6 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Ramuan Herbal

MEMUTIHKAN WAJAH SECARA ALAMI – Memiliki wajah kusam tentu akan membuat kamu merasa minder bukan? Oleh sebab itu banyak wanita yang menghabiskan waktu dan biaya untuk mendapatkan kecantikan yang maksimal. Berbagai perawatan mahal dilakukan demi memutihkan kulit wajah. Tetapi apakah kamu yakin dengan obat-obatan yang kamu pakai aman untuk kulit wajah?

Kosmetik yang berlebihan harus dihindari karena di dalamnya terdapat mercury yang bisa merusak kesehatan kulit kamu. Untuk bisa mendapatkan kulit cerah tidak harus mengeluarkan biaya mahal. Semua bisa didapatkan secara alami. Berikut adalah bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk memutihkan wajah secara aman dan mudah.

Karena setiap wanita pasti menginginkan kulit wajah yang putih, bersih, dan bercahaya sehingga berbagai cara apapun mereka tempuh untuk dapat memiliki kulit putih bak artis di tipi- tipi mulai dari menggunakan cream pemutih wajah yang banyak dijual di pasaran hingga dengan menempuh cara alami yang lebih aman dan tanpa adanya efek samping di kemudian hari.

Cara alami memang lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping sehingga aman untuk digunakan pada semua jenis kulit wajah. Sebelum kepada bahasan tentang berbagai macam bahan  yang dapat dengan mudah kita jadikan sebagai pemutih wajah alami ada baiknya ketahui dulu nih  beberapa penyebab yang mendasari gelapnya kulit yang kita miliki. 

Penyebab Kulit Gelap danTerlihat Kusam

ucscreenshot20161124122502
youtube.com

1. Faktor Genetika

Duh, kalau udah bahas genetika itu kayaknya mentok banget ya. Bukannya mau bikin down kamu yang mempunyai kulit cenderung hitam, tapi berdasarkan beberapa penelitian, warna kulit yang telah diturunkan dari orang tua sangatlah sulit untuk dapat diubah.

Tapi kamu jangan sampai berkecil hati, dimana ada kemauan pasti ada jalan. Jadi walaupun kamu memiliki keturunan dengan warna kulit yang cenderung gelap bukan berarti kamu tidak dapat memiki kulit yang putih dan bersinar.

Mungkin dengan cara memutihkan wajah secara alami yang nantinya akan kita bahas dapat membuat wajah kamu lebih putih. Atau kalau mau cara yang instan sudah ada banyak salon kecantikan yang dapat merubah kulit gelapmu menjadi putih.

Tentunya hal itu bisa kamu peroleh dengan harga yang sangat mahal

2. Gaya Hidup yang Tidak Sehat

Bukan hanya berdasarkan faktor genetik saja yang membuat kulit tidak dapat terlihat putih, pola hidup yang kita terapkanpun berpengaruh juga dan merupakan salah satu penyebab kulit susah untuk terlihat putih.

Mungkin kebiasaan berikut seperti terlalu sering begadang, malas membersihkan wajah dari sisa kotoran dan jarang berolahraga ini sering kamu lakukan dan dapat menjadi salah satu penyebab yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit kamu.

3. Umur

Seorang anak remaja atau yang sudah masuk pada masa pubertas lebih mudah untuk memiliki kulit putih, ini dikarenakan adanya produksi kolagen yang berlebih pada kulit.

Saat kita sudah  mulai  memasuki usia puber senyawa ini akan lebih banyak diproduksi. Itulah yang menjadi alasan kenapa anak remaja lebih mudah memiliki kulit putih.

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui kan kenapa kulit bisa hitam atau gelap? Sekarang saatnya kita membahas tentang cara untuk mengatasi kulit hitam dengan mempelajari dari berbagai penyebab di atas.

Tentunya  cara yang aka kita bahas ini merupakan cara yang alami bukan dengan cara instan menggunan  bahan kimia/ kosmetik

Bengkoang

Cara Alami Memutihkan Wajah dengan Bengkoang
pixabay.com

Buah bengkoang merupakan salah satu rahasia putri keraton Solo pada zaman dulu untuk memutihkan wajah. Mereka membuat bengkoang menjadi masker wajah dan digunakan secara teratur. Selain bisa memutihkan wajah, masker bengkoang juga bisa memiliki khasiat untuk menghaluskan seluruh kulit tubuh.

