Inilah Cara Ampuh Memutihkan Gigi Secara Alami

CARA MEMUTIHKAN GIGI – Bukan hanya kesehatan gigi saja yang harus diperhatikan, namun keindahannya juga harus diperhatikan. Salah satu hal yang menjadikan gigi tampak indah adalah warnanya yang putih cemerlang, bukan tampak kuning mengkilap. Kalau emas kuning mengkilap sih bagus, tetapi kalau gigi? Aiih, jangan deh!

Banyak hal yang bisa menjadikan gigi yang awalnya putih menjadi kuning. Salah satunya karena tumpukan flak, sering mengonsumsi minuman dan makanan yang mengakibatkan warna, contohnya kopi dan teh. Selain itu, merokok juga bisa mengakibatkan gigi menjadi kuning.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menjadikan warna gigi yang kuning menjadi putih kembali. Cara-cara ini tidak mahal. Nah, dari pada membuat kamu penasaran. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Menggunakan Buah Apel

Buah Apel (Apple) Merah
wallpaper-kid.com

Mengonsumsi makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran bisa bermanfaat sebagai pembersih gigi alami dari sisa-sisa makanan dan tumpukkan flak.

Selain itu, memakan makanan yang menyebabkan keluarnya air liur ternyata bermanfaat untuk memutihkan gigi. Karena dalam air liut terdapat antibakteri yang bermanfaat sebagai pemutih gigi alami. Mengonsumsi buah apel adalah hal yang tepat untuk bisa memutihkan gigi.

Menggunakan Buah Lemon

freewallsource.com
freewallsource.com

Buah lemon mempunyai kandungan asam sitrat yang bermanfaat untuk memutihkan gigi. Caranya juga cukup mudah, ambil 1 buah lemon kemudian potong menjadi beberapa bagian. Nah, potongan-potongan buah lemon itu digunakan untuk menggosok gigi. Jika sudah menggosoknya, berkumurlah agar sisa-sisa lemon yang menempel pada gigi bisa menghilang.

Menggunakan Daun Salam

redstickspice.com
redstickspice.com

Ternyata daun salam merupakan rempah-rempah yang mempunyai manfaat untuk kesehatan gigi. Cara pemanfaatannya juga cukup mudah. Pertama, daun salam ditumbuk sampai halus. Selanjutnya kamu dapat mencampurkan kulit jeruk yang telah kering dan sudah dihaluskan. Tambahkan sedikit air kemudian aduk sampai menjadi pasta. Nah, pasta itu bisa kamu jadikan sebagai pemutih gigi.

Menggunakan Buah Stawberry

alphacoders.com
alphacoders.com

Buah stawberry merupakan salah satu jenis buah-buahan yang mempunyai rasa yang enak dan bermanfaat untuk membuat gigi menjadi lebih putih dan menghilangkan warna kuning. Cara menggunakannya adalah dengan menghaluskan terlebih dahulu buah stawberry. Selanjutnya, stawberry yang sudah dihaluskan tadi digosokkan pada gigi setiap hari. Lakukan hal ini secara rutin selama beberapa minggu. Kemudian coba perhatikan perubahan apa yang terjadi pada gigi kamu.

Menggunakan Baking Soda

www.foodnetwork.com

Baking Soda dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi. Caranya adalah dengan mencampurkan 4 sendok makan baking soda dengan 1 sendok air. Kemudian aduk sampai menjadi pasta yang kental. Selanjutnya pasta tadi bisa kamu gunakan untuk menggosok gigi. Perlu kamu perhatikan, lakukan cara ini cukup sekali dalam seminggu. Jangan terlalu sering karena bisa mengikis enamel pada gigi.

