7 Cara Ampuh Mengatasi Anemia Akut

Anemia adalah kondisi dimana sistem peradaran darah yang ada di dalam tubuh mengalami kekurangan sel darah merah atau hemoglobin.

Kondisi di atas dapat terjadi apabila terjadi kerusakan sel darah merah atau banyaknya pendarahan, tidak heran kalau mayoritas penderita anemia adalah wanita. Hal ini masih ada hubung kaitnya dengan rutinitas bulanan wanita, yaitu haid alias datang bulan yang mengeluarkan banyak darah kotor.

Gejala penyakit ini sudah cukup banyak diketahui, yaitu mudah letih, lelah, lunglai, lesu dan lemah atau biasa disebut dengan 5L. Kalau kamu merasakan gejala-gejala ini ada di dalam dirimu, mungkin saja kamu sedang membutuhkan asupan darah tambahan.

Dengan penanganan yang tepat, anemia bisa disembuhkan tanpa harus membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Kamu bisa menggunakan tips-tips di bawah ini untuk menuntaskan gangguan anemia yang bisa mengurangi produktifitasmu.

Mengatasi Anemia dengan Mengonsumsi Daging

wartabuana.com
wartabuana.com

Mengonsumsi daging sapi bisa dipakai untuk mengatasi anemia. Daging yang segar (bukan daging yang sudah dibekukan berhari-hari) sangat banyak mengandung protein yang berguna untuk memacu produksi hemoglobin di dalam darah.

Daging juga sangat membantu memperbaiki sel darah merah yang rusak. Daging yang direkomendasikan untuk dikonsumsi adalah daging kambing segar. Selain lebih murah dibanding daging sapi, daging kambing juga lebih banyak mengandung protein.

Kalau dirasa cukup berat pada sisi biaya, kamu boleh menjadikan seafood sebagai alternatif. Kandungan yang ada di dalam makanan-makanan laut tidak kalah bagus, di dalamnya terdapat vitamin B12 yang membantu memperbaiki sel darah merah yang rusak.

Mengatasi Anemia dengan Mengonsumsi Sayuran Hijau

sayuran hijau sangat baik bagi ibu hamil
subur-dan-indah-dalam-pot.blogspot.com

Cobalah untuk meningkatkan konsumsi sayuran, terutama sayuran-sayuran hijau. Hal ini dikarenakan sayuran hijau banyak mengandung zat besi yang sangat berguna untuk membantu proses pembentukan sel darah merah.

Diantara sayuran yang dikenal ampuh untuk mengatasi anemia adalah sayur bayam, seledri, kubis, kol dan kangkung.

Kamu hanya perlu menambahkan sedikit sayuran-sayuran di atas pada porsi makanmu yang biasanya, tidak perlu mengonsumsi secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut terasa begah alias kembung.

Mengatasi Anemia dengan Mengonsumsi Buah-buahan

Makan Apel untuk Mengurangi Karang pada Gigi
honestmum.com

Selain jumlah sayur yang mesti diperbanyak, kamu juga perlu memperhatikan asupan buah-buahan. Buah-buahan juga sangat membantu untuk proses penambahan sel darah merah.

Diantara buah-buahan yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi anemia adalah buah apel, semangka, anggur dan buah olahan anggur yaitu kismis.

Mengatasi Anemia dengan Mengonsumsi Telur

Telur merupakan makanan yang baik untuk ibu hamil
besthomechef.com.au

Telur kaya akan protein yang terkandung di dalamnya. Kandungan inilah yang dimanfaatkan untuk membantu memproduksi sel darah merah untuk mengatasi anemia.

Cara memakainya mudah sekali, kamu hanya perlu mengonsumsi telur yang direbus. Kamu juga bisa mengikutsertakan rebusan telur tadi dengan daun bawang merah agar lebih efektif. Apabila ingin lebih ampuh lagi, selain memakan telur yang direbus, minum juga air rebusannya. Oleh karena itu, pastikan air yang kamu gunakan sedari awal adalah air matang dan telur sudah dicuci bersih sehingga airnya aman dikonsumsi.

Mengatasi Anemia dengan Mengonsumsi Kacang-kacangan

http://www.viralnova.com
www.viralnova.com

Jenis kacang-kacangan memang sangat dianjurkan untuk mengatasi anemia, dan diantara kacang-kacangan yang paling direkomendasikan adalah kacang almond.

Anjuran ini disebabkan kacang almond kaya akan zat besi yang baik untuk meningkatkan aliran dalam darah. Dengan demikian aliran pada darah bisa lancar dan anemia yang diderita bisa teratasi dengan cepat.

Kalau kamu kesulitan mencari kacang almond, kamu bisa menggantinya dengan kacang tanah. Tentu saja khasiat dan lamanya penyembuhan akan sedikit berbeda.

Mengatasi Anemia untuk Ibu Hamil

Manfaat Alpukat untuk Ibu Hamil
lovedbyparents.com/

Ibu hamil adalah salah satu orang yang paling banyak terkena anemia alias kekurangan sel darah merah.

Untuk ibu hamil, sangat perlu untuk memperhatikan gizi agar terus seimbang. Makanlah makanan yang mengandung zat besi yang tinggi, periksakan kandungan secara rutin, jika perlu asam folat dan tablet tambah darah mungkin diperlukan.

Tinggalkan komentar