Inilah Cara Membuat Aquascape yang Mudah dan Murah

CARA MEMBUAT AQUASCAPE – Aquascape merupakan aquarium yang didalamnya terdapat tanaman hias. Atau bisa dikatakan aquascape merupakan miniatur ekosistem atau biota laut.

Keberhasilan dari aquascape tergantung kepada 4 faktor, diantaranya pencahayaan (dibutuhkan sebagai pengganti matahari untuk fotosintesis), CO2 (namun tidak berlebihan), nutrisi tanaman dan filterisasi (untuk menjaga kualitas air).

Saat ini sudah banyak orang yang tertarik dengan aquascape. Di toko-toko ikan juga saat ini sudah banyak yang menjual aquascape, namun tentunya dengan harga yang cukup mahal. Nah, jika kamu tertarik ingin memilikinya, kamu bisa membuatnya sendiri loh. Berikut ini cara membuat aquascape yang dapat kamu tiru di rumah.

 

Persiapan Dasar Aquarium

www.ukaps.org
www.ukaps.org

Pertama kali yang harus kamu lakukan yaitu melapisi dasar aquarium dengan pasir silica yang berukuran 4-5 mm. Masukanlah carbon active di bagian tengahnya. Ini berguna untuk menyerap zat-zat berbahaya yang terdapat pada air selama proses pembuatan aquascape.

Setelah tiga bulan, carbon active akan merelease kembali kandungan air. Namun hal ini tidak membahayakan tanaman, karena pada usia sekitar 3 bulan, tanaman di aquascape sudah stabil. Agar penyebarannya merata, dasar aquarium harus tertutup pasir secara merata.

Siapkan Pupuk Dasar

kampungaquarium.blogspot.com
kampungaquarium.blogspot.com

Setelah dasar aquarium tertutup pasir secara merata, langkah selanjutnya yaitu memberikan pupuk dasar. Fungsinya yaitu untuk memberikan nutrisi pada tanaman di aquarium.

Pupuk dasar ini diberikan hanya untuk tanaman berakar. Jika yang kamu tanam di aquascape adalah tanaman yang penyerapan nutrisinya menggunakan daun seperti Microsorum atau Anubias, maka langkah ini dapat dilewati. Pupuk yang digunakan sebaiknya yang berkualitas dengan jumlah yang direkomendasikan.

Membuat Top Layer dan Hardscape

eastoceanaquatic.blogspot.com
eastoceanaquatic.blogspot.com

Jika pemupukan dasar pada aquascape telah dilakukan, langkah selanjutnya yaitu menutupnya (menimbun) kembali dengan pasir. Pasir yang digunakan sama seperti pasir yang digunakan untuk dasar aquascape yaitu pasir silica. Apabila penimbunan untuk menutupi pupuk telah selesai, buatlah dekorasi hardscape menggunakan kayu dan batu.

Saat meletakan hardscape, alangkah baiknya kamu mendesainnya secara baik, agar hasilnya kelak ketika tanaman tumbuh sesuai dengan yang kamu harapkan. Untuk memiliki efek depth pada aquascape, maka usahakan pasir bagian depan tidak lebih tinggi daripada pasir pada bagian belakang aquarium.

Mengisi Aquarium dengan Air

eastoceanaquatic.blogspot.com
eastoceanaquatic.blogspot.com

Jika kamu sudah yakin dengan dekorasi yang kamu buat di aquascape, langkah berikutnya yaitu mengisi aquarium dengan air. Langkah ini memang sangat mudah, namun kamu tetap harus berhati-hati agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Misalkan dengan mengisinya secara langsung, hal ini akan menyebabkan pasir yang ada di dasar aquascape rusak.

Ini dapat dibilang fatal, karena selain merusak dasar aquascape, juga pupuk akan langsung terlarut dalam air. Cara yang benar mengisi air ke aquascape yaitu dengan menggunakan kertas atau koran yang dibentangkan, lalu tuangkan air secara perlahan. Dengan begini air tidak akan mengenai pasir secara langsung dan tidak pula merusaknya.

Menanam Tanaman Hias

ytimg.com
ytimg.com

Setelah keempat langkah di atas diselesaikan, langkah yang terakhir yaitu menanam tanaman hias di aquascape. Menanam tanaman hias bisa dilakukan sebelum mengisi air. Atau dengan mengisinya seperempat aquarium, lalu tanam tanaman hias yang sudah disiapkan.

Pada tahap ini juga, kamu harus menata peralatan seperti outlet filter, diffuser CO2, peletakan pencahayaan serta peralatan lain yang dibutuhkan.

Setelah semuanya terpasang, isi aquarium hingga penuh. Setelah beberapa waktu, buanglah air hingga 70%. Isi kembali dengan air yang baru hingga penuh. Hal ini dimaksudkan untuk membuang racun atau kandungan almonia serta nutrisi pupuk yang terlarut dalam air.

Tinggalkan komentar