Cara Mudah Membuat Kulit Lumpia Sendiri di Rumah

Jajanan lumpia adalah makanan ringan yang sangat populer dengan beragam varian dan isinya. Biasanya, lumpia akan dijajakan dalam dua jenis utama, yaitu lumpia basah dan lumpia kering.

Dari kedua jenis tersebut, ada satu bahan utama yang tidak mungkin terlepas dari keduanya, yaitu kulit lumpia. Kulit lumpia memiliki peran yang sangat penting buat kamu yang mau mencoba menjualnya. Orang akan melihat kondisi kulitnya terlebih dahulu, sebelum mencoba lumpia itu sendiri. Semakin baik kondisinya, orang akan semakin tertarik.

Syarat utama untuk membuat kulit lumpia dengan hasil maksimal adalah pada bahannya dan proses pengadukan adonan. Pada proses pengadukan, hal ini harus benar-benar merata sempurna bila ingin memiliki kulit lumpia yang kuat dan tidak mudah retak/pecah.

Menurut sebagian besar pecinta lumpia, kulit lumpia yang bagus dan mantap adalah yang tipis, garing, renyah, mulus dan tentunya tidak mudah retak/pecah saat proses penggorengan. Sedangkan sebagian kecilnya, lebih suka kulit lumpia yang tebal.

Langsung aja yuk kita lihat bagaimana resep dan cara pembuatan kulit lumpia yang sempurna.

Bahan yang Perlu Dipersiapkan

http://www.mygfgirlfriend.com/
mygfgirlfriend.com

Bahan-bahan yang perlu disiapkan untuk membuat kulit lumpia adalah sebagai berikut:

  • Tepung terigu 200 gram.
  • Air matang 200 ml.
  • Putih telur 150 ml.
  • Minyak sayur 2 sendok makan.
  • Garam 1 sendok teh.

Langkah Pembuatan Kulit Lumpia

royco.co.id

 

  • Campurkan tepung terigu dengan garam dalam satu wadah. Aduk-aduk hingga rata.
  • Masukkan putih telur dan aduk kembali dengan tangan sambil dituangkan air sedikit demi sedikit sampai seluruh adonan betul-betul rata.
  • Aduk terus sampai air 200 ml habis, pengadukan ini kira-kira akan memakan waktu 15 menit.
  • Bila sudah rata, maka diamkan adonan selama 40 menit.
  • Sekarang proses pembuatan kulitnya.
  • Panaskan wajan anti lengket dengan menggunakan api kecil dan olesi wajan dengan minyak sayur.
  • Ambil adonan dengan kuas kue yang lebar, lalu oleskan ke atas wajan hingga merata.
  • Biarkan adonan mengering hingga bagian pingggirnya terkelupas.
  • Bila sudah terkelupas, segera angkat dan taruh dengan alas daun pisang supaya tidak lengket.
  • Lakukan ini terus menerus hingga adonan habis.

 

Tips Memperkuat Cita Rasa Lumpia

Isna Sutanto
Isna Sutanto

Selain proses pembuatan kulit lumpia, proses penyimpanan lumpia juga sangat berpengaruh terhadap cita rasa serta kerenyahan dari lumpia itu sendiri. Apabila lumpia yang sudah matang ingin segera diolah kembali dan dikonsumsi, maka sebaiknya ditaruh di atas alas daun pisang dan ditutup lagi dengan daun pisang. Mengapa demikian? Karena hal tersebut akan membuat aroma lumpia menjadi semakin menarik.

Sedangkan apabila ingin dibungkus atau dibawa pergi, maka sebaiknya lumpia dimasukkan ke dalam kantong plastik kedap udara atau dengan mengingkat mulut kantong plastik tersebut agar kerenyahan lumpia terus terjaga.

Trik Menggoreng Lumpia agar Kulit Tidak Lepas

youtube.com
youtube.com

Caranya cukup simpel, yaitu dengan memakai putih telur. Putih telur cukup dikocok bersama dengan 1 sendok makan air hingga merata. Putih telur tadi dioleskan ke bagian luar kulit lumpia sambil sedikit ditekan.

Apabila sudah seperti itu, biarkan kulit lumpia sampai 15 menit sampai benar-benar merekat kuat. Oh iya, usahakan ketika menggoreng, lumpia tidak dibalik kecuali satu kali saja, apabila bagian bawah lumpia sudah berwarna kuning keemasan.

Tidak sulit kan, untuk membuat kulit lumpia yang enak di dalam rumah sendiri? Dengan tips ini, kamu juga bisa membuat usaha jualan makanan ringan lumpia yang banyak digemari masyarakat.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar