Cara Membersihkan Mata dengan Bahan yang Alami

Mata yang sehat dan berkilau sudah tentu menjadi dambaan setiap wanita. Namun, banyaknya aktivitas di luar ruangan dapat menyebabkan berbagai macam masalah yang dapat menyebabkan mata menjadi merah dan sembab.

Sebagai indra yang sangat vital kegunaanya, tentunya kamu tidak ingin jika mata tidak optimal dalam bekerja bukan? Maka, sangatlah penting untuk menjaga organ yang satu ini. Salah satunya adalah dengan membersihkan mata dengan berbagai bahan alami yang dapat kita peroleh disekitar kita, di antaranya adalah:

Daun Sirih

Daun Sirih Cara Menyembuhkan Mata
kesehatan-kulit.info

Selain digunakan sebagai penghilang bau badan dan penghilang bau mulut. Daun sirih juga memilik banyak manfaat lainnya, diantarannya adalah sebagai pembersih alami untuk membersihkan mata. Kandungan dalam daun sirih berupa Betlephenol, Seskiterpen, Samak, dan Kavikol yang berperan aktif dalam mematikan kuman yang bersarang disekitaran mata, selain itu juga dapat menyembuhkan iritasi yang dtimbulkan pada saat kita tidak sengaja mengucek mata terlalu keras.

Untuk membuat larutan sirih cukuplah mudah, yaitu dengan cara merebus 5 lembar daun sirih dengan 600 mililiter air bersih, tunggu hingga dingin dan basuhlah mata kemudian kedip-kedipkan dengan larutan sirih. Lakukan pada saat pagi dan malam hari sebelum tidur.

Jus Kentang dan Mentimun

Jus Mentimun Cara Menyembuhkan Mata
merdeka.com

Kombinasi kentang dan mentimun dalam jus yang digunakan ini memiliki zat aktif dalam menyerap segala kotoran sekitaran mata yang dapat menyebabkan mata menjadi gatal dan menyebabkan iritasi. Kandungan vitamin E yang tinggi pada mentimun juga membantu mata melawan iritasi akibat debu di udara dan radikal bebas pada saat beraktifitas.

Dengan cara yang sangat mudah kamu dapat menggunakan jus ini dengan cara mencelupkan kapas ke dalam jus ini kemudian mengompreskannya ke mata. Melalukannya secara teratur setiap hari dapat membantumu membersihkan mata secara optimal.

Selain memanfaatkan berbagai cara di atas kamu juga dapat membersihkan mata dengan kebiasaan yang sehat diantaranya menjaga konsumsi garam dalam tubuh, mengonsumsi minyak ikan yang cukup, serta istirahatkan mata dengan porsi tidur yang cukup yaitu antara 6-8  jam setiap harinya. Dengan cara sederhana tersbut kamu dapat menjaga mata agar senantiasa indah berkilau.

Tinggalkan komentar