32 Cara Mengecilkan Perut Buncit yang Ampuh dan Efektif

Cara Mengecilkan Perut – Punya perut buncit bisa bikin malu dan nggak nyaman. Rasanya seperti ada yang mengganjal di perut kita. Jadinya kita mungkin tidak pede ketika bertemu orang. Apalagi kalau ternyata yang kita temui itu punya perut yang kondisinya berkebalikan dengan kita alias langsing. Mungkin kita pun jadi iri jadinya.

Nah dari pada cuman iri saja. Lebih baik ikrarkan diri untuk mulai mengecilkan perut. Tidak perlu cara yang neko-neko, lakukan olahraga secara rutin bisa membuat perut buncitmu itu menyusut pelan-pelan. Nah, apa saja kira-kira olahraga yang bisa sebagai cara untuk mengecilkan perut?

 

Sit-up

frankdupree.com
frankdupree.com

Olahraga sit up jadi andalan untuk membuat perut buncit jadi menyusut. Karena gerakannya memang berpusat pada perut. Saat kamu sit up, otot perut akan kian kencang. Asal kamu lakukan ini secara rutin, besar kemungkinan buncitnya perutmu akan berkurang.

Naik Sepeda

sbkfm.com
sbkfm.com

Naik sepeda adalah olahraga yang menyenangkan untuk dicoba dan berguna untuk membuat perut buncit kembali langsing. Memang tidak bisa instan kemudian dalam sehari langsung ‘hilang’ itu perut buncit, tapi perlu bertahap. Kalau kita naik sepeda selama 30 menit itu kira-kira bisa membakar 300 kalori. Sangat lumayan kan untuk membuat berat badan jadi berkurang? Yang penting jangan lupa lakukan secara terjadwal.

Lari

Latihan fisik
fucsia.cl

Kamu bisa biasakan mulai besok untuk lari pagi. Ya, sehabis bangun pagi, rutinkan untuk olahraga lari. Tak perlu jauh-jauh. Bisa keliling kompleks perumahan. yang penting rutin dilakukan tiap hari setidaknya 30 menit. Seminggu saja kamu melakukannya akan mulai terasa bedanya. Rasanya badan jadi lebih enteng. Menurut penelitian dari HealthStatus, berlari selama 30 menit bakal membakar 250 kalori dalam tubuh.

Jalan Kaki

intisari-online.com
intisari-online.com

Biasakan untuk jalan kaki. Ini aktivitas yang mudah dilakukan sekaligus berfungsi membakar kalori dalam tubuh. Jadi mulai sekarang misalnya saja kamu hendak pergi ke minimarket atau kemanapun yang jaraknya tidak terlalu jauh, tinggalkan kendaraanmu dan pilih untuk jalan kaki saja.

Angkat Kaki ke Atas

l-men.com
l-men.com

Kamu bisa rebahan dan kemudian letakkan tanganmu di belakang kepala. Lalu angkat kakimu lurus vertikal ke atas. Buat kedua lutut saling berangkulan supaya mudah untuk menjaga keseimbangan. Lalu cobalah untuk mengangkat bahu dan kepalamu sambil tetap menahan kaki itu lurus vertikal. Lakukan olahraga ini rutin tiap hari supaya cepat bisa membantu mengurangi kegendutan perutmu.

Lompat Tali

functionalmovement.com
functionalmovement.com

Kalau kamu lagi malas lari keluar rumah, bisa lakukan olahraga lompat tali di area rumah kamu. Ya, tinggal ambil tali skiping lalu mulailah melompat-lompat sambil memutarkan tali itu. Olahraga ini sangat efektif untuk membakar lemak. Selain juga berfungsi untuk meningkatkan kondisi fisik dan melatih konsentrasi.

Renang

innoblessing.com
innoblessing.com

Renang sejak dulu sudah dikenal sebagai cara untuk melangsingkan badan. Karena gerakannya memang bisa membakar banyak kalori. Dan memang sangat menguras tenaga saat kita menggerakkan tangan dan kaki kita di dalam air. Oleh karenanya, kalau kamu udah lumayan lama tidak berenang, coba mulai sekarang buat jadwal rutin. Ya paling tidak seminggu sekali jadwalkan berenang supaya bisa membantu penurunan berat badan kamu.