Menggunakan Kulit Pisang

pisang mengandung
pasarinduk.id

Kulit pisang dapat bermanfaat untuk memutihkan gigi yang kuning. Kamu dapat mengupas pisang dan ambilah kulitnya. Selanjutnya gosok-gosokan kulit pisang pada gigi selama 3 – 6 menit. Kemudian diamkan beberapa menit dan bersihkan gigi dengan cara menggosok gigi. Kamu dapat melakukan cara ini 1-2 minggu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

 

 7

Menggunakan Siwak

www.fiqhindonesia.com
fiqhindonesia.com

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa siwak ternyata bisa memutihkan gigi loh. Caranya adalah dengan sering menggosokkan siwak pada gigi, gusi dan mulut. Namun tidak semua siwak bisa dipakai untuk memutihkan gigi. Hanya siwak yang lembut dan terjaga kebersihannya yang bisa bermanfaat untuk memutihkan gigi.

Menggunakan Pasta Gigi Pemutih

doktoramcam.com
doktoramcam.com

Menggosok gigi dengan menggunakan pasta gigi pemutih dapat memutikan gigi dan membuatnya bersih mengkilap. Banyak pasta gigi pemutih dengan merek tertentu yang bisa dengan mudah kamu temui di pasaran. Pasta gigi pemutih mengandung baking soda yang dapat membersihkan gigi dari noda dan menghilangkan plak penyebab gigi berwarna kusam.

Agar hasilnya lebih optimal, kamu bisa menggunakan sikat gigi khusus yang dirancang untuk menggosok gigi hingga bagian-bagian yang sulit dijangkau. Kamu juga bisa menggunakan mouthwash setelah menyikat gigi untuk membunuh kuman-kuman penyebab plak dan juga mengurangi tingkat keasaman pada mulut.

Hindari Rokok dan Minum Minuman Beralkohol

indohub.com
indohub.com

Selain buruk untuk kesehatan, merokok dan minum minuman berakohol dapat menyebabkan gigi menjadi kuning. Asap rokok yang dihisap mengandung nikotin yang dapat mengakibatkan gigi berwarna kusam. Selain itu asap rokok adalah salah satu penyebab gigi menjadi keropos dan meningkatkan resiko terkena kanker mulut.

Jika kamu menginginkan gigi yang putih dan bersih, maka hindarilah dua kebiasaan buruk ini dan mulailah menjalani gaya hidup yang sehat. Gigi yang putih bersih akan meningkatkan kepercayaan diri, selain itu menjaga kesehatan gigi dan mulut juga berhubungan dengan kesehatan jantung, sebab bakteri yang ada di dalam mulut dapat menyerang pembuluh arteri pada jantung.

Menggunakan Bagian Dalam Kulit Jeruk

carapedia.com
carapedia.com

Bagian dalam kulit jeruk dapat digunakan untuk memutihkan gigi jika digunakan secara rutin. Bagian dalam kulit jeruk mengandung mineral yang berfungsi untuk menghilangkan plak yang menempel di gigi. Selain itu kulit jeruk juga mengandung malic acid yang terbukti mampu menghilangkan noda di gigi secara efektif.

Gosok-gosokkan kulit jeruk bagian dalam pada email gigi selama kuman lebih 2 menit setiap hari. Ukur tingkat kecerahan gigi dengan warna pengukur yang biasa terdapat pada box pasta gigi pemutih. Setelah 1 minggu bandingkan warna gigi kamu sebelum dan sesudah menggunakan kulit jeruk bagian dalam.

Menggunakan Buah Anggur

sukrogaruda.blogspot.com
sukrogaruda.blogspot.com

Buah anggur yang segar dan enak ternyata banyak mengandung malic acid yang dapat memutihkan gigi secara alami. Selain itu buah anggur juga mengandung asam malat yang merupakan elemen untuk mengurangi noda yang melekat pada email gigi sehingga dapat memutihkan gigi. Saat sedang makan buah anggur kamu bisa sambil menggosok-gosokkannya daging buahnya pada gigi yang kusam. Gunakan buah anggur secara rutin untuk mendapatkan gigi yang putih bersih tanpa plak dan noda.

Menggunakan Tomat

m.enews.com.tw
m.enews.com.tw

Sama halnya dengan buah strawberry dan anggur, tomat yang berwarna merah terang ini juga banyak mengandung malic acid yang dapat memutihkan gigi. Malic acid adalah bahan alami yang terdapat pada buah-buahan tertentu yang berfungsi sebagai pembersih noda pada gigi. Selain itu tomat yang segar dan sedikit asam mengandung banyak vitamin C yang baik untuk kesehatan mulut.

