Tips Cara Berhenti Merokok Untuk Perokok Berat

Untuk para perokok berat, berhenti dari kebiasaan merokok sangat berat bahkan mustahil. Soalnya, banyak sekali perokok merupakan kebutuhan dan kebiasaan. Ibaratat seperti makan nasi, merokok pun sama demikian. Lebih parah lagi jika orang tersebut diberi pilihan nasi atau rokok maka yang akan mereka pilih adalah rokok, itu tanda-tanda bahwa sudah menjadi perokok akut. Berikut ini tips dan cara agar anda bisa berhenti merokok.

Utarakan Keinginan Anda Untuk Berhenti Merokok

cara berhenti merokok

Coba anda untuk mengutarakan keinginan anda untuk berhenti merokok kepada kelaurga dan teman-teman anda. Mintalah dukungan kepada orang yang dekat dengan anda agar selalu untuk mengingatkan anda dan memberikan dukungan untuk berhenti merokok. Paling penting adalah untuk meminta keluarga atau teman anda agar tidak merokok dekat dengan anda dan tidak menyisakan bekas rokok disekitar anda.

Tentukan Target Waktu

Tentukan target waktu sekitar 2 sampai 3 minggu sejak anda memutuskan untuk berhenti merokok. Untuk menjalani komitmen ini usahakan untuk tidak sterss supaya anda bisa dengan mudah untuk menjalaninya. Coba untuk membatasi jumlah rokok yang anda hisap secara bertahap sampai target yang sudah anda tentukan.

Buatlah Jadwal

Alokasikan waktu yang tidak terlalu ketat atau pun pendek durasinya, hal ini bertujuan untuk mentolerir apabila anda mendapati berkinginan kuat untuk merokok. Apabila anda gagal dalam 3 hari pertama jagnan kecewa. Teruslah berusahan sampai anda berhasil. Banyak orang yang gagal dalam hari pertama untuk berhenti merokok.

Dimulai Dengan yang Mudah

Coba anda renungi kapan anda sering untuk merokok apakah dalam keadaan bosan, cemas, kesepian, ngopi, dll. Berikan nilai dari 0 hingga 5 dengan kriteria 0 ialah kereta api dan 5 ialah hanya jika perlu.

Cari ketika anda merokok layaknya kereta api, dan coba untuk upayakan untuk berhenti dengan secara bertahap jangan sekaligus. Dengan melakukan secara bertahap, anda akan lebih peracaya diri untuk terus melanjutkan proram berhenti merokok anda.

Hindari Kebiasaan yang Menimbulkan Keinginan Merokok

Usahakan untuk selalu menghindari kebiasaan-kebiasaan yang bisa menimbulkan keinginan untuk merokok seperti sering bergadang, minum minuman beralkohol, minum kopi, dan kebiasaan lainnya. Apabila anda susah menghadapai godaan itu semua anda bisa atas itu dengan cara menggantinya. Contohnya dengan minum susu atau sayur dan buah. Ada survei yang menyatakan bahwa dengan makan makanan tersebut bisa memberikan rasa tidak enak ketika merokok. Hindari juga kebiasaan yang biasa anda kombinasikan kerjakan seperti nonton tv, baca majalah, dan browsing-browsing di internet.

Cari Kesiubkan yang Positif

Di hari awal anda mencoba untuk berhenti merokok, carilah kegiatan yang bisa membaut anda sibuk, tentunya cari kesibukan yang positif dan anda sukai. Hal itu dimaksudkan agar anda tidak terpikirkan untuk merokok. Coba untuk mengalihkan keinginan untuk merokok dengan kegiatan yang intensif seperti jalan pagi, olahraga, dan kegiatan positif lainnya.

Minum Air yang Banyak

Coba anda minum air lebih banyak. Air berguna untuk menghilangkan racun rokok yang terakumulasi di dalam tubuh anda, dengan banyak minum air juga berguna untuk menghilangkan keinginan untuk merokok.

Pergi ke Tempat yang Bebas Asap Rokok

Sekali-kali coba untuk menghabiskan waktu beberapa jam di tempat yang dilarang untuk merokok, seperti toko buku atau perpustakaan. Apabila anda sedang istirahat di kantor dan ingin minum kopi bersama teman, pilih tempat yang non smoking area.

Buat Tangan Anda Sibuk

Salah satu penyebab orang masih tetep merokok ialah kebiasaan merek yang selalu terhubung dengan apa yang dilakukan dengan tangannya. Coba anda sibukkan tangan anda dengan memegang selain rokok,seperti memegang pensil, kertas, dan benda-benda lainnya.

Jauhi Godaan Mereokok Sesudah Makan

Kebanyakan orang yang merokok, biasanya mereka apabila selesai makan akan merokok. Tips untuk menghindari itu bisa dengan cara menyikat gigi setelah selesai makan atau bisa denga jalan-jalan. Sebisa mungkin untuk jangan tergoda untuk merokok.

Tinggalkan komentar