Buah yang satu ini juga sangat efektif untuk memutihkan kulit ketiak atau bagian lipatan-lipatan tubuh yang lain. Untuk yang memiliki kulit sensitif, masker bengkoang juga sangat aman karena hanya memakai bahan alami.

Jeruk Nipis

Membersihkan Jerawat Dengan Jeruk Nipis
www.bbcgoodfood.com

Buah yang satu ini memang memiliki banyak sekali kegunaan. Diantaranya adalah bisa membuat wajah putih secara alami. Kandungan antioksidan alami pada jeruk nipis bisa digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Selain itu buah ini juga berkhasiat untuk mengembalikan pori-pori wajah secara alami.

Cara memanfaatkan jeruk nipis bisa dibuat masker wajah, yaitu dengan mencampur air perasan jeruk nipis dengan putih telur kemudian jadikan sebagai masker wajah. Oleskan masker tersebut ke permukaan wajah secara merata lalu diamkan selama 15-20 menit. Bilas dengan air hangat, lakukan secara rutin sebelum tidur dalam waktu sepekan kamu akan merasakan perubahannya.

Tomat

Manfaat tomat untuk wajah
http://www.tbtc.com.au/

Tomat merupakan buah yang kaya dengan Vitamin C yang bermanfaat untuk mencerahkan wajah secara alami. Kamu bisa memanfaatkan buah ini dengan cara memarut beberapa tomat kemudian tambahkan 2 sampai 4 tetes air perasaan lemon dan air tawar, kemudian aduk hingga rata.

Setelah itu oleskan pada kulit wajah dan leher dengan kuas secara merata, diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Lakukan aktivitas ini seminggu sekali.

Pepaya

obatpelangsingg.wordpress.com
obatpelangsingg.wordpress.com

Kandungan enzim papain pada pepaya bisa mengangkat sel kulit mati dan juga flek hitam yang ada pada kulit wajah. Selain itu buah pepaya juga bisa dimanfaatkan sebagai pemutih wajah secara alami. Caranya, ambil satu sendok pepaya yang masih mengkal (setengah matang) yang telah dihaluskan sebelumnya dan satu sendok pepaya matang.

Campurkan kedua pepaya tersebut kemudian oleskan pada wajah, diamkan selama kurang lebih 15 menit kemudian bilas dengan menggunakan air bersih. Gunakan masker ini secara teratur sebelum tidur.

Susu

susu tanpa lemak baik bagi ibu hamil pasca melahirkan
www.iyaa.com

Manfaat susu memang tidak pernah ada habisnya. Selain memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh, ternyata susu juga bisa digunakan untuk mempercantik kulit wajah. Susu memiliki khasiat menjadikan kulit menjadi lebih segar secara alami. Selain itu susu juga bisa menghilangkan sel kulit mati yang ada pada kulit.

Dengan hilangkan sel kulit mati, secara otomatis kulit akan melakukan regenerasi kembali sehingga akan terlihat lebih segar. Gunakan susu sebagai masker wajah. Caranya, ambil beberapa tetes susu putih kemudian usapkan pada wajah secara merata. Setelah itu bilas dengan air bersih, lakukan secara rutin ketika sebelum tidur.

Lidah Buaya

Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Jerawat
imgkid.com

Lidah buaya tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan rambut, tetapi juga bisa digunakan untuk melembabkan dan membersihkan kulit wajah. Dengan menjaga kelembaban wajah akan membuat kulit wajah terlihat segar dan cantik. Mencerahkan wajah dengan lidah buaya cukup mudah, caranya potong lidah buaya lalu oleskan lendirnya secara merata ke wajah kamu. Tunggu selama 5 sampai 10 menit kemudian bilas dengan air sampai bersih. Untuk hasil maksimal lakukan aktivitas ini secara rutin setiap pagi dan sore.

Buah Alpukat

masker alami dengan alpukat
lihat.co.id

 

Salah satu cara agar wajah kita dapat terlihat putih  dengan cepat dan tanpa adanya efek samping yaitu dengan buah alpukat.

Buah alpukat termasuk buah yang kaya seringkali dikonsumsi dan juga salah satu buah yang kaya akan manfaat, salah satu manfaatnya yaitu buah yang sangat efektif untuk dapat memutihkan kulit wajah sehingga buah ini selain banyak dikonsumsi banyak juga digunakan sebagai bahan dasar produk kecantikan.