 

Menggunakan Garam

Garam
youtube.com

Selain berfungsi sebagai penyedap rasa, garam ternyata juga dapat membantu untuk menghilangkan warna kuning pada permukaan gigi. Tak hanya itu, garam juga dapat membersihkan gigi secara ampuh sehingga tampak putih dan cerah.

Caranya mudah, tambahkan garam sekitar dua sendok dapur diatas sikat gigi yang sudah diberi pasta sebelumnya. Kamu juga bisa mencampurkan pasta yang sudah diberi garam tersebut dengan baking soda sebagai pelengkap.

Setelah semua bahan selesai, gosokkan pasta yang sudah tercampur tadi ke seluruh permukaan gigi agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Baking Powder

Baking Powder
mygfgirlfriend.com

Sama halnya dengan garam, baking powder ternyata ampuh dalam menghilangkan gigi kuning. Baking powder bekerja dengan menghapus plak-plak yang melekat pada gigi, sehingga gigi menjadi tampak lebih putih dan cemerlang.

Caranya ngga ribet kok, campurkan beberapa sendok makan baking powder dengan sedikit pasta ke atas sikat gigi. Kemudian bilas sikat gigi tersebut dengan air hangat.

Lakukan cara tersebut secara rutin dua kali seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Menggunakan Hidrogen Peroksida

Hidrogen Peroksida
photobucket.com

Berdasarkan asosiasi dokter gigi Amerika Serikat, memutihkan gigi dengan sedikit larutan hidrogen peroksida kadar 3% merupakan salah satu praktek yang masih terbilang aman selama tidak melanggar batas ketentuan. Gunakan hidrogen peroksida hanya untuk berkumur saja, jangan ditelan.

Usahakan untuk berhati-hati jika berkumur dengan menggunakan hidrogen peroksida. Cara lain yang bisa kamu lakukan dengan larutan ini yaitu dengan membuat pasta yang berasal baking soda dan hidrogen peroksida. Kemudia gosokkan permukaan gigi dengan pasta tersebut.

Mengkonsumsi Produk Olahan Susu

Susu dan produk olahannya
foodsafetyhelpline.com

Cara lain yang membuat gigi tampak putih yakni dengan menkonsumsi produk olahan susu secara teratur setiap hari. Produk olahan tersebut misalnya seperti yoghurt, mayonaise, keju, mentega dan sebagainya.

Selain menyehatkan organ pencernaan, mengkonsumsi yoghurt merupakan salah satu cara alami untuk memutihkan gigi yang dapat kamu lakukan di rumah.

Keju merupakan makanan olahan produk susu lainnya yang terbukti ampuh membasmi kuman dan sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi.

Memanfaatkan Cuka Sari Apel

Cuka Apel
surabayanews.co.id

Agar permukaan gigi menjadi lebih putih, ngga ada salahnya kalau kamu mencoba cuka sari apel ini sebagai metode alternatif dalam memperbaiki kondisi gigi. Caranya, siapkan cuka sari apel beserta minyak zaitun terlebih dahulu.

Kemudian dilanjutkan dengan merendam sikat gigi ke dalam air hangat selama beberapa detik. Terakhir, gosokkan gigi dengan pasta cuka sari apel dan minyak zaitun tersebut secara rutin dua kali sehari.

Menggunakan Daun Mimba

Daun Mimba
deherba.com

Sekilas daun ini memang terdengar asing, namun jangan salah jika daun mimba ini memiliki kandungan yang berfungsi untuk memutihkan gigi.

Mimba merupakan salah satu cara memutihkan gigi tradisional yang sekaligus berfungsi sebagai penghilang bau mulut akibat plak-plak sisa dari makanan.

Caranya, petik daun mimba bersama dengan minyaknya. Lalu campurkan diatas sikat gigi yang sudah diberi pasta sebelumnya. Kemudian gosokkan gigi secara rutin dengan sikat gigi yang sudah tercampur dengan minya mimba tersebut sebanyak dua kali sehari.

