Buat Kamu Anak Rantau yang Suka Makan, Ini 8 Cara Cerdas Hemat Uang Bulanan!

Bagi anak rantauan, uang bulanan barangkali merupakan harta yang paling berharga dan harus dijaga baik – baik. Sayangnya, dalam banyak hal uang bulanan justru terkuras dengan sangat cepat karena hal hal tertentu yang tidak terlalu penting.

Salah satu faktor utama habisnya ulang bulanan tentu saja biaya makan harian. Buat kamu yang hobi makan, masalah ini menjadi semakin pelik. Mungkin kamu tidak rakus makan dalam porsi besar atau boros makan di rumah makan mahal.

Namun, seringkali kamu terlalu antusias hingga ingin mencoba makanan ini itu semua makanan baru yang belum pernah kamu coba. Nah, tentunya kamu yang suka makan butuh strategi baru untuk menjaga keseimbangan keuangan bulanan kamu.

Berikut adalah beberapa ide cerdas yang mungkin bisa kamu coba demi menghemat uang bulanan. Harta paling berharga buat kalian anak rantauan yang jauh dari kampung halaman.

Bawa Beras dari Kampung

zmescience.com

Mungkin kamu pulang sebulan sekali? Dua bulan sekali? Tiga bulan sekali atau malahan satu tahun dua kali? Untuk menjaga keseimbangan uang bulanan kamu, membawa beras sendiri dari kampung adalah ide yang brilian.

Bawa beras secukupnya saja, tidak terlalu banyak dan tidak kurang dari dari kebutuhanmu. Pasalnya, jika terlalu lama tidak dimasak, beras yang kamu simpan bisa saja rusak, berbau apek dan berkutu.

 

Bawa Mie Instan dari Kampung

dapurresepmasakan.com

Selain beras, tentu saja trik mudah lainnya adalah membawa mie instan sendiri dari kampung. Semua anak rantauan tahu bahwa mie instan adalah kawan karib yang selalu menjadi penolong saat uang bulanan mulai menipis.

 

Beli Sayur Sayur Jangan Sama Nasinya

foodanddrinkbuzz.com

Nah, ini buat kamu yang suka mencoba berbagai masakan baru. Saat ke warung, lebih baik kamu membeli sayur dan lauknya saja. Tidak perlu membeli nasi karena kamu bisa menanak nasi sendiri di rumah.

Dengan cara ini kamu bisa menghemat dua ribu hingga empat ribu rupiah, harga nasi yang lazim di warung – warung. Tentu saja kamu harus hindari membeli lauk dengan harga yang mahal.

 

Masak Nasi Sendiri Secukupnya

getreligion.org

Saat memasak nasi menggunakan rice cooker atau sejenisnya, masaklah dengan porsi secukupnya. Jangan sampai kamu membuang – buang nasi sisa yang nilainya amat berharga demi menghemat uang bulanan kamu.

 

Atur Batas Pengeluaran Harian

csdnews.com

Nah, untuk ide tips yang satu ini kamu harus benar – benar konsisten. Lakukan batas maksimum pengeluaran harian kamu, terutama pengeluaran untuk makan. Misalnya kamu atur maksimal Rp 30.000 untuk makan maka kamu harus konsisten.

Jangan sampai hobi makan kamu justru mengacaukan pengelolaan keuangan kamu. Kalau ada cara untuk berhemat, mengapa kamu memilih untuk menghambur – hamburkan uang?

 

Beli Buah Saat Musimnya Saja

hype.my

Kalau kamu suka makan buah, cukup beli buat saat musimnya saja. Terutama pada buah – buah mahal seperti durian, manggis, jeruk bali dan berbagai buah lainnya. Jika membeli saat musim panen, kamu bisa mendapat harga yang murah.

 

Ganti Daging dengan Sayur

cookpad.com

Berkaitan dengan lauk yang kamu beli dari warung, lebih baik maksimalkan untuk membeli olahan sayur ketimbang daging. Makan daging cukup seminggu sekali lah, selebihnya kamu bisa mengganti daging dengan jamur atau sayur bertekstur lainnya.

 

Masak Sendiri Saat Weekend

unsplash.com

Akhir pekan adalah waktu yang paling tepat untuk memasak lauk kamu sendiri. Paling tidak, kalau kamu memasak hari sabtu pagi, kamu bisa menggunakannya sebagai lauk selama dua hari, hari sabtu dan minggu.

Tinggalkan komentar