Cara Membuat BAKSO SAPI Super Nikmat dan Lezat

CARA MEMBUAT BAKSO SAPI – Salah satu hal yang paling menarik dari bakso sapi adalah tingkat kekenyalannya. Jadi saat kita gigit, rasanya bakal terasa nikmat banget. Tapi masalahnya tak semua bakso daging sapi ini kenyal secara alami.

Kadang ada yang menggunakan bahan tertentu untuk membuatnya kenyal. Nah, tapi sebentar lagi kita akan belajar untuk cara membuat bakso sapi yang kenyalnya alami itu.

Pilih Daging Sapi yang Segar dan Berkualitas

Membuat BAKSO SAPI - pilih daging yang segar
jmmacro.blogspot.com

Bahan daging sapi yang kita pilih akan sangat menentukan terhadap hasil akhir bakso yang kita buat. Untuk itu, penting selalu mendapatkan daging yang segar serta berkualitas. Sebaliknya, kalau dagingnya tidak segar dan kualitas buruk, nanti rasa bakso yang dibuat pun menjadi tidak enak.

Hindari juga beli daging sapi yang sudah masuk freezer. Sebab nanti hasilnya akan beda tidak seperti harapan kita. Pada daging yang masih segar punya ciri warna lebih gelap, dengan tekstur kenyal dan rasa gurih. Lain dengan daging yang sudah pernah dibekukan, warnanya akan pucat keputihan.

BACA JUGA: Tips Memotong Daging yang Benar agar Hasilnya Empuk Setelah Dimasak

Daging Harus Digiling Sangat Halus

Membuat BAKSO SAPI - giling daging dengan halus
dapoerkayka.wordpress.com

Ini penting untuk membuat bakso yang enak. Bahkan kalau bisa serat daging sampai terlihat terpisah. Sebab nantinya akan lebih mudah untuk menghasilkan bakso yang berkualitas super.

Campur dengan Es Batu

Membuat BAKSO SAPI - campur dengan es batu
kaskus.co.id

Saat daging sapi ini hendak digiling, jangan lupa dicampur dengan es batu. Fungsi dari es batu ini untuk menghambat suhu naik ketika daging digiling. Sebab kalau suhunya naik, gel pun akan terbentuk sebelum masuk tahap direbus. Jadi daging sapi “matang” lebih dulu sebelum waktunya.

Memakai Tepung Berkualitas dengan Komposisi yang Sesuai

Membuat BAKSO SAPI - menggunakan tepung yang berkualitas
berdaya-bersama.blogspot.com

Biar bakso yang dihasilkan jadi lezat, tepung yang dipakai komposisinya adalah 20 persen dibandingkan dengan daging sapi. Jadi misalnya bahan untuk daging adalah 500 gram, berarti untuk tepung tapioka yang perlu kita siapkan adalah maksimal 100 gram

Campur dengan Semua Bahan saat Penggilingan Terakhir

Membuat BAKSO SAPI - proses pencampuran bahan bakso
tiptopsehat.blogspot.com

Pada bagian akhir penggilingan daging, kamu bisa masukkan semua bumbu dan bahan seperti tepung tapioka, putih telur, garam, gula, merica, baking powder. Giling hingga semuanya menyatu dan kental

Gunakan Pengenyal Alami

Membuat BAKSO SAPI - gunakan pengeyal alami
alexselly.blog.com

Ada bahan pengenyal bakso alami yang diekstrak dari rumput laut. Namanya karagenan. Bahan ini mampu membuat bakso menjadi kenyal. Caranya dengan dicamur pada adonan bakso yang kita buat. Tapi karena varian karagenan itu bermacam-macam, biar hasilnya maksimal, sebaiknya kamu pilih karagenan yang memang khusus untuk bakso.

Atau ada juga yang biasa menggunakan bubuk agar-agar untuk mengenyalkan bakso. Jadi bubuk agar-agar itu dicampur dalam adonan bakso yang kita buat.

Cicipi Bakso

Membuat BAKSO SAPI - cicipi bakso
dapoeryuyu.blogspot.com

Setelah itu, adonan bakso ini bisa dicicipi apakah rasanya sudah pas atau belum. Caranya, dengan masukkan sedikit adonan ke kaldu yang sudah mendidih. Kalau dirasa ada yang kurang, kamu bisa tambahkan bahan yang diperlukan dan kembali aduk sampai rasanya terasa pas.

Bentuk Bakso Sapi

amfm.it
amfm.it

Nah, di tahap ini kamu mulai ambil adonan itu dan membentuknya berbentuk bulatan. Bisa dengan menggunakan tangan yang dikepal sehingga bulatan bakso itu akan muncul dari ujung genggman.

Atau jika dirasa hasilnya tidak maksimal, bisa gunakan dua sendok untuk mempermudah pembentukan bakso hingga bundar.

Masukkan Bakso ke Kuah

dezwarmandneat.wordpress.com
dezwarmandneat.wordpress.com

Nah, setelah itu tinggal dimasukkan bulatan-bulatan bakso itu pada kuah atau air mendidih. Jika bakso itu sudah mengapung, berarti sudah matang dan siap untuk ditiriskan. Sebaiknya juga tidak terlalu lama bakso berada di air mendidih. Sebab kalau kelamaan jadinya bagian luar bakso bakal pecah-pecah.

Ya, begitu deh cara buat bakso sapi biar kenyal. Penasaran ya mau segera coba? Ayo buruan deh dicoba ūüôā

Inilah makanan yang paling universal di Indonesia. Dikenal semua orang, ada di daerah mana saja dan dimakan oleh semua golongan, dari gerobak dorong sampai restoran papan atas.

Universal juga karena bakso tidak mewakili makanan khas daerah tertentu. Sedangkan bakso Malang dan bakso Wonogiri hanyalah varian dan pengembangan dari bakso kuah.

Kalau mau dirunut, bakso sebenarnya berasal dari etnis Tionghoa yang sudah tinggal lama dan membaur dengan orang Indonesia. Itu artinya bakso berasal dari Indonesia.

Dalam bahasa Hokkien kata bak-so artinya adalah daging giling. Seperti namanya, bakso terbuat dari daging giling dan tepung tapioka. Menyesuaikan dengan masyarakat muslim, daging yang dipergunakan umumnya adalah daging sapi.

Tapi, karena harga daging sapi yang mahal, kini banyak alternatif daging yang digunakan sebagai bahan bakso, seperti daging ayam, ikan, atau udang.

Namun dari kesemuanya, daging sapi tetap tetap pilihan nomor 1, nggak ada yang bisa menggantikan cita rasanya yang enak. Agar kamu lebih hemat dalam menikmati bakso, kamu bisa membuat sendiri bakso sapi kuah ini di dapur rumahmu.

Berikut cara mudah membuat bakso kuah dari daging sapi, berikut dengan cara membuat kuahnya.

Bahan-Bahan Bakso

itoday.co.id

Seperti namanya yang berarti daging giling, bahan utama bakso sapi tentu adalah daging sapi segar. Siapkan kurang lebih sebanyak 700 gram.

Tepung sagu atau sebagai penggantinya dapat menggunakan tepung kanji kualitas bagus kira-kira sebanyak 125 gram. Takaran itu masih bisa ditambah atau dikurangi saat pencampuran nanti (menyesuaikan), supaya didapat tingkat kekenyalan yang pas.

BACA JUGA: Begini Rahasia Supaya Bakso Bisa Jadi Kenyal

Merica bubuk atau halus kurang lebih sebanyak satu sendok kecil. Bisa dihilangkan kalau benar benar tidak suka pedas. Bawang putih ukuran agak besar yang harus dihaluskan terlebih dahulu, kira-kira sejumlah 8-9 pcs saja.

Es serut atau es kristal yang sudah dihaluskan sekitar 200 cc. Garam dapur beryodium kira-kira sekitar 6 sendok kecil saja. Telur ayam kurang lebih sebanyak 2 butir saja.

Membuat Adonan Bakso

tarjobisnisbakso.wordpress.com

Tahap pertama adalah menghaluskan daging sapi yang sudah disediakan, garam dapur beryodium, bawang putih, telur ayam, merica halus, dan es serutnya. Bisa menggunakan food processor, blender, atau dibawa ke tempat penggilingan daging terdekat.

BACA JUGA: Membuat Bakso Ikan Murah Meriah

Masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk-aduk sampai tepung tercampur rata dengan bahan gilingan daging baksonya. Tambahkan tepung kalau dirasa perlu sampai adonan baksonya benar benar kalis.

Merebus Pentol Bakso

dienzworld.wordpress.com

Siapkan panci besar berisi air panas untuk meletakkan adonan bakso yang sudah terbentuk.

Ambil adonan baksonya dengan sendok lalu bentuk dengan tangan, setelah itu masukkan ke dalam panci berisi air panasnya. Ulangi sampai semua adonan habis dan terbentuk bulatan.

Masak dan rebus pentol baksonya sampai benar benar matang sampai ke bagian dalamnya.

Bahan dan Cara Membuat Resep Kuah Bakso

eatforfunblog.wordpress.com

Bahan utama membuat kuah adalah tetelan atau tulang sapi untuk membuat kaldu kuahnya. Kira-kira sebanyak 1 kg-an. Bisa ditambahkan juga kaldu instan sapi agar lebih gurih dan enak, itu kalau tulang untuk membuat kaldunya kurang begitu berasa.

Siapkan juga air bersih kurang lebih sebanyak 4-5 liter. Daun bawang yang kondisinya masih segar kira-kira sebanyak 4 sampai 5 batang. Cuci bersih lalu iris kecil-kecil.

BACA JUGA: Cara Membuat Bakso Ayam

Bawang putih kurang lebih sebanyak 12 siung ukuran sedang besar. Kupas kulitnya lalu haluskan. Merica bubuk atau merica halus kurang lebih sekitar satu sendok teh. Bisa dihilangkan atau dikurangi sesuai selera.

Jangan lupa menambahkan garam dapur beryodium secukupnya atau kurang lebih sebanyak 6 sendok kecil.

Cara membuatnya rebus dan masak semua bahan sampai matang sambil sesekali diaduk-aduk supaya semua bumbu tercampur rata.

3 pemikiran pada “Cara Membuat BAKSO SAPI Super Nikmat dan Lezat”

  1. Mohon takaran nya lebih rinci sy bikin baso udh 3 x nyoba gagal terus ????pake daging sapi 2kg tepung 200 baso nya ga kerasa daging sama ga halus baso umum nya ,sekali lg mohon ilmu nya sy mau jualan baso blum pede bikin baso nya sebelum nya makasih banyak!

    Balas

Tinggalkan komentar