Tenis Meja

Tenis Meja Ind_Singapur (3)
frankdupree.com

Mungkin kamu dulu suka main tenis meja (pingpong). Tapi mungkin karena sekarang banyak kegiatan, sudah lama tidak melakukannya lagi. Jadi jangan heran kalau sekarang tubuhmu kian melar dan perutmu jadi buncit. Nah, biar perutmu tidak makin maju ke depan, ayo cari dimana kamu letakkan bat pingpongmu dan mulailah lagi untuk berolahraga tenis meja,

CARA MENGECILKAN PERUT – Mempunyai perut buncit mungkin akan membuatmu tidak nyaman. Perasaan nggak pede dan malu mungkin akan menyelimuti diri kamu. Oleh karena itu, banyak orang yang berusaha mati-matian untuk menghilangkan masalah kesehatan yang satu ini.

Perut buncit bukan hanya dialami oleh mereka yang mempunyai masalah kegemukan atau obesitas. Namun mereka yang badannya kurus atau ideal pun dapat terkena masalah yang namanya perut buncit.

Bagi kamu yang sedang mengalami masalah perut buncit. Yuk, simak penjelasan mengenai tips mengecilkan perut buncit yang terbukti ampuh dan efektif. Berikut tipsnya.

 

Memasak Makanan Sendiri

Resep Masakan Poached Egg
huffingtonpost.com

Kamu sedang mengalami masalah perut buncit? Ada baiknya mulai dari sekarang belajarlah memasak sendiri. Mereka yang sedang mengalami perut buncit biasanya sering tertarik pada metode diet berat. Memang metode ini dapat berhasil, namun perlu diingat. Metode diet berat hanya cocok untuk jangka pendek. Selain itu, diet berat bisa mengakibatkan kekurangan nutrisi penting dan bisa mengakibatkan beberapa masalah kesehatan lainnya. Untuk mengecilkan perut, kamu perlu menghilangkan lemak yeng menumpuk di perut serta mengikuti program diet secara sehat dan seimbang. Adapun diet yang sehat adalah diet dengan memberi asupan makanan dengan serat yang tinggi (Contohnya kacang polong, gandum, kedelai, kelabat dan yang lainnya) dan mengandung protein serta natrium. Selain itu makanan tersebut harus memiliki kandungan karbohidrat dan lemak yang rendah.

Salah satu cata untuk mewujudkan diet sehat tersebut adalah kamu harus memasak sendiri makanan yang akan dikonsumsi. Dengan memasak sendiri, kamu akan mengenal dan tahu betul komposisi yang pas untuk program dietmu. Mulailah dengan kebiasaan baru salah satunya memasak makanan dengan sedikit minyak. Hindari makanan yang mengandung kalori tinggi. Menu makanan kamu harus mencakup makanan yang dapat membakar lemak. Contohnya apel, jeruk, kacang-kacangan, tomat, cabai, jahe, ketimun dan kayu manis.

Mengubah Kebiasaan Makan

watiratna254.wordpress.com
watiratna254.wordpress.com

Selain memperhatikan makanan untuk program diet sehat. Kamu juga harus mengatur pola makan. Mengonsumsi banyak makanan pada satu waktu tertentu merupakan faktor utama penyebab dari kelebihan lemak. Perlu kamu ketahui, makan banyak dalam satu waktu bisa menyebabkan gagalnya lemak menjadi sebuah energi yang akhirnya menumpuk dalam tubuh. Agar hal tersebut tidak terjadi, kamu bisa mengonsumsi makanan dalam porsi sedikit tetapi sering, dari pada makan dalam porsi yang banyak sekali sehari.

Olahraga untuk Mengecilkan Perut

lighthouse-indonesia.com
lighthouse-indonesia.com

Fitness center sebenarnya kurang efektif dalam usaha kamu untuk mengurangi lemak di perut. Kalau kamu melakukan latihan perut atau beberapa kali sit-up, hal itu kurang efektif untuk mengecilkan perut kamu. Tetapi jika tujuannya untuk memperkuat otot perut, maka fitness center adalah hal yang tepat.

Salah satu olahraga paling efektif untuk mengecilkan perut adalah jalan santai, jalan cepat, jogging, bersepada dan latihan aerobik. Lakukan olahraga ini sekitar 40-60 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan olahraga ini 5-6 kali dalam seminggu. Selain bermanfaat untuk mengecilkan perut, olahraga tersebut dapat pula meningkatkan stamina dan kesegaran tubuh.

