan bagus.

Untuk bisa memiliki hal itu semua, pastinya ada hal-hal yang perlu diperhatikan yang ada hubungannya dengan gaya hidup dan juga kesehatan kita. Kebiasaan-kebiasaan buruk yang kita lakukan akan mempengaruhi kualtias suara kita, termasuk seringnya telat minum, hobi minuman yang mengandung kafein, kurang olahraga, makan makanan yang berminyak, dan lainnya. Berikut ini tips agar suara anda bisa bagus.

cara agar suara bagus
chinawhisper.com

Dapatkan Hidrasi yang Cukup

Untuk dapat bergetar dengan efisien, lipatan suara harus dilumasi dengan lendir. Agar bisa memperoleh pelumas pita suara yang baik bisa dengan cara meminum banyak air putih. Untuk memenuhi kebutuhan air tubuh, setidaknya 2 liter ari setiap harinya, akan tetapi dengan catatan apabila kamu tidak ada masalah pada ginjalmu dan juga fungsi jantung.

Jauhi Kafein, Rokok, dan Alkohol

Alkohol dan kafein sifatnya menarik air keluar dari dalam tubuh kita dan menghilangkan pelumas di lipatan pita suara. Contoh dari minuman yang mengandung kafein ialah teh, kopi, dan minuman ringan dengan jumlah yang kecil bisa diterima jika seimbang dengan banyak minum air putih. Untuk rokok sangat tidak bagus untuk pita suara dan paru-paru.

Hindari Minuman yang Terlalu Panas atau Dingin

Minuman yang terlalu panas atau terlalu dingin tidak baik untuk pita suara. Alangkah baiknya minum air dengan suhu yang normal.

Jauhi Lingkungan Udara yang Jelek

Faktor lainnya yang bisa mempengaruhi pelumas pada pita suara ialah lingkungan udara yang kering. Faktor yang bisa mengakibatkan itu beranekaragam, seperti ruangan ac dan iklim yang lembab . Sering jalan-jalan pada malam hari juga tidak bagus untuk kesehatan pita suara sebab udaranya bisa kering.

Jangan Memaksa Pita Suara

Hindari untuk menjerit atau berteriak pada hal yang tidak diperlukan. Apabila tenggorokkanmu terasa lelah atau kering, atau suara kamu kedengarannya serak, maka kamu harus kurangi instensitas penggunaan suara kamu.

Jaga Otot Leher dan Tenggorokan Tetap Santai

Meskipun kamu lagi bernyanyi dengan menggunakan nada yang tinggi dan nada yang rendah, sangat penting afar menjaga tenggorokan atau otot pada leher kamu agar tetap merasa rileks.

Jangan Keseringan Membersihkan Tenggorokan

Saat kamu membersihkan tenggorokan kamu, maka hal itu seperti menggosokkan pita suara kamu. Apabila kamu mempunyai batuk, atau pun alergi sinus dan penyakit asam lambung, alangkah baiknya berobat ke dokter.

Olahraga Teratur

Dengan berolahraga secara teratur bisa membuat badan kamu tetap prima, nantinya kekebalan tubuh kamu juga akan mengalami peningkatan yang menjadikan kamu tidak akan gampang sakit. Utamanya sakit yang ada hubungannya dengan tenggorokan. Olahraga dengan teratur bisa membuat nafas menjadi panjang dan lebih kuat. Anda bisa memilih olahraga seperti bersepeda, berlari, dan berenang.

Beraltih Pernafasan Dalam

Untuk memperoleh suara yang sehat dan juga kuat, kamu perlu melatih pernafasan paru-paru kamu dan diafragma dengan caranya mengambil udara dengan dalam dan mengeluarkan hinggan benar-benar habis. Hal itu bisa kamu lakukan dengan duduk, berbaring, atau berdiri. Apabila dengan beridir atau pun duduk, letakan tangan di atas perut kamu dan paksakan agar udara yang ada di perut keluar semua. Apabila kamu sambil berbaring, posisikan sebuah buku pada dada kamu hingga tak bergerak.

Segitu dulu tips untuk memiliki suara yang bagus dan juga tinggi, utamnya untak anda yang sedang berlatih vokal.

Tinggalkan komentar