Pengertian dan Cara Mencegah Penyakit Usus Buntu atau Apendisitis

Apa itu usus buntu?  Usus buntu atau yang dikenal juga dengan istilah appendix merupakan organ tubuh yang berada di dekat dengan sekum/cecum yang merupakan bagian awal dari usus besar.

Menurut penelitian kesehatan beberapa tahun yang lalu usus buntu yang berupa tabung atau kantung kecil kosong ini belum diketahui manfaatnya bagi kesehatan tubuh. Bahkan, ada beberapa penelitian yang mengatakan jika bagian appendix ini dioperasi dan diangkat dari tubuh tidak memengaruhi kesehatan kita secara signifikan.

icr.org
icr.org

Tetapi, tahukah kamu kalau usus buntu atau appendix ini dapat menjadi penyebab salah satu penyakit komplikasi yang sudah sering menjangkiti banyak orang ini? Penyakit ini dinamakan dengan apendistis (appendicitis).

Apendisitis bisa menyerang siapa saja dan seringnya menyerang remaja usia 14 hingga 20 tahun. Gejala-gejala yang dapat kamu temukan pada penderita penyakit usus buntu adalah perut bagian bawah kanan akan terasa sakit sekali.

poormd.com
poormd.com

Rasa sakit tersebut akan makin terasa jika kamu mencoba untuk menekuk kaki kanan hingga menempel ke perut. Selain rasa sakit pada perut gejala lain yang akan kamu temukan adalah pembengkakan pada perut, berkurangnya nafsu makan, demam, mual, muntah, diare, dan kram perut.

Untuk pencegahan penyakit usus buntu sendiri belum diketahui secara jelas karena penyakit usus buntu ini pun belum diketahui penyebab secara pasti. Tetapi, kamu bisa mencegah penyakit ini dengan cara tidak langsung berbaring atau tidur setelah makan. Dan pastikan memakan makanan yang berserat serta meminum air dengan jumlah yang cukup.

Semoga bermanfaat. 🙂

Tinggalkan komentar