Susah Membiasakan Menabung? Coba Cara-Cara Menabung yang Unik Berikut Ini

Menabung adalah salah satu kegiatan positif yang sangat baik untuk keuangan kamu. Kamu tidak tahu apa yang terjadi di masa mendatang, jika terjadi sesuatu yang membutuhkan dana besar, tabungan bisa menjadi penolongmu.

Kebiasaan menabung memang butuh latihan yang rutin. Kebiasaan ini biasanya harus diterapkan sejak dini. Mungkin beberapa dari kamu yang sudah menginjak usia remaja atau dewasa namun belum terbiasa dengan menabung.

Berikut ini beberapa cara menabung yang unik dan tentunya membuat kamu menjadi gemar menabung.

 

Menabung Berdasarkan Tanggal

blog.8share.com
blog.8share.com

Cara menabung unik yang pertama adalah dengan menabung berdasarkan tanggal. Cara ini dibagikan oleh pengguna facebook bernama Amalia Putri dan sempat menjadi viral di sosial media.

Cara menabung ini sangat mudah, konsepnya juga sangat sederhana. Kamu akan menikmati asyiknya menabung setiap harinya. Dan hasilnya akan bisa dijadikan simpanan uang untuk kebutuhan kamu yang mendadak.

Caranya adalah menabung dengan nominal yang sama pada setiap tanggal yang sama. Satu bulan terdapat 30-31 hari. Makan setiap harinya kamu harus menabung sesuai dengan tanggal hari tersebut. Misalnya tanggal 1 maka kamu akan menabung 1000 rupiah. Kemudian tanggal 2 kamu menabung 2000 rupiah, tanggal 15 kamu menabung 15000 rupiah seterusnya hingga bulan tersebut berakhir.

Bisa juga kamu membalik urutanya, karena biasanya awal bulan kamu memiliki banyak uang maka awal bulan kamu menabung dengan nilai terbesar. Misalnya tanggal 1 kamu menabung tanggal 31000 rupiah, tanggal 2 menabung 30000 rupiah dan seterusnya sehingga pada tanggal 31 ketika kamu bokek kamu hanya akan menabung 1000 rupiah saja. Mudah bukan?

Lakukan kegiatan rutin menabung ini setiap hari, jadikan sebagai kegiatan rutinitas sehari-hari seperti makan, tidur dan bekerja. Siapkan toples transparan sebagai wadah agar uang terlihat dari luar sehingga kamu akan semakin termotivasi. Siapkan juga kertas untuk mencatat tanggal pada bulan waktu menabung.

Ketika sebuah toples sudah penuh dalam satu bulan, siapkan toples lain untuk memulai lagi menabung dari awal. Dengan cara ini, jika kamu bokek di akhir bulan, kamu masih memiliki cadangan uang yang lumayan besar.

The Power of 20 Ribu!

sudrajatid.blogspot.com
sudrajatid.blogspot.com

Cara kedua bernama the power of 20 ribu. Cara ini juga sangat populer di sosial media. Bahkan ada hashtag khusus #Pejuang20Ribu yang digunakan untuk para netizen untuk saling berbagi semangat satu sama lain.  Memang uang rupiah berwarna hijau ini sangat dahsyat kekuatanya, mau tahu caranya?

Cara menabung ini kosepnya juga sangat mudah sehingga bisa di praktekan siapa saja. Caranya adalah menyisihkan setiap uang pecahan 20 ribu yang kamu miliki. Jadi setiap kamu menemukan uang 20 ribu di dompet kamu, kamu harus segera memasukannya ke toples tabungan.

Mengapa 20 ribu, karena memang pecahan 20 ribu biasanya paling jarang menjadi kembalian ketika kamu berbelanja. Sehingga uang kamu tidak akan terkuras habis untuk menabung senilai 20 ribu.

Tantanganya adalah, godaan yang akan membuat kamu untuk menggunakan uang tabungan itu. Walaupun 20 ribuan, jika terdapat 10 lembar saja nilainya sudah 200 ribu lho. Konsepnya adalah sama dengan air mengalir, jika tidak dibendung akan mengalir kemana-mana. Jika dibendung maka air akan terkumpul dan memiliki daya guna lebih.

Satu pemikiran pada “Susah Membiasakan Menabung? Coba Cara-Cara Menabung yang Unik Berikut Ini”

  1. Bagus idenya dan mudah untuk diikutin. Pertama akan terasa berat tapi lama-lama akan terbiasa. Langkah selanjutnya untuk nyimpen di tempat yg paling optimal, apakah dibank dg resiko bunga kemakan inflasi atau produk lain yg memberi hasil lebih tinggi.

    Balas

Tinggalkan komentar