Cara Membasmi Tikus dengan Mudah dan Praktis

Tikus merupakan hewan yang kerap kali kita temui di sekitar rumah. Bahkan, tak jarang tikus membuat sarangnya di atas atap rumah kita. Pastilah hal itu sangat mengganggu dan rumah kita jadi terkesan jorok.

Nah, buat kamu yang punya masalah sama yang namanya tikus, jangan khawatir. Sekarang ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tikus dari rumah.

Rambo: First Blood
gamingtrend.com

Mulai dari teknologi canggih yang memanfaatkan gelombang suara sehingga tikus jadi kabur. Atau, kamu bisa menggunakan cara yang lebih murah dan juga ampuh. Gunakan bahan-bahan dan cara yang tidak disukai tikus ini.

 

Deterjen + Air + Saus Cabe

7 Cabe Terpedas di Dunia
pixshark.com

Kalau biasanya kamu menggunakan deterjen untuk mencuci pakaian, sekarang saatnya bereksperimen. Kamu membutuhkan bahan lain agar bahan eksperimenmu ini menjadi lengkap, ambil juga saus cabe. Campurkan deterjen dan saus cabe, jangan lupa, tambah air sampai encer.

Setelah ramuan siap, masukkan ke dalam botol semprot. Nah, kamu bawa senjata rahasia ini ketika di dalam rumah ya. Begitu ada hidung tikus yang nongol dan nyelonong lari. Semprot tuh tikusnya pakai ramuan deterjen dan saus cabe.

Kalau tikusnya kena, dia akan kapok tuh, kepedesen kena ramuan rahasia tadi. Tapi ingat, menggunakannya harus hati-hati ya. Soalnya, kalau kena mata akan berbahaya.

Daun Mint

Daun Mint untuk Salad
infokuliner.pendidikanriau.com

Cara ini lumayan gampang buat kamu coba, cukup sediakan beberapa ikat daun mint saja. Nah, daun yang kamu sudah sediakan itu kemudian diambil sarinya dan larutkan.

Semprot cairan daun mint ke daerah-daerah kesukaan tikus. Atau kalau kamu nggak tahu tempatnya, semprotkan saja di jalur yang sering dilalui tikus. Pasti tikus nggak kerasan tuh tinggal di rumah kamu. Karena, tikus itu nggak suka sama bau daun mint.

Kalau kamu pengen yang lebih hemat karena beli daun mint itu mahal. Tanam saja daun mint di pekarangan rumah kamu. Selain bisa kamu gunakan untuk membasmi tikus, daun mint itu bisa juga kamu pakai untuk membuat minuman menyegarkan.

Durian

jualanekatanaman.wordpress.com
jualanekatanaman.wordpress.com

Durian merupakan buah yang menjadi rajanya para buah-buahan. Walaupun memiliki bau yang menyengat, tapi penggemar durian ini sangat banyak lho. Mungkin kamu juga suka?

Nah, kita nggak butuh daging durian kok untuk mengusir tikus dari rumah. Jadi, kita nikmati dulu saja durian ini sampai puas. Tapi, jangan buang kulitnya dulu ya! Kulitnya ini yang akan kita jadikan pengusir tikus.

Letakkan kulit durian di tempat-tempat yang sering dilewati oleh tikus. Bau dari kulit dulian akan membuat tikus kabur dan meninggalkan rumah kamu.

Mengkudu

reps-id.com
reps-id.com

Kamu pasti tahu yang namanya mengkudu kan? Itu lho, buah yang memiliki bau yang kurang sedap dan bentuk yang agak aneh. Kalau dilihat kamu mungkin akan keheranan, kok ada ya buah kayak gitu?

Tapi, mengkudu ini punya banyak khasiat untuk tubuh kita lho. Banyak manfaatnya untuk kesehatan lah pokoknya. Tapi, selain bermanfaat untuk kesehatan, ternyata mengkudu juga mampu mengusir tikus.

Cukup potong mengkudu menjadi beberapa bagian saja, kemudian letakkan dalam wadah dan taruh di tempat tikus sering melintas. Bau yang aneh dari mengkudu akan mampu mengusir tikus dari rumah kamu.

Jangkrik

songsofinsects.com
songsofinsects.com

Kamu pernah dengar suara jangkrik? Suaranya itu menentramkan banget ya? Bikin kita kayak ada di alam bebas dengan pepohonan yang tinggi menjulang.

Nah, kamu bisa menggunakan jangkrik untuk mengusir tikus dan menjadikan suasana khas pedesaan. Letakkan saja jangkrik di tempat tikus bersembunyi. Tikus yang biasanya datang ke rumah kamu pasti nggak bakal berani lagi tuh. Karena, jangkrik pasti berisik bikin suara dan tikus itu nggak suka kalau ada banyak suara.

Tinggalkan komentar