Ubah Gaya Hidup Kamu

robek.org
robek.org

kamu ke kantor suka naik motor? Apa naik mobil? Kalau iya, maka luangkan 1-2 hari untu tidak memakai motor dan mobil kamu. Gunakan angkutan umum (Kereta, bis atau bahkan bersepeda) supaya lemak yang menumpuk diperut berubah menjadi energi. Ketika di kantor atau pusat perbelanjaan, gunakan anak tanggga dari pada menggunakan excavator atau lift. Intinya lakukan aktivitas berjalan kaki sebanyak yang kamu bisa. Bukan hanya itu, kamu juga harus mengubah kebiasaan makan berlebihan pada malam hari. Cobalah makan malam 3-4 jam sebelum beranjak tidur.

Istirahat dan Tidur Cukup

iberita.com
iberita.com

Selanjutnya cara lain untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan melakukan isitirahat serta tidur yang cukup. Seimbangkan aktivitas yang sudah kamu jalani seharian dengan istirahat yang cukup. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, ketika kamu kurang beristirahat dan kurang tidur, tubuh memproduksi lebih banyak hormon gherlin, yaitu hormon yang dapat meningkatkan nafsu makan.

Demikian penjelasan mengenai tips mengecilkan perut buncit yang terbukti ampuh dan efektif. Lakukan cara ini secara rutin. Jangan mudah menyerah dan teruslah berusaha agar tujuan kamu bisa tercapai. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Cara mengecilkan perut buncit tanpa olahraga mungkin bagi sebagian orang dianggap cukup sulit atau bahkan mustahil. Karna sebagian orang yang ingin menghilangkan perut buncit akan mengandalkan olahraga sebagai cara yang paling efktif. Memang olahraga adalah cara yang sudah teruji dan terbukti efektif untuk mengecilkan perut kamu. Lalu apakah tidak ada cara lain selain berolahraga? Apakah benar sangat sulit mengecilkan perut buncit tanpa olahraga? Tidak juga, ternyata ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk mengecilkan perut buncit tanpa olahraga.

 

Masak Makanan Sendiri

http://www.afternoonrecipes.com/
http://www.afternoonrecipes.com/

Jika kamu memiliki masalah perut buncit dan tidak dapat memasak? Mulai sekarang belajar masak ya, karena jika ingin mengecilkan perut buncit biasanya tertarik terhadap metode diet berat atau crash diet. Memang dengan menggunakan cara crash diet sangat baik, tapi untuk hasil yang jangka pendek. Selain itu, crash diet dapat menyebabkan kekurangn nutrisi penting dan dapat menyebabkan beberapa masalah pada kesehatan. Untuk mengecilkan perut yang buncit, kamu perlu menghilangkan lemak yang menumpuk di perut dan mengikuti diet secara sehat dan seimbang.

Diet yang sehat yakni dengan mengkonsumsi makanan dengan tinggi protein dan serat, rendah karbohidrat, rendah lemak dan natrium. Salah satu cara mewujudkan diet sehat adalah dengan memasak sendiri makanan yang kamu konsumsi. Dengan memasak sendiri, kamu akan mengenal dan tahu betul apa saja komposisinya. Mulai dengan membiasakan memasak dengan sedikit minyak, hindari konsumsi kalori yang berlebihan.

Mengubah Kebiasan Makan

leisurefitness.com
leisurefitness.com

Selain makanan sehat yang masuk dalam program diet, yang tidak kalah penting adalah waktu dan frekuensi makan kamu. Mengonsumsi makanan yang banyak pada satu waktu tertentu adalah faktor utama yang menyebabkan kelebihan pada lemak. Memakan makanan dalam jumlah banyak dalam satu waktu dapat mengakibatkan gagalnya lemak menjadi energi, sehingga lemak menumpuk di dalam tubuh. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat mengkonsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering, daripada makan dalam porsi banyak hanya dua kali sehari.

Kamu dapat mempercepat metabolisme di dalam tubuh dengan makan 3 sampai 4 kali makanan dalam porsi yang kecil setiap hari. Hal ini akan membakar lebih banyak kalori dan menyimpan sedikit lemak. Kurangi asupan gula dan minuman dengan pemanis. Kamu dapat membuat menu diet, dengan memasak sayuran, kacang, makanan yang mengandung protein, gandum sereal, kacang-kacangan, ikan, susu rendah lemak dan sejumlah lemak sehat. Minum air putih sebanyak 8 – 10 gelas, dalam sehari juga dapat membantu dalam proses pencernaan. Air akan bekerja sebagai agen detoksifikasi dan sebagai penekan nafsu makan.