Mengkonsumsi Wortel

Manfaat Wortel untuk Kesehatan
manfaatacemaxs.web.id

Selain baik untuk mata, mengkonsumsi 1 buah wortel setiap hari juga dapat menghilangkan warna kuning pada gigi. Cara lain yang dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan buah wortel yakni dengan mengkupas kulit wortelnya terlebih dulu, kemudian celupkan ke dalam segelas jus lemon.

Gosok campuran tersebut secara merata di permukaan gigi. Lakukan cara ini dengan rutin minimal sekali dalam sehari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Arang

upload.wikimedia.org
upload.wikimedia.org

Tahukah kamu? Bahwasannya arang bisa dijadikan salah satu mediator untuk memutihkan gigi. Terdengar aneh memang, apa bisa benda yang berwarna hitam dipakai untuk memutihkan gigi? Jawabannya ya, tentu saja. Memutihkan gigi menggunakan arang merupakan cara jadul yang cukup ampuh untuk menghilangkan noda kuning pada gigi. Namun perlu kamu catat, bahwa penggunaan arang yang salah akan menyebabkan email gigi menjadi rusak. Alangkah baiknya kamu melakukannya secara hati-hati, lakukan sewajarnya saja.

Menggunakan Coklat Hitam

tejaschocolate.com
tejaschocolate.com

“bukannya coklat bikin keropos gigi ya?” Mungkin salah satu diantara kalian pasti memiliki pemikiran seperti itu. Tapi tunggu dulu, yang membat gigi keropos adalah kandungan gula yang ada pada coklat bukan coklatnya. Jadi, gunakanlah coklat hitam yang tidak mengandung kadar gula.

Coklat hitam dapat kita manfaatkan untuk memutihkan gigi. Hal ini karena coklat hitam memiliki zat yang bisa memperkuat lapisan permukaan gigi serta dapat membuat gigi menjadi lebih bersinar. Akan tetapi, jangan lupa untuk membatasi asupan pengonsumsian coklat. Karena jika kamu mengonsumsi coklat terlalu banyak, hal itu akan membuat berat badanmu bertambah.

Menggunakan Jahe

apotekmaxs.com
apotekmaxs.com

Selain bisa dimanfaatkan sebagai bumbu dapur, jahe juga bisa kamu gunakan sebagai pemutih gigi alami. Kandungan yang ada pada jahe akan menghilangkan noda kuning pada gigi serta membuat gigi menjadi lebih cerah. Caranya, siapkan beberapa siung jahe dan buatlah pasta dari jahe yang ada. Setelah itu gosok gigi kamu menggunakan pasta jahe tersebut. Namun, jika kamu menggunakannya terlalu banyak maka lidahmu akan terasa panas.

Menggunakan Air Hangat

healthnbodytips.com
healthnbodytips.com

Nah, ternyata air hangat juga bisa kamu pakai sebagai pemutih gigi loh. Penggunaan air hangat merupakan salah satu cara yang paling sederhana untuk memutihkan gigi. Jika kamu ingin mempraktekan-nya, siapkan satu gelas air hangat terlebih dahulu. Setelah itu, campur air hangat tersebut dengan lemon dan garam. Gunakan campuran air tersebut untuk berkumur selama satu menit atau lebih. Terapkan langkah ini secara berulang dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Menggunakan Permen Karet Tanpa Gula

iran-banner.com
iran-banner.com

Buat kamu yang suka mengkonsumsi permen, cara ini mungkin pilhan yang tepat. Permen karet (yang tidak mengandung gula) juga ternyata bisa digunakan sebagai pemutih gigi. Hal ini karena kandungan yang ada pada permen dapat memutihkan gigi. Selain itu, permen karet juga bisa menghilangkan bau mulutmu. Tapi ingat, walaupun kamu pakai cara ini tetap saja kamu haru rajin buat gosok gigi.

Demikian penjelasan mengenai cara memutihkan gigi secara alami. Semoga bermanfaat ya sehingga menjadikan gigi kamu putih selalu. Terima kasih.

Tinggalkan komentar