Beginilah Cara Mudah Membuat Minyak Kemiri yang Baik untuk Rambut

Kemiri adalah salah satu tumbuhan yang biji dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Selain dapat dijadikan sebagai bumbu masak dan obat tradisional, biji kemiri juga banyak digunakan sebagai bahan untuk membuat minyak kemiri loh. Cara membuatnya pun tergolong mudah, karena masih dilakukan dengan cara yang tradisional banget.

Di Indonesia kemiri dikenal dengan berbagai macam nama, seperti muncang di daerah Sunda, dereka dan pidekan di Jawa, kembiri di Batak, dan masih banyak lagi. Nah, pengen tahu bagaimana sih cara membuat minyak minyak kimiri? Mari disimak ya.

 

Bahan-Bahan yang Diperlukan

caca.co.id

Bahan-bahan yang haru kamu siapkan untuk membuat minyak kemiri adalah biji kemiri sebanyak 250 gram dan air putih. Oh iya, banyaknya biji kemiri dapat kamu sesuaikan ya dengan minyak yang ingin kamu hasilkan nantinya. Proses pembuatannya silahkan simak di bawah ini.

Haluskan Biji Kemiri

baltyra.com

Langkah pertama yang dapat kamu lakukan adalah mencuci bersih biji kemiri tersebuh kemudian haluskan tapi jangan sampai terlalu halus. Kamu juga dapat menghaluskannya dengan dua cara yaitu dengan ditumbuk secara langsung ataupun dengan menggunakan mesin blender. Jika kamu menggunakan tumbuk, maka tumbuklah hingga agak halus dan mudah untuk disaring.

Sedangkan jika kamu menghaluskannya dengan menggunakan blender, maka campurkan dengan beberapa biji kemiri tersebut dengan air secukupnya saja. Oh iya, perlu diingat, jangan menghaluskan biji kemiri tersebut hingga halus seperti cairan. Cukup dengan menghaluskan biji kemiri dengan blender hingga bertekstur kasar saja.

Saring Santan Kemirinya

jofanasha.wordpress.com

Setelah mendapatkan kemiri yang halus, hasil dari memblender ataupun tumbukan, kini kamu dapat menyaringnya. Caranya dengan mencampurkan kemiri halus tersebut dengan air secukupnya kemudian peras hingga keluar santannya. Proses pemerasan ini hampir sama dengan memeras santan pada kelapa.

Jika kamu menumbuk atau memblendernya terlalu halus, maka kamu dapat memerasnya dengan kain. Setelah diperas, saringlah santan tersebut agar tidak tercampur dengan santannya sebelumnya. Lalu didihkan pada proses selanjutnya.

Didihkan Hingga Menjadi Minyak

youtube.com

Setelah mendapatkan santai kemiri yang bersih, langkah selanjutnya kamu dapat memasaknya. Caranya dengan memasukkan santan kemiri tersebut ke dalam wajan dan biarkan hingga mendidih. Selama proses ini, kamu dapat mengaduk-aduk santan kemiri agar proses penguapannya berjalan secara sempurna.

Proses penguapan ini dapat memakan waktu yang cukup lama sehingga kamu harus cukup bersabar untuk menunggunya. Lalu kamu dapat mengaduk-aduk santan kemiri tadi hingga airnya menguap dan menyisakan minyaknya saja. Minyak kemiri yang telah jadi biasanya tampak dari kerak minyaknya yang berwarna coklat pekat.

Peras dan Masukkan ke dalam Botol

minyak-kemiri.com

Setelah minyaknya jadi, kamu dapat mendiamkannya hingga menjadi dingin. Setelah itu, ambil kerak tersebut dan peras minyaknya menggunakan kain hingga kering. Kemudian masukkan minyak kemiri hasil perasaan tersebut ke dalam botol agar mudah saat digunakan untuk penggunaan sehari-hari.

Manfaat Minyak Kemiri Buat Rambut

mahkotamu.com

Minyak kemiri memiliki beberapa manfaat yang sangat banyak untuk rambut kamu. Dapat dibilang khasiat dari minyak kemiri ini tidak jauh berbeda dengan kosmetik kesehatam rambut yang banyak beredar di pasaran saat ini. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari minyak kemiri.

1. Mencegah Kerontokan

Jika kamu memiliki masalah rambut yang rontok dan mudah putus, maka kamu dapat menggunakan minyak kemiri untuk solusinya. Karena kemiri memiliki kandungan protein dan juga mineral yang cukup tinggi sehingga dapat memperkuat akar rambut. Jika rambut kamu sudah kuat, maka tidak akan ada lagi yang namanya kerontokan.

2. Mempercepat Pertumbuhan Rambut

Banyaknya rambut yang rontok juga dapat membut ramput tampak tipis dan mungkin sedikit kelihatan botak di beberapa bagian kepala. Nah, dengan menggunakan minyak kemiri secara teratur kamu dapat mempercepat tumbuhnya rambut sehingga dapat menutupi daerah yang botak karena kerontokan tersebut.

Tinggalkan komentar