7 Cara Mudah Membuat Foto Bergerak

Pada era modern saat ini, Foto merupakan salah satu kebutuhan yang penting bagi manusia. Dengan foto kamu bisa berbagi berbagai momen yang sedang atau telah kamu jalani. Foto biasanya hanya berupa gambar yang diam tidak bergerak. Teknologi sekarang ini memungkinkan sebuah foto untuk bergerak beberapa detik.

Gambar bergerak banyak dicari orang karena terasa lebih hidup. Gambar gambar yang biasanya diam akan terlihat lebih hidup jika bisa bergerak walaupun cuma beberapa detik. Gambar yang bergerak lebih disukai karena dapat berkreasi lebih daripada gambar yang diam.

GIF (Graphic Interchange Format) adalah format file yang memungkinkan gambar bergerak. GIF terdiri dari beberapa gambar yang digabung sesuai urutan. Berbeda dengan JEPG atau PNG yang hanya menampilkan gambar diam, format ini memungkinkan kita untuk membuat gambar bergerak.

Berikut ini adalah beberapa cara mudah membuat gambar bergerak.

 

Loogix

blogspot.com
blogspot.com

Cara pertama untuk membuat gambar foto bergerak adalah dengan menggunakan aplikasi web online. Untuk menggunakan situs ini, Kamu membutuhkan setidaknya 3 gambar untuk membuat GIF. Namun, Kamu bisa menambahkan sampai dengan 10 gambar. Loogix mendukung 5 tipe kecepatan frame yang berbeda. Selain membuat GIF biasa, Loogix memiliki beberapa efek yang menarik diantaranya Zoom, Recursion, Motley, Swirl. BlackWhite, Painting, Blur.

Gikr

wordpress.com
wordpress.com

Gikr memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan Loogix. Kamu bisa membuat gambar bergerak kesukaan kamu dengan gratis. Kamu bisa membuat GIF lucu, kartun dan banner sebanyak mungkin yang kamu mau. Gikr memiliki keunggulan yaitu bisa langsung berbagi ke situs social bookmarking favorit anda.

Makeagif

alternativeto.net
alternativeto.net

Situs ini juga memiliki fungsi dasar yang sama dengan situs situ sebelumnya yaitu membuat animasi bergerak. Namun situs ini terasa lebih mudah untuk membuat GIF karena kamu bisa mengupload beberapa gambar sekaligus hanya dengan satu tombol saja. Selain itu situs ini juga memiliki koleksi GIF yang mungkin membuatmu tertarik untuk mengunduhnya.

Memecenter

technolect.org
technolect.org

Meme menjadi semakin populer saat ini. Gambar khas yang lucu dan ditambahkan text didalamnya membuat meme menjadi salah satu jenis foto yang disukai banyak kalangan. Bagi kamu penggemar meme, web ini sangat cocok untukmu. Selain bisa membuat gif, kamu bisa menambahkan teks tertentu yang membuat gambar GIF kamu menjadi semakin menarik.

GifBoom

fastcompany.net
fastcompany.net

Selain menggunakan aplikasi secara online, kamu juga bisa membuat gambar foto bergerak dengan menggunakan aplikasi smartphone khususnya android. GifBoom merupakan salah satu aplikasi di android yang bisa kamu gunakan untuk membuat gambar bergerak. Dengan mode auto kamu bisa dengan mudah membuat kumpulan fotomu menjadi foto bergerak. Kamu juga bisa mengatur timing,kecepatan animasi dan juga menambahkan teks.

GIF Maker

youtube.com
youtube.com

Aplikasi ini dibuat khusus memang untuk membuat GIF. Kamu cukup menambahkan foto yang sudah ada di album foto kamu. GIF maker juga memiliki fitur untuk menambahkan berbagai macam ikon seperti kotak, lingkaran, stiker dan lain sebagainya. Dengan penambahan beberapa fitur dari GIF Maker kamu bisa membuat foto gambar bergerak dengan kualitas yang baik.

GIF Me! Camera

blogspot.com
blogspot.com

Bagi kamu pecinta instagram, aplikasi ini akan sangat membantumu. Selain membuat gambar bergerak kamu juga bisa sekaligus menambahkan efek gambar seperti di Instagram. Kamu bisa membuat gif dengan durasi maksimal 14 detik. Dengan waktu tersebut kamu sudah bisa membuat gambar kamu menjadi sebuah cerita yang menarik. Aplikasi ini juga memiliki fitur stop motion maupun video.

Tinggalkan komentar