Berikut Cara penggunaannya :

  • Terlebih dahulu buah alpukat bersihkan kulit wajah dengan menggunakan air hangat.
  • Oleskan daging buah alpukat secara merata pada permukaan kulit wajah.
  • Diamkan selama kurang lebih 25 menit.
  • Lal bilas dengan menggunakan air bersih setelah itu keringkan dengan handuk halus.

Pisang

masker pisang pemutih wajah
cdns.klimg.com

Siapa sih yang tak mengenali buah dengan warna dasar kuning ini? Yup, sama halnya dengan jeruk dan buah- buahan lainnya pisang juga diperkaya dengan kandungan vitamin C yang tinggi.
Seperti yang telah kita ketahui bersama, kandungan vitamin tersebut dapat membantu memutihkan wajah secara alami. Kita dapat menjadikan daging pisang sebagai pemutih alami dengan cara membuatnya menjadi masker. Untuk hasil yang lebih maksimal kita juga dapat menambahkan pisang tersebut dengan madu alami.

Cara memutihkan kulit wajah dengan pisang dan madu :

  • Sediakan buah pisang raja atau bisa pisang jenis lain dan madu secukupnya.
  • Haluskan pisang tersebut dengan sendok sampai benar- benar hancur, kemudian tambahkan madu.
  • Usahakan adonan sudah mirip pasta, lalu oleskan ke area wajah yang sudah dalam keadaan bersih.
  • Diamkan sekiranya kurang lebih 30 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Putih Telur

putih cantik bersih dengan putih telur
tattooedmartha.com

Mungkin penggunaan putih telur sebagai bahan pemutih wajah masih masih terasa aneh. Tapi satu fakta yang mungkin belum kamu  semua  ketahui adalah penggunaan telur sebagai bahan pemutih wajah ternyata sudah lama telah dipakai para wanita yang ada di Negara asia seperti jepang dan korea.

Memang baunnya itu sangat amis, tetapi kandungan protein yang sangat tinggi dapat membantu mempercepat regenerasi sel kulit baru.

Cara memutihkan wajah dengan putih telur alami:

  • Siapkan telur ayam/bebek (lebih baik telur kampung ).
  • Pecah dan pisahkan antara putih dan kuning telurnya.
  • Kocok putih telur hingga sampai berbusa dan putih.
  • Kalau ada tambahkan sedikit madu (optional).
  • Oleskan secara merata pada seluruh area wajah setelah selesai mandi.
  • Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.
  • Penggunaan putih telur sebagai masker alami bukannya tanpa alasan. Ada banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang menjadi alasan besarnya manfaat telur bagi kecantikan kulit.

Berikut beberapa manfaat telur selain dapat memutihkan kulit :

  • Mengatasi jerawat dan komedo di kulit wajah
  • Mengurangi kadar minyak berlebih.
  • Mengatasi flek hitam secara alami
  • Menghaluskan kulit wajah secara alami
  • Melembabkan kulit yang kering
  • Mencegah munculnya penuaan dini akibat radikal bebas
  • Mencegah munculnya peradangan pada wajah

Yoghurt

cantik bersih dengan yoghurt
cantiknyakulitsehat.com

Menurut Hema Sundaram, MD, seorang yang ahli dalam Dermatologi asal Indonesia mengatakan bahwa “Pengelupasan lapisan atas kulit dapat membersihkan noda dan juga dapat menyebabkan perubahan warna, bahkan dapat megurangi kerutan halus yang terdapat pada permukaan kulit” sedangkan dalam hal ini yoghurt sangat bermanfaat untuk mempercepat proses pengelupasan sel-sel kulit mati.

Cara memutihkan kulit wajah dengan yoghurt :

  • Sediakan yoghurt tawar secukupnya.
  • Campurkan dengan sedikit madu hingga agak adonannya mengental.
  • Bilas wajah dengan air hangat, kemudian oleskan masker campuran yoghurt dan madu tersebut.
  •  Agar meresap sempurna diamkan baluran masker tersebut selama 30 menit.
  • Bersihkan dengan air dingin sampai bersih sempurna.

Air beras

putih dengan air beras
merahputih.com

Pernahkah kamu mendengar air beras dapat memutihkan kulit? sebenarnya di dalam air beras yang sering kita buang itu terdapat kandungan vitamin B cukup tinggi. Kandungan vitamin inilah yang dipercaya dapat meremajakan kembali sel-sel kulit baru. Bahkan dengan penggunaan masker beras rutin, kulit kamu akan lebih halus dan bersinar cerah alami.

