Sulit Dipahami Pasangan? Pahami Bedanya Cara Kerja Otak Pria & Wanita

Ada anggapan yang sangat populer: wanita itu lebih rumit dari pria. Pria itu sangat simpel.

Apa sebenarnya yang menyebabkan perbedaan ini? Pakar pernikahan, Mark Gungor menjelaskan bahwa jawabannya adalah perbedaan antara otak pria dan wanita.

Baca juga: Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Otak Manusia

Cara kerja otak pria: sekumpulan kotak kecil

otak pria seperti kotak-kotakOtak pria sangat unik. Otak pria tersusun dari banyak kotak kecil. Pria punya kotak untuk semua hal. Ada kotak untuk memikirkan uang. Ada kotak untuk memikirkan anak-anak. Ada kotak untuk memikirkan wanita yang dia cintai. Ada banyak kotak. Masing-masing kotak mewakili bagian dari kehidupan pria.

Ada satu karakteristik dari kotak-kotak ini: setiap kotak saling tidak bersentuhan. Ketika pria membicarakan satu hal, misal pertandingan bola, pria akan pergi ke kotak pertandingan bola. Ia akan membuka kotak tersebut dan membicarakan hanya yang ada di dalam kotak, yakni pertandingan bola.

Setelah pembicaraan selesai, pria menutup kotak tersebut dan menyimpannya. Semua ini dilakukan sangat hati-hati agar tidak menyentuh kotak-kotak lainnya. Itulah sebabnya pria seringkali tampak tidak peduli pada orang-orang di sekitarnya saat sedang fokus melakukan sesuatu.

Cara kerja otak wanita: jaring-jaring

otak wanita saling terhubungSementara itu, otak wanita bekerja sangat berbeda dari otak pria. Otak wanita itu seperti jaring-jaring. Semua bagian dalam hidup wanita saling terhubung dengan segalanya.

Uang belanja bulan ini terhubung dengan jadwal sekolah anak dan terhubung dengan cucian yang belum diangkat dan terhubung dengan deadline yang sudah dekat dan terhubung dengan orang tua dan mertuanya serta terhubung dengan segalanya yang ada dalam kehidupan wanita.

Otak wanita ini seperti internet dengan koneksi supercepat. Pergerakan pikiran dalam otak wanita ini didorong oleh energi bernama emosi. Inilah alasan wanita cenderung mengingat: segalanya.

Jika  mengingat satu peristiwa dan menghubungkannya dengan emosi lalu menyimpannya dalam ingatan, kita bisa mengingatnya selamanya.

Hal yang sama juga terjadi pada pria. hanya saja tidak terlalu sering. Alasannya: karena pria sering kali tidak peduli.

Sementara itu wanita peduli tentang semuanya. Bukan hanya itu, wanita sangat suka memikirkan segala hal.

Kotak dalam otak pria yang tidak diketahui wanita: kotak kosong

 

kotak kosong dalam otak priaAda kotak dalam otak pria yang tidak diketahui wanita. Kotak ini tidak ada isinya sama sekali alias kotak kosong.

Dari semua kotak yang pria punya di dalam otaknya, kotak kosong ini adalah kotak favoritnya. Setiap kali ada kesempatan, pria akan membuka kotak kosong ini (dan tentu saja mengabaikan kotak-kotak lainnya).

Itulah sebabnya pria bisa melakukan hal yang tidak memerlukan kerja otak sama sekali. Selama berjam-jam. Contohnya saja: memancing.

Penelitian yang dilakukan di University of Pennsylvania, menunjukkan bahwa pria tidak memikirkan apa pun, dan masih tetap  bernapas.

Wanita tidak bisa melakukan hal ini. Otaknya tidak pernah berhenti berpikir. Wanita tidak mengerti sama sekali tentang kotak kosong pria.

Itulah sebabnya wanita seringkali sangat kesal saat melihat suaminya tidak melakukan apa pun sementara ada banyak sekali hal yang perlu dikerjakan. Perbedaan cara kerja otak inilah yang membuat kebutuhan emosional dasar pria dan wanita menjadi berbeda.

Tinggalkan komentar