Cara Mudah Membuat Tas Cantik dari Kardus

Kardus merupakan bahan sejenis kertas tebal yang biasa digunakan untuk mengemas suatu barang selama proses distribusi dari produsen sampai kepada konsumen. Biasanya, setelah barang sampai kepada konsumen, kardus akan dianggap sebagai sampah sehingga dibuang begitu saja. Padahal, limbah kardus ini bisa diolah kembali sehingga menjadi kerajinan tangan dari kardus yang lebih bermanfaat, diantaranya adalah tas cantik yang cocok untuk dipakai anak-anak. Dengan memakai ulang ‘limbah’ kardus, kita telah mengurangi sampah serta mengembangkan potensi otak kanan pada anak.

Artikel terkait: Kreasi Cantik dari Kotak Kardus Sepatu

Bahan yang Perlu Disiapkan

Sebelum memulai langkah membuat tas dari kardus, tentu saja barang-barang yang perlu disiapkan sangat penting diperhatikan.

Kardus Tidak Terpakai

ikatbag.com

Kamu perlu menyiapkan bahan utama dari pembuatan tas ini, yaitu kardus. Untuk satu tas yang akan dibuat membutuhkan 2 potong kardus yang sudah dibentuk hampir bulat dengan satu sisi datar.

Kamu bisa memanfaatkan kardus-kardus bekas seperti dari kardus air mineral, rokok, ataupun kardus lainnya. Siapkan kardus sesuai keperluan.

Kertas Cokelat, Isolasi dan Lem

panmomo.com

Kamu juga perlu untuk menyediakan kertas berwarna cokelat yang nanti berfungsi sebagai pinggiran dari tas kardus. Kertas cokelat apa saja boleh digunakan, baik itu amplop, buku gambar dan sebagainya.

Siapkan juga lem kertas dan isolasi untuk merekatkan kertas pada kardus.

Manik-manik serta Pembersih Pipa

ikatbag.com
etsystatic.com

Manik-manik yang akan digunakan bisa sesuai selera. Manik-manik ini akan menjadi tempat pegangan dan hiasan pada tas kardus. Jangan lupa juga untuk menyiapkan pembersih pipa mini yang memiliki ukuran sesuai dengan manik-manik karena ia memiliki peran penting nantinya.

 

Kertas Kado

ikatbag.com

Jangan lupa untuk menyiapkan kertas kado yang sudah dipotong serupa dengan kardus yang akan dipakai untuk membuat tas ini. Fungsi kertas kado adalah sebagai hiasan agar tas nampak lebih cantik.

Langkah Pembuatan Tas Kardus

 

Langkah Pertama

ikatbag.com
ikatbag.com

Potong sesuai kebutuhan dan rekatkan kertas cokelat yang sudah disiapkan tadi dengan menggunakan lem. Pastikan kertas benar-benar merekat agar tidak mudah lepas. Agar lebih indah, usahakan ketika merekatkan kertas dengan serapi mungkin.

Jarak ideal kedua kardus adalah seukuran lebar telapak tangan orang dewasa atau sekitar 7-10 cm.

Langkah Kedua

ikatbag.com
ikatbag.com
ikatbag.com

Tempelkan isolasi yang berukuran selebar kertas yang merekatkan kedua kardus pada ujung atasnya. Setelah ditempelkan dengan rapi dan ketat, lubangi bagian tengah kertas yang diisolasi tersebut dengan menggunakan pelubang kertas.

Pengisolasian ini berfungsi memperkuat kertas ketika akan diberi tali agar tidak mudah sobek.

Langkah Ketiga

ikatbag.com
ikatbag.com
ikatbag.com

Potong pembersih pipa sekitar seujung jari telunjuk, lalu ikatkan ke dalam lubang yang sudah disiapkan.

Apabila ingin langsung membuat banyak tas, kamu cukup menduplikasi langkah pertama sampai langkah ketiga ini kepada bahan-bahan lainnya.

Langkah Keempat

ikatbag.com
ikatbag.com
ikatbag.com

Langkah berikutnya adalah membuat pegangan tas. Pakailah sisa pembersih pipa untuk dipasangkan manik-manik yang sudah disediakan tadi. Apabila sudah dibuat, cukup kaitkan pembersih pipa yang isi intinya adalah kawat ke pembersih pipa satunya yang sudah dibentuk bulat dan dipasang pada ujung kertas sebelumnya. Pada tahapan ini, bentuk tas sudah mulai terlihat.

Langkah Kelima

ikatbag.com

Langkah kelima adalah waktunya memasang kertas kado pada sisi tas kardus agar nampak lebih cantik. Pasanglah kertas kado dengan hati-hati agar nantinya tas pun nampak mulus.

Langkah Terakhir

ikatbag.com

Tempelkan pernak-pernik lainnya sebagai hiasan tambahan pada kertas kado yang sudah ditempelkan.

Hwala, tas cantik dari kardus pun sudah siap untuk dipakai dan dibagikan kepada anak-anak.

Jangan lupa baca juga artikel Cara Mudah Membuat Bingkai Foto dari Kardus Bekas

 

Satu pemikiran pada “Cara Mudah Membuat Tas Cantik dari Kardus”

Tinggalkan komentar