7 Cara Ini Bisa Bikin Aman Internetan via Wifi Gratisan

Jaringan internet nirkabel atau biasa disebut dengan wifi kini bisa ditemui di hampir seluruh sudut kota. Mulai di restoran, kafe, gerai kopi, dan masih banyak yang lainnya. Bahkan kita sangat dimudahkan, di mana seringkali tidak membutuhkan kata sandi (password) untuk bisa terhubung dan menggunakan wifi gratisan tersebut.

Akan tetapi, kamu harus waspada karena aktivitas ini dapat menjadi celah yang bisa digunakan oleh para hacker untuk meretas data kamu lewat jaringan wifi palsu. Jika kamu tidak berhati-hati, mungkin data kamu bisa dicuri.

Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai tips cara aman internetan via wifi gratisan. Yuk, simak dengan seksama.

Bersikap Waspada Pada Jaringan Wifi yang Tidak Membutuhkan Password

forbes.com

Jangan percaya pada jaringan wifi yang tidak membutuhkan password. Para hacker biasanya membuat jaringan seperti ini untuk melacak data pribadi pengguna.

Jaringan yang membutuhkan kata sandi pun nyatanya tidak bisa sepenuhnya dipercaya. Para hacker bisa dengan mudah mengetahui kata sandi yang dipakai untuk bisa terhubung dengan jaringan wifi di sebuah tempat umum. Selanjutnya para hacker tersebut menggunakannya untuk membuat sebuah jaringan wifi palsu dengan nama yang sama.

Matikan WiFi Ketika Kamu Tidak Menggunakannya

astuceclub.net

Cara ini akan melindungi data kamu dan bisa membantu untuk menghemat daya baterai perangkat yang digunakan. Periksalah apakah perangkat yang digunakan secara otomatis akan terhubung dengan jaringan wifi atau tidak, kalau iya maka matikanlah. Selain itu, cara ini juga akan melindungi kamu dari metode pelacakan yang dipakai oleh berbagai organisasi.

Membatasi Kebutuhan Penggunaan Wifi

wifidangers.wordpress.com

Ketika menggunakan wifi publik secara gratis, yang perlu kamu perhatikan adalah jangan menggunakannya untuk membuka layanan penting seperti akun perbankan, akun perusahaan, atau layanan penting lainnya. Kalau perlu, lebih baik gunakan koneksi data mobile saja daripada wifi gratis.

Hanya HTTPS

wavecrest.net

Beberapa situs menunjang HTTPS yang mengamankan apapun yang kamu kirim dan terima dari situs tersebut. Sebagai contoh, Facebook, Google, dan Wikipedia bisa melakukan hal tersebut. Jika memungkinkan, aktifkan pengaturan seperti ini untuk semua layanan penting yang kamu miliki.

Saran untuk Pengguna Google Chrome, Firefox dan Opera

cloudfront.net

 Jika kamu sering berpergian dan selalu online di laptop ketika berada di hotel, kafe ataupun tempat umum lainnya, maka unduhlah plugin khusus yang bisa membantu kamu untuk mengakses Internet secara aman.

Disarankan untuk memakai HTTPS Everywhere dari Electronic Frontier Foundation (EFF). Biasanya plugin ini akan menyediakan koneksi aman pada Amon, Ebay, Yahoo, dan situs-situs lainnya. Kamu juga bisa menambahkan sumber situs lainnya secara manual.

Pertimbangkan untuk Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

wccftech.com

Kamu bisa mempertimbangkan untuk menggunakan jaringan Virtual Private Network (VPN). Cara ini sangatlah baik untuk bisa melindungi data kamu karena layanan VPN akan mengamankan semua data yang kamu kirimk.

Biasanya, sebuah koneksi VPN mengharuskan kamu untuk membayar, tetapi kamu bisa mencari versi gratisnya. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan Cyber Ghost, HotSpot Shield, Your Freedom, dan ProXPN.

Penyedia layanan ini biasanya menyedikan paket standar gratis, namun kelemahannya adalah mempunyai batasan kecepatan. Sedangkan jika ingin memakai versi yang berbayar, biasanya akan dikenakan biaya sekitar beberapa dolar perbulannya.

Selain itu, VPN juga mempunyai beberapa keuntungan lain yakni bisa menyediakan layanan akses pada berbagai sumber yang disensor, baik di dalam ataupun luar negeri.

Unduh Solusi Keamanan yang Bisa Diandalkan

appsinpc.com

Cara lain supaya bisa internetan aman dengan wifi gratisan adalah dengan mengunduh solusi keamanan yang tentunya bisa diandalkan, contohnya seperti Kaspersky Internet Security. Aplikasi ini bisa memberi peringatan ketika terhubung dengan jaringan yang tidak aman dan bisa mencegah kebocoran password.

Demikian beberapa cara supaya bisa internetan dengan aman via wifi gratisan. Semoga bermanfaat ya. Sekian dan terima kasih

Tinggalkan komentar