Cara Memasang Senar pada Gitar Akustik

Gitar dan senar adalah dua hal yang saling melengkapi satu sama lain, sehingga mampu menciptakan sebuah harmoni pada saat dimainkan. Sebagai pemula yang baru terjun ke dalam dunia musik khususnya untuk alat music gitar diwajibkan untuk bisa memasang senar sendiri.

Semua orang pastinya memiliki cara masing-masin ketika memasang senar gitar. Namun yang menjadi masalah adalah bagaimana supaya senar yang kita pasang menjadi rapi. Lalu bagaimanakah cara memasang senar gitar agar rapi dan tidak acak-acakan? Berikut ini akan kami sajikan cara memasangnya. Langsung saja simak informasi berikut.

Pertama-tama siapkan senar gitar lalu cabut senar yang akan diganti. Setelah dicabut masukkan ujung senar yang baru lewat belakang atau ekor gitar. Masukkan senar sesuai dengan nomernya, misalnya jika yang putus nomer 2 maka masukkan lewat jalur nomer 2 di bagian ekornya, dan begitu juga dengan yang lainnya. Setelah senar gitar dimasukkan lewat tempat bridge, tekan senar sampai benar-benar masuk ke dalam.

Setelah sukses memasukkan senar pada bagian bridge. Sekarang waktunya kamu memasang ujung senarnya pada bagian kepala gitar (headstock). Selain itu kamu juga perlu memperhatikan jalur senar yang ada pada bagian leher/tulang leher bewarna putih (nut). Jangan sampai ketika kamu memasang ujung senar di kepala gitar dan memutar stem tidak memperhatikan jalur senar di leher.

Jika senar telah masuk pada bagian bridge, langkah selanjutnya adalah melilitkan senar pada stem gitar. Lilit sekali kemudian tahan dengan jari agar pada saat diputar lilitan tidak lepas. Kemudian putar stem gitar hingga benar-benar melilit dengan rapi.

Perlu diperhatikan pada saat memutar senar jangan pernah melepaskan tangan dari senar. Tahan terus hingga senar benar-benar tidak kendur lagi. Karena jika tidak maka hasilnya lilitan akan terbuka kembali. Namun jika hasil lilitan tadi kurang rapi maka kamu perlu mengulanginya lagi.

Demikianlah sedikit informasi yang bisa kami berikan tentang cara memasang senar gitar. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat. Selamat mencoba dan terima kasih.

 

Tinggalkan komentar