Cara Mengatasi Sakit Kepala Secara Alami

CARA MENGATASI SAKIT KEPALA – Hampir setiap orang pernah mengalami yang namanya sakit kepala, hal ini biasanya disertai dengan adanya penyakit lain seperti demam, kurang darah, hipertensi dan juga kelelahan. Sakit kepala biasanya terjadi karena seringnya melewatkan makan, terlalu banyak mengonsumsi kafein, dehidrasi, stres dan masih banyak lagi.

Secara umum ada beberapa jenis sakit kepala yang mungkin tidak semua orang tahu. Beberapa jenis sakit kepala yang mungkin sering dialami oleh masyarakat diantaranya sakit kepala ringan, migrain, sakit kepala berkepanjangan, vertigo dan lain-lain. Cara penanganannya pun berbeda-beda, itulah kenapa obat-obat yang beredar di masyarakat juga dibedakan berdasarkan jenis sakit kepala. Lalu bagaimanakah cara mengobati sakit kepala?

Perbanyak Minum Air Putih

Berbuka puasa dengan kurma dan air putih
purple-gifts.blogspot.com

Salah satu penyebab terjadinya sakit kepala adalah dehidrasi. Dehidrasi adalah kondisi dimana seseorang kekurangan cairan pada tubuhnya. Maka dari itulah bagi kamu yang sering mengalami sakit kepala mungkin kamu kekurangan minum air putih. Untuk menghindari sakit kepala datang lagi usahakan minum air putih kurang lebih 2 liter per hari, untuk mencegah dehidrasi.

Mengonsumsi Kentang

potatoes.com
potatoes.com

Sakit kepala biasanya terjadi karena tubuh yang kehilangan elektrolit seperti kalium. Kalium ini bisa kamu dapatkan dari jenis umbi-umbian, dan salah satunya adalah kentang. Karena, kentang ini memiliki kandungan akan kalium yang sangat tinggi. Selain itu, kentang juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam jenis makanan, seperti kentang rebus atau goreng.

Mengonsumsi Buah Pisang

http://matwolffitness.com/
http://matwolffitness.com/

Pisang juga merupakan salah satu buah yang banyak mengandung magnesium dan potasium yang sangat baik untuk meredakan sakit kepala yang kamu derita. Makanlah buah pisang secukupnya guna untuk membantu mengurangi sakit kepala yang kamu derita.

Hindari Stres

tfwmahopac.com
tfwmahopac.com

Salah satu penyebab timbulnya sakit kepala adalah keadaan otak yang terlalu stres. Karena terlalu banyak pikiran yang membebani dan pada akhirnya timbulah sakit kepala. Untuk itu, jika kamu ingin terhindar dari sakit kepala, maka hindari stres dan lakukanlah relaksasi dengan cara berjalan-jalan atau mencari hal-hal baru yang menyenangkan. Satu lagi, aturlah porsi tidur kamu agar tubuh tidak mudah menjadi lemah, karena salah satu masalah yang menyebabkan stres adalah keadaan fisik yang lemah.

Menggunakan Es Batu

www.varia.id
www.varia.id

Untuk mengobati sakit kepala kamu juga bisa menggunakan es batu. Hal ini dikarenakan es batu bisa meringankan sakit kepala dengan cara mengompreskan es batu tadi ke bagian kepala. Selain dikompres, kamu juga bisa mengusap-usapkan es batu ke bagian kepala yang terasa sakit. Kenapa es batu bisa menghilangkan sakit kepala? Karena suhu dingin yang berasal dari es batu dapat memberikan efek mati rasa, karena itulah rasa sakit kepala pun biasanya akan segera berkurang.

Mengonsumsi Kopi

Kopi Termahal di Dunia
livescience.com

Kopi juga bisa kamu jadikan sebagai obat untuk sakit kepala loh, selama tidak meminumnya secara berlebihan. Jika dikonsumsi secara wajar justru kopi akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh dan juga bisa mengatasi sakit kepala yang sangat efektif. Bahkan kamu tidak perlu lagi minum obat-obatan kimia. Hal ini disebabkan oleh kandungan kafein yang ada pada kopi sangat efektif untuk membantu meringankan rasa nyeri saat sakit kepala. Namun, kamu juga harus memperhatikan jangan kebanyakan minum kopi akibatnya akan memicu timbulnya sakit kepala lagi.

Demikian beberapa tips untuk mengatasi sakit kepala yang bisa kamu coba terapkan. Semoga bisa bermanfaat dan sakit kepalanya bisa lekas sembuh.

Tinggalkan komentar