6 Cara Ampuh Mencegah Penyakit yang Perlu Kamu Lakukan Sekarang Juga

Kuman kembali menyerang. Kini ada semakin banyak bakteri yang kebal terhadap obat, misalnya saja E. Coli yang beracun, bakteri meningitis, salmonella, staph, strep, dan tuberculosis.

Walaupun bahaya penyakit infeksi ini ckup menakutkan. Sebenarnya ada cara-cara praktis dan masuk akal yang bisa kita ambil untuk mencegahnya.

Saat kita ingin mencegah penyakit, sebenarnya kita sedang mencegah perang dengan kuman. Kita sedang menghindari perlunya pengobatan atau potensi adanya infeksi yang mungkin kebal terhadap pengobatan.

Begitu kita mencegah penyakti, kita juga sudah menghindari berkurangnya jam kerja, biaya kesehatan yang menurun, dan juga kualitas hidup yang lebih baik.

Dengan lebih proaktif, kita bisa melindungi diri kita dan juga keluarga dengan lebih efektif. Dalam perang melawan penyakit,  informasi adalah salah satu pertahanan terbaik kita.

Berikut ini 6 cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penyakit

  1. Kuatkan imunitas tubuhmu

4Life Transfer Factor Ferandy 085624380040Bangun kekebalanmu terhadap penyakit. Tak peduli siapa dirimu, baik orang tua, anak-anak, remaja, profesional, atau pensiunan, sistem imun adalah pertahanan yang utama melawan penyakit. Tanpa pertahanan imun, bahkan obat terkuat sekali pun tak bisa melindungi kita. Ini bisa kita lihat dari ODHA (orang dengan HIV AIDS)

Penelitian yang paling modern sekarang ini difokuskan pada strategi-strategi untuk membangun  imunitas tubuh yang kuat. Misalnya saja transfer factor, nutrisi yang berguna untuk mencerdaskan sistem imun. Transfer factor menguatkan sistem imun yang lemah agar kita bisa melawan infeksi dan kanker. Namun kalau sistem imun kita terlalu naif, transfer factor akan menenangkan sistem imun kita sehingga terhindar dari alergi dan autoimun.

Selain itu, ada juga hal sederhana lainnya untuk meningkatkan kerja imunitas tubuh. Misalnya saja tidur. Semua orang sadar bahwa tidur itu penting bagi kesehatan, namun 70% orang justru kurang tidur di malam hari.

  1. Kurangi risiko terkena kuman

sistem imunLangkah apa yang sudah kamu ambil untuk menghindari penyakit? Lebih mudah untuk proaktif menghindari kuman saat kamu tahu apa yang perlu kamu lakukan.

Pencegahan terhadap penyakit bisa jadi terasa membosankan. Namun inilah cara paling pertama yang bisa kita lakukan. Berikut ini beberapa situasi yang membuatmu rentan terkena penyakit.

  • Spons dapurmu mengandung lebih banyak bakteri daripada benda-benda lain di rumahmu
  • Kasurmu mungkin mengandung lebih banyak jamur daripada kamar mandi
  • Bakteri Coli bisa tertular lewat menyentuh binatang di kebun binatang, salmonella bisa tertular dari menyentuh kura-kura dan anak ayam
  • Taman bermain mengandung lebih banyak kuman daripada telepon umum dan kursi taman
  1. Gunakan pengobatan natural di rumah

naturalAtasi demam saat baru mengalaminya dengan vitamin dan herbal.

  • Pengobatan alami memberikan berbagai pilihan terhadap penyakit yang disebabkan infeksi virus seperti demam atau flu ringan.
  • Penting juga untuk menyadari kapan perlu berhenti mengobati diri sendiir dan mulai datang ke dokter. Risiko penyakit berbahaya seperti meningitis tak cukup kalau dirawat di rumah saja.
  1. Gunakan antibiotik secara bijak

antibiotik 1Mintalah antibiotik ke dokter hanya saat kamu benar-benar membutuhkannya. Demam dan flu itu disebabkan oleh virus. Antibiotik tak bisa melawan virus. Malah justru ada bakteri yang jadi kebal terhadap antibiotik kalau kita meminumnya di saat yang tidak tepat.

Memahami cara yang benar untuk menggunakan obat akan membuat pemakaian obat menjadi sangat efektif saat kita benar-benar membutuhkannya. Ingatlah kalau dokter tidak akan meresepkan pengobatan yang tidak perlu kalau kita tidak memintanya.

  • Baca juga Inilah Bahaya Minum Antibiotik Tanpa Resep Dokter
  1. Gunakan pengobatan holistik (obat konvensional terbaik dan juga terapi pelengkap dan alternatif)

natural (1)Kombinasi dari pengobatan konvensional dan terapi pelengkap memberimu lebih banyak manfaat. Dokter pengobatan holistik bisa membantumu menentukan vitamin dan herbal yang tepat untukmu. Begitu kamu membutuhkan antibiotik, dia juga bisa meresepkannya dengan dosis yang tepat.

  1. Dukung program peningkatan kesehatan masyarakat

Kualitas hidup kita sangat tergantung pada usaha pemerintah dan masyarakat untuk menjaga air dan udara bersih untuk memberikan sanitasi yang baik dan mengontrol penyakit  infeksi menular.

Pencegahan selalu lebih baik dari mengobati. Jangan sampai kita menyesal. Nilai sebenarnya dari kesehatan hanya bisa dihargai oleh orang yang sakit. Cegah sakit sebelum terlambat.

Tinggalkan komentar