Olahraga Mengecilkan Perut

duniafantasilelaki.blogspot.com
duniafantasilelaki.blogspot.com

Berbicara tentang olahraga mengecilkan perut, sebenarnya kamu hanya cukup melakukan kegiatan fisik yang moderat selama 50 menit, dalam satu hari, 4-5 kali dalam seminggu, itu semua sudah sangat efektif untuk menghilangkan lemak di perut kamu. Semakin banyak waktu yang kamu luangkan untuk CARDIO (jalan cepat, bersepeda, jalan santai, jogging, dll) serta latihan aerobik.

Coba juga luangkan waktu untuk berenang, selain cepat membakar kalori juga bagus untuk menghilangkan stres. Kamu juga harus memperhatikan jika ingin mendapatkan hasil yag maksimal kamu harus konsisten dan tidak boleh melewatkan olahraga ringan tersebut dalam 4-5 kali dalam seminggu. Lakukanlah walau hanya 5 menit! Kamu juga dapat meningkatkan durasi dan intensitas olahraga tersebut secara bertahap, untuk meningkatkan stamina dalam tubuh. Sebelum melakukan olahraga lakukan 5-10 menit untuk pemanasan.

Ubah Gaya Hidup

santabanta.com
santabanta.com

Jika kamu pergi ke kantor menggunakan mobil atau motor, maka sebaiknya luangkan waktu 1-2 hari untuk meninggalkan mobil atau motor kamu. Gunakan angkutan umum, seperti bis, kereta, angkoat atau bahkan bersepeda agar lemak yang menumpuk di dalam tubuh kamu terutai dan menjadi energi. Gunaka juga anak tangga di kantor daripada menggunakan lift. Lakukan juga aktivitas berjalan sebanyak yang kamu bisa. Selain itu, kamu juga harus mengubah kebiasan makan secara berlebihan pada malam hari.

Istirahat yang Cukup

pixabay.com
pixabay.com

Lakukan istirahat dan tidur yang cukup, imbangi aktivitas kamu dengan istirahat yang cukup untuk pemulihan stamia dan tubuh kamu setelah lelah beraktivitas olahraga maupun bekerja. Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa ketika kamu tidak cukup tidur, maka tubuh akan terjadi peningkatan hormon ghrelin, yakni hormon yang meningkatkan nafsu makan. Secara bersamaan juga mengalami penurunan hormon leptin, sehingga sulit untuk merasa “kenyang” dari ukuran porsi yang kamu konsumsi biasanya.

Hindari Makanan dengan Lemak Jenuh

Gorengan
indonesia.travel

Salah satu faktor yang menyebabkan berat badan menjadi naik dan diikuti perut buncit adalah makanan berlemak dengan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Makanan jenis ini biasanya dengan cepat akan menambah ukuran perut kamu sehingga akan menambah berat badan kamu hanya dalam beberapa minggu. Apa saja jenis makanan yang harus dihindari, contohnya jajanan gorengan, es krim, makanan cepat saji, minuman bersoda, mayones, atau minuman yang mengandung banyak gula dan masih banyak lagi.

Bagi sebagian orang, memiliki perut buncit menjadi salah satu hal yang mengganggu. Para wanita terutama cenderung kurang percaya diri apabila perutnya terlihat buncit. Bahkan saat ini kaum pria pun mulai kurang nyaman dengan perut buncit karena beberapa aktifitas menjadi kurang leluasa dilakukan. Lalu bagaimanakan cara mengecilkan perut buncit dengan cara yang mudah?

Berubahnya bentuk perut pada dasarnya dipengaruhi oleh pola makan yang kurang tepat, terutama konsumsi lemak berlebih. Penyebab lain munculnya perut buncit adalah konsumsi alkohol berlebih, ngemil di malam hari, jarang berolahraga dan kebiasaan makan makanan cepat saji. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut buncit:

Konsumsi Buah dan Sayur

buah-dan-sayur
mit-pl.com

Beberapa jenis buah dan sayur secara alami dapat menghentikan penambahan lemak pada perut walaupun kemampuannya terbatas. Buncis merupakan salah satu jenis sayuran sayuran yang mengandung antioksidan sehingga mampu mengurunkan volume lemak pada perut. Semangka juga diketahui memiliki kemampuan detoksifikasi yang baik untuk dikonsumsi pemilik perut buncit.

