Cara Ampuh Ngadepin Temen yang Hobinya Pinjem Uang

Masih inget dengan pelajaran PPKn waktu SD dulu? Ternyata pelajaran tersebut juga ngajarin kita buat nggak suka pilih-pilih temen. Dengan adanya pernyataan demikian, kita diharapkan bakal tumbuh jadi anak muda yang siap menerima atau berteman dengan individu yang memiliki latar belakang berbeda.

Nah, akan tetapi pernah gak sih kamu nemuin temen yang hobi pinjem uang tapi susah buat balikin? Sebenarnya teman yang kayak gini sangatlah unik. Disatu sisi, kamu tahu sebenarnya teman kamu itu orang yang mampu. Dia juga pinjem uang bukan untuk hal-hal esensial kayak bayar SPP ataupun uang kosan. Melainkan biasanya dia pinjam buat bensin, uang rokok atau sekedar buat nongkrong. Otomatis karena status dia masih sebagai ‘teman’, kita juga bakalan segan nolak buat minjemin uang. Masa sama temen perhitungan banget sih?

Cuman, kalo minjemnya keseringan ’kan bikin repot juga. Kamu juga pasti bakalan gak enak buat nagih sementara kas financial-mu  juga menipis. Jadi, bagaimana sih caranya agar si teman baik kamu ini berhenti pinjem uang ke kamu? Langsung aja cobain berbagai macam tips berikut.

 

Selalu Bawa Uang Pas. Pastikan Uangmu Hanya Cukup buat Satu Orang

Hipwee.com
Hipwee.com

“Eh, lo tombokin es krim gue dulu ya! Lagi bokek nih, biasaaa, akhir bulan. Hihihihii…”

“Aduh sory, gua juga cuma bawa duit pas” *sambil nunjukin selembar duit bergambar I Gusti Ngurah Rai*

Kalo kamu main sama dia, bawa aja uang pas! Kalo perlu tinggalin Atm atau dompet kamu dirumah. Bawalah uang kira-kira yang hanya bisa mencukupi kebutuhan satu orang, plus 50.000 sebagai uang peranti jaga-jaga. Tapi ingat uang ini jangan kamu pamerin, taruh aja di jok motor atau kaos kaki kamu. Gunanya uang ini buat jaga-jaga, takutnya ban motor kamu pecah ataupun bensin kamu habis dijalan. Hal ini lebih jauh penting, daripada minjemin dia buat beli eskrim cuma gara-gara kamu gak enakan.

Jangan Makan Berdua, Ajak Teman yang Lain. Biar Gak Cuma Kamu yang Bisa Dia Andalkan

hipwee.com

“Aku pinjem uang kamu dulu ya?”

“Waduh, bulan ini aku lagi bokek banget nih. Coba kamu pinjem Doni atau Irma”

Biar gak cuma kamu yang bisa dia andelin buat minjem duit, ajak dia bergaul dengan anak-anak lain yang juga jadi teman satu permainan kamu. Dengan begini, kamu gak akan segan buat ngelak minjemin duit. Toh, dia masih bisa minta tombok ke anak-anak yang lain. Syukur-syukur kalo anak yang lain memang kehidupannya lebih mampu dari kita. Pastinya ‘kan bakalan enak, biar *gak nombok* acara nongkrong kita jadi lebih seru.

Kalo Dia Pelupa, Ingetin buat Selalu Bawa ATM

hipwee.com

“Eh, ini ATM punya siapa? Jangan ditaro sembarangan dong! Simpen di dompet kamu gih….”

Biasa banget deh, temen kamu minta ditombokin dengan alesan lupa bawa duit. Kalo temanmu punya sifat yang kayak gini, kamu bisa cegah dengan cara mengingatkannya buat simpan ATM atau dompetnya dengan baik. Sekali-kali lupa sih gak papa, tapi kalo berkali-kali ngeselin namanya!

Pinjem Uang Balik!

hipwee.com

Nah, cara ini juga ampuh buat ngadepin temen kamu yang suka pinjem duit. Dikala kamu mengalami masalah seperti ATM ketelen, ban bocor atau lupa bawa duit, kamu bisa pake momen ini buat gantian minjem uang ke dia. Jangan ragu, selain karena kemungkinan dia masih punya utang ke kamu, cara ini juga efektif untuk mengingatkan dia bahwa kamu gak semampu yang dia pikirkan.

Gali Bakat Debt Collecting-mu

hipwee.com
hipwee.com

Utang dia udah mencapai lebih ratusan ribu? Kalo ini namanya kebangetan. Dengan demikian, kamu harus nagih dia secara paksa! Jangan sungkan, gali bakatmu sebagai Debt Collector dan jadikan ia sebagai target pertamanya.

Tapi Ingat, Apapun Kekurangannya Dia Tetap Menjadi Teman-mu

cosmopolitan.co.id
cosmopolitan.co.id

Dibalik sifatnya yang nggak ngenakin, tentunya jangan lupa bahwa dia juga punya sifat positif yang bikin kamu mau temenan sama dia. Bukankah salah satu sifat positif ini yang bikin kamu yakin buat jadi teman baiknya? Entah itu jadi pendengar setia, ataupun penghibur dikala kamu sedih.

Walau kesel dama dia, jangan lama-lama. Cukup bentar aja, kalo kamu memutus pertemanan sama dia bisa jadi kamu bakal kehilangan orang yang paling perhatian dan sayang di hidupmu. Yakin deh, kamu pasti tahu betul mana teman yang hanya punya kekurangan dan mana teman yang cuma manfaatin kamu seperti sapi perah. Jadi, jangan buru-buru meninggalkannya hanya karena ia punya sifat atau karakter yang kamu gak suka.

Tinggalkan komentar