Cara memutihkan wajah dengan air beras alami:

  • Siapkan beras dengan kualitas terbaik secukupnya, bisa 6 sdm.
  • Masukan kedalam wadah yang sudah diisi sedikit air, lalu kocok- kocok hingga air berubah seperti susu.
  • Celupkan kapas kedalamnya, lalu kemudian oleskan keseluruh area wajah selepas mandi.
  • Diamkan selama 1 jam sampai kulit muka terasa kaku, setelah itu bilas dengan air dingin.

Lobak

putih dengan lobak
stylecraze.com

Lobak lebih dikenal para ibu rumah tangga sebagai bahan masakan pelengkap sayuran. Namun Siapa sangka dibalik penampilannya yang sederhana, lobak ini dapat kamu gunakan untuk membuat kulit secara alami.

Agar hasilnya lebih maksimal, saya sarankan untuk menambahkan minyak zaitun dan juga perasan jeruk nipis.

Cara alami memutihkan wajah dengan lobak:

  • Pertama sediakan 3 bahan utama yaitu lobak 1-2 batang, minyak zaitun, dan juga jeruk nipis secukupnya.
  • Setelah lobak dicuci bersih, blender atau parut sampai halus.
  • Campurkan dengan 3 sendok makan minyak zaitun dan jeruk nipis hingga membentuk krim mirip pasta.
  • Oleskan ke area wajah yang sudah dalam keadaan bersih. Setelah 30 menit bilas menggunakan air dingin sampai bersih.

Scrub Kopi dan Gula

putih bersih dengan menggunakan kopi
ummi-online.com

Kopi terkenal sebagai sumber kafein yang cukup tinggi. Menurut para ahli yang konsen meneliti kopi ternyata di dalam kopi tersebut terdapat kandungan kafein yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Dengan demikian, menjadikan kopi sebagai pemutih wajah atau masker akan sangat membantu memutihkan wajah alami.

Namun menggunakan kopi saja tidaklah cukup. Kamu juga harus menambahkan gula pasir agar menjadi scrub yang nantinya dapat mengangkat maksimal sel-sel kulit mati tersebut.

Cara memutihkan wajah dengan kopi dan gula:

  • Sediakan dulu kopi bubuk secukupnya.
  • Campurkan dengan kurang lebih 2 sendok teh gula dan air hangat.
  • Selanjutnya gosokan hasil campuran tersebut secara merata keseluruh area wajah.
  • Setelah 10-15 detik, bilas dengan menggunakan air hangat sampai benar benar bersih.

Garam dan Lemon

wajah putih dengan lemon dan garam
tigadental.com

Tak hanya gula dan kopi saja, dengan menggunaka buah lemon kamu pun bisa membuat scrub yang dapat memutihkan wajah. Nah nantinya lemon ini diperas dan dicampurkan dengan garam. Selain membantu memutihkan wajah, scrub ini juga baik untuk mengurangi minyak, jerawat membandel, dan keriput.

Cara memutihkan wajah dengan lemon dan garam :

  •  Siapkan garam secukupnya dan lemon yang sudah diperas dan menghasilkan 2 sdm air lemon.
  •  Campur keduanya, lalu gosokan ke area kulit wajah secara merata.
  •  Lakukan selama 10-15 detik, kemudian bilas dengan air hangat.

Mungkin itulah tadi beberapa bahan dari alam yang dapat kita gunakan sebagai bahan untuk membuat wajah kita lebih putih dan terlihat mempesona.

Akan sangat disayangkan kalau perawatan pemutihan wajah yang kita tempuh tidak sejalan dengan pola hidup kita sehari- hari yang kurang teratur dan tidak sehat.

Oleh karena itu sebagai langkah yang sangat baik kita harus menerapkan juga pola hidup yang sehat. Dan berikut ini beberapa tips yang sangat bermanfaat untuk dapat menjaga kesehatan jasmani khususnya kulit kita agar senantiasa segar putih bersih dan terawat.

Tips Pola Hidup Sehat Agar Kulit Tetap Putih Bersih

cantik alami bersih natural
papasemar.com

Setelah kamu mendapatkan kulit putih dan bersih dari berbagai bahan alami yang telah sebelumnya kita beritahukan, pastikanlah selalu juga menerapkan pola hidup sehat agar kecantikannya itu dapat bertahan lama. Maka dari itu kamu harus menerapkan pola hidup yang baik seperti yang saya kita akan contohkan dibawah ini.