Konsumsi Yogurt, Kacang-kacangan dan Oatmeal

yogurt
yoeigroup.com

Yogurt, kacang-kacangan dan oatmeal juga diketahui memiliki pengaruh yang cukup bagus untuk mengecilkan perut buncit. Yogurt merupakan minuman rendah lemak dan mengandung bakteri baik yang dapat memperlancar proses pencernaan. Kacang-kacangan memiliki serat yang tinggi sehingga mampu menghindarkan perut dari penumpukan lemak.

Olahraga

olahraga-mengecilkan-perut-buncit
blueberryblackout.com

Beberapa kegiatan latihan fisik seperti sit up dan squat mempunyai pengaruh langsung pada otot perut. Sit up sudah banyak diketahui dapat mengecilkan perut karena memiliki pengaruh langsung pada otot perut. Squat selama ini dikenal untuk mengecilkan paha, akan tetapi ternyata squat juga bagus untuk mengecilkan perut buncit.

Hindari Makananan Berlemak dan Kurangi Makanan Bercitarasa Asin

makanan-berlemak-asin
sciencedaily.com

Makanan berlemak sudah diketahui memberikan dampak besar bagi munculnya perut buncit, oleh karena itu kurangi konsumsi makanan jenis ini. Makanan bercitarasa asin juga dapat meningkatkan penyerapan air dalam tubuh sehingga lebih baik kurangi konsumsinya.

Hal-hal diatas merupakan beberapa cara untuk mengecilkan peut buncit. Jaga pola maan dan lebih rajin berolahraga. Semoga perut buncitmu segera hilang.

Apakah kamu mempunyai perut yang buncit? Nah, jangan khawatir tips di bawah ini akan membuat perut kamu yang buncit itu akan hilang, namun hal ini tidaklah instan butuh proses yang memakan waktu yang lama. Kesabaran dan keuletan kamulah yang bisa membawa hasil yang maksimal dalam mendapatkan itu semua.

Minum Air yang Cukup

Minum Air Putih
dhkzkmq0ef5g3.cloudfront.ne

Mengonsumsi air putih secara teratur adalah solusi terbaik untuk kamu yang ingin mengecilkan perut buncit. Anjuran yang baik adalah minum air putih sebanyak 8 gelas perhari. Hal ini bertujuan untuk menetralisir racun yang berada di dalam tubuh. Mengonsumsi air putih merupakan diet yang baik untuk kamu yang sering ngemil di malam hari. Dengan mengonsumsi secara teratur akan memperlancar pencernaan di dalam tubuh.

Mengonsumsi Makanan Berserat

Makan Berserat Rendah
https://www.sleepingtablets.com

Pertanyaan yang sering muncul adalah kenapa perut kamu buncit? Hal ini sering disebabkan karena pencernaan yang tidak lancar. Dengan mengonsumsi makanan yang berserat diharapkan bisa membantu kamu dalam menjalani program diet agar perut kamu menjadi ramping. Jika kamu mengonsumsi makan berserat yang cukup, hal ini akan dapat membantu kamu melancarkan pencernaan, sehingga lemak yang berada di tubuh kamu akan larut dan tidak menumpuk. Sumber serat yang baik untuk tubuh kamu ialah kacang-kacangan, protein kedelai, nasi, telur, sayuran, buah-buahan dan daging tanpa lemak.

Pola Makan yang Sehat

Healthy food
recruit-lifestyle.co.jp

Pola makan sangat mempengaruhi terhadap kebuncitan yang kamu miliki, kebanyakan orang memiliki perut yang buncit karena pola makan yang kurang sehat. Hal itu menyebabkan pengolahan makanan di dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan banyak sekali lemak yang menumpuk pada tubuh. Nah, karena itulah sebaiknya kamu belajar untuk memperbaiki pola makan dari 4x sehari menjadi 2x sehari dan ditambah makanan yang berserat, dalam beberapa bulan ketika kamu sudah mengganti pola makan tersebut lihat hasilnya.

Olahraga Secara Teratur

Jogging
http://www.fitnesswithsynergy.com/

Olahraga adalah salah satu cara yang efektif untuk mengecilkan perut yang buncit, selain untuk mendapatkan tubuh yang sehat olahraga juga bisa membuat lemak yang berada di dalam tubuh kamu menjadi hilang. Nah, adapun olahraga yang bagus untuk mengecilkan perut adalah melakukan sit-up minimal 20-30 kali sehari, dan juga melakukan peregangan perut. Sebelumnya kamu harus meregangkan otot kamu dulu dengan cara berlari minimal 10-20 menit, setelah itu barulah melakukan sit-up.

Hal ini sangat baik karena semua lemak tidak berguna yang berada di dalam tubuh kamu bisa hilang secara alami. Sebaiknya cara ini dilakukan setelah bangun tidur, karena makanan yang telah dikonsumsi sebelum tidur akan menjadi energi bagi kamu bukan menjadi lemak yang kurang sehat bagi tubuh.

Senam Secara Teratur

Senam
http://i.ytimg.com/

Senam adalah salah satu cara untuk mengecilkan perut yang buncit. Senam juga bisa membuat tubuh menjadi sehat dengan gerakan-gerakannya yang begitu beragam. Senam bisa di lakukan dengan cara pemanasan ataupun dengan pendinginan. Senam yang bisa kamu lakukan adalah senam lantai. Senam lantai ini bisa dengan sit-up, back up, vertical leg crunch, sikap lilin dan lain sebagainya. Semua jenis senam yang bisa membuat kamu berkeringat dan menurunkan kalori serta lemak berlebih pada tubuh terutama bagian perut bisa kamu praktikkan.

Tidak hanya mengurangi penampilan yang menarik, perut buncit juga merupakan indikasi pola hidup yang tidak sehat. Perut buncit terjadi karena kebiasaan-kebiasaan buruk berikut ini.

Pertama, makan atau ngemil pada malam hari. Makan pada malam hari dapat menumpuk kalori penyebab perut buncit. Hal ini karena pada malam hari, tubuh tidak banyak melakukan aktivitas sehingga kalori dalam tubuh tidak diolah dan menumpuk.

Kedua, konsumsi alkohol. Kandungan alkohol seperti kalori dan gula hampir sepadan dengan makanan berlemak. Kerja hati akan semakin keras untuk menetralisir Alkohol yang Anda konsumsi, sehingga gula yang seharusnya disaring terlebih dahulu menjadi terlewat dan menumpuk dan menyebabkan perut buncit.

Ketiga, duduk terlalu lama. Jika Anda bekerja di kantor dan sudah terbiasa duduk lama, hal ini dapat menyebabkan perut menjadi buncit. Posisi duduk yang kurang baik atau terlalu condong ke depan akan memberikan penekanan pada perut untuk turut condong ke depan.

Keempat, tidur sehabis makan. Pada saat tidur tubuh tidak melakukan aktifitas sehingga proses pencernaan pun tidak optimal. Makanan yang baru saja dimakan tidak akan tercerna secara baik dan bisa menyebabkan perut Anda semakin terlihat buncit.

Jenis-Jenis Olahraga Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Bagi Anda yang perutnya buncit, berikut cara-cara untuk mengecilkan perut buncit Anda.

1. Berjalan atau berlari

Intinya, gerakkanlah kaki Anda bukan perut anda. Dengan menggerakkan kaki, sedikit demi sedikit kalori yang ada di dalam tubuh Anda akan terbakar. Jika Anda melakukan hal ini, bukan lemak pada perut saja yang akan menyusut tetapi bagian tubuh yang lain pun juga akan ikut menyusut. Olahraga ini adalah jenis olahraga yang sangat mudah untuk dilakukan, jadi tidak ada alasan bagi Anda untuk tidak melakukannya.

2. Sit up

Jika Anda merasa tidak mampu melakukan sit up sendirian, mintalah bantuan orang lain untuk menahan kaki Anda selama Anda berusaha menarik tubuh ke depan. Sit up akan membuat otot pada perut Anda semakin kencang dan mengurangi perut buncit Anda sedikit demi sedikit.

3. Back Up

Gerakan back up ini merupakan kebalikan dari gerakan sit up. Pada sit up posisi tubuh telentang, pada back up Anda melakukannya sembari tengkurap lalu menggerakkan bagian atas tubuh ke atas dan ke bawah. Anda juga bisa meminta bantuan orang lain untuk menahan kaki Anda agar lebih mudah dalam melakukannya.