Menjalani Pola Hidup Sehat

Salah satu penyebab kusam dan hitamnya kulit kita adalah pola hidup yang tidak sehat diantaranya adalah kurang tidur akibat begadang, jarang mandi, pola makan yang tidak teratur, dan lainnya. Jadi jika ingin memiliki kulit putih maka usahakanlah untuk dapat menjalani pola hidup dan makan yang sehat.

Konsumsi Makanan- makanan yang Sehat

Hindari makanan seperti gorengan, yang banyak mengandung santan dan makanan yang dikatekorigan sebagai junk food ( makanan sampah). Karena pola makan juga hal yang dapat mempengaruhi baik buruknya kesehatan kulit kita.

Cukupi Kebutuhan Air Tubuh Kita (konsumsi air minimal 8 gelas sehari)

Kurangnya air putih yang diserap oleh tubuh dapat membuat kulit kering dan kusam. Anjurannnya setiap hari kita harus memenuhi kebutuhan mineral dalam tubuh yaitu dengan mengkonsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas dalam sehari. Mengonsumsi air putih yang lebih banyak dapat memberikan banyak khasiat bagi kesehatan tubuh dan juga mampu menghilangkan jerawat di wajah.

Jaga Kebersihkan Kulit Wajah dengan Teratur (minimal bersihkan 2x sehari)

Masalah kulit yang kering, kusam, dan hitam dapat disebabkan oleh ketidakbersihan kulit akibat debu, polusi, minyak, dan bakteri yang menempel di kulit. Jika semua itu dibiarkan menempel dikulit akan menyebabkan pori-pori tersumbat yang akan menimbulkan masalah pada kulit wajah lainnya seperti jerawat.

Jadi mulailah untuk rajin membersihkan kulit wajah secara teratur setiap hari.

Hindari Asap Rokok, Debu, Polusi, Alkohol, Sinar UV (matahari), dll.

Asap rokok merupakan salah satu radikal bebas yang berdampak buruk bagi keseharan kulit kita. Kulit akan terlihat kering dan keriput, jadi hindari asap rokok agar kulit kita senantiasa terjaga kelembapannya dan lebih putih.

Hindari juga berbagai polusi udara lainnya berupa debu.

Hindari Stres Berlebih dan Lakukan Tips di Atas secara Rutin

Stress dapat menyebabkan kulit kusam dan kering sehingga tampak lebih hitam, selain itu stress juga dapat memicu masalah lainnya seperti jerawat dan lainnya. Jadi sebaiknya hindari hal-hal yang dapat memicu stress dan seringlah berlibur untuk menyegarkan pikiran.

Lakukan Olahraga Secara Rutin

Dengan melakukan olahraga yang rutin akan berdampak bagus untuk kesehatan kulit maupun tubuh kita. Karena dengan olahraga kulit dan anggota tubuh kita yang lainnya dapat mengeluarkan berbagai macam kotoran dalam bentuk keluarnya keringat.

Jangan Tidur Terlalu Larut atau Hindari Begadang.

Seringnya  begadang sangatlah tidak baik untuk kesehatan kulit. Dengan begadang metabolism dalam tubuh kita tidak teratur dan hal itu berdampak tidak baik untuk kesehatan kulit dan tubuh kita.

Tidur Secukupnya, Minimal 8 jam dalam Sehari.

Waktu tidur yang baik menurut para ahli adalah kurang lebih selama 8 jam. Kurun waktu tersebut itulah yang dirasa cocok untuk tubuh beristirahat dari aktipitas yang telah dilakukan selama seharian.

Gunakan Masker Wajah Alami secara  Rutin.

Rutinkanlah penggunaan masker wajah yang alami, dengan penggunaan masker yang terbuat dari bahan- bahan alami tidak akan menimbulkan efek samping yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit wajah kita.

Itulah beberapa pola hidup yang harus diterapkan untuk mendapatkan kulit putih dan bersih, lalu bagaimana cara memutihkan wajah secara alami dan cepat? Berikut beberapa bahan alami yang efektif digunakan untuk mendapatkan kulit wajah putih berseri.

Berdasarkan pengalaman yang telah saya alami, penggunaan bahan- bahan alami diatas akan terasa perbedaanya setelah digunakan selama 1-2 minimal dengan minim 1x sehari, kamu sudah bisa merasakan efek positifnya.

Kamu tak perlu mencoba semuanya atau mencampurkannya semua, cukup gunakan satu bahan saja secara konsisten.

Selamat mencoba!

 

 

2 pemikiran pada “6 Cara Memutihkan Wajah Secara Alami dengan Ramuan Herbal”

Tinggalkan komentar