4. Vertical Leg Crunch

Olahraga ini hampir mirip dengan Ball Crunch dan juga sit up, bedanya di sini Anda harus mengangkat tinggi-tinggi kaki Anda selama menarik tubuh ke depan. Pertama berbaringlah dengan tangan di belakang kepala. Kemudian angkat kaki dan silangkan ke udara. Selanjutnya kepala dan pundak harus tetap menempel di lantai. Selama kaki di udara, tarik tubuh ke depan dan ulangi gerakan berkali-kali.

5. Bersepeda

Jika Anda belum tahu, ternyata bersepeda selama 30 menit, Anda membakar kurang lebih 300 kalori. Biasakan bersepeda dari sekarang agar perut buncit Anda menghilang.

6. Bycicle Exercise

Jika anda tidak punya sepeda, jangan khawatir. Anda masih bisa melakukan gerakan bycicle exercise. Gerakannya cukup mudah untuk dilakukan yaitu membaringkan tubuh dengan posisi kedua tangan berada di belakang kepala, Kemudian angkat lutut ke dada sembari mengangkat kepala dengan pundak masih dalam keadaan menempel di lantai. Selanjutnya, temukan lutut kanan dengan sikut kiri dan begitupun sebaliknya secara bergantian layaknya anda sedang mengayuh sepeda.

7. Ball Crunch

Ball Crunch merupakan olahraga yang dilakukan dengan menggunakan bola besar. Caranya yaitu dengan melakukan gerakan sit up diatas bola besar tersebut.

8. Elliptical Trainner

Elliptical trainner merupakan alat olahraga yang dapatditemui di tempat-tempat fitnes. Alat ini seperti gabungan antara jalan kaki dan naik tangga. Jenis olahraga initidak hanya membentuk otot bagian bawah tubuh, tetapi juga bagian atas tubuh.

9. Sikap Lilin

Masih asing dengan olahraga jenis ini? Untuk melakukannya, baringkan terlebih dahulu tubuh Anda di lantai, kemudian angkat kaki Anda ke atas, hingga bagian perut terangkat. Lalu tahan dengan kedua tangan, dan tahan beberapa saat. Selanjutnya turunkan bagian perut, terakhir angkat kembali beberapa kali dan seterusnya.

Lakukan salah satu cara-cara di atas untuk mengurangi perut buncit. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.

Apabila Anda tidak memiliki kelebihan berat badan, tetapi perut tetap buncit. Itu artinya, masih ada lemak-lemak di dalam perut Anda. Meskipun sudah berolahraga dan diet, belum tentu perut buncit berubah menjadi datar. Selain penumpukan lemak, ternyata ada banyak faktor yang menyebabkan perut buncit. Untuk mengecilkan perut buncit, Anda dapat menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik berikut ini.

1. Saat Diet, Penuhi Asupan Magnesium

Sayuran hijau, biji-bijian, dan kacang-kacangan merupakan makanan yang banyak mengandung magnesium. Magnesium akan berpengaruh langsung pada perut yang buncit. Asupan magnesium yang tinggi mampu menekan jumlah gula dan insulin (unsur yang bikin kamu gemuk) dalam tubuh. Magnesium juga bertanggungjawab untuk menstabilkan kadar gula darah dan ritme detak jantung. Selain itu, tetap jaga pola makan karena diet merupakan persoalan mengatur jumlah kalori yang masuk dan keluar dari tubuh.

2. Lakukan Olahraga yang Memiliki Dampak Besar Terhadap Perut Buncit

Olahraga yang berdampak besar untuk mengecilkan perut buncit adalah angkat beban karena akan menciptakan goresan berukuran mikro pada otot yang secara otomatis bisa sembuh sendiri akibat pembakaran kalori selama dua hari. Inilah sebabnya Anda sering mengalami sakit atau nyeri pada otot setelah mengangkat beban. Tidak perlu cemas, karena saat itu otot sedang diperbaiki, sambil membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

3. Cukup Tidur

Orang yang tidurnya kurang dari 5 jam berpotensi memiliki kelebihan berat badan. Selain itu, mereka yang kurang tidur cenderung makan lebih banyak. Selain karena waktu tidur diganti menjadi waktu makan, kekurangan tidur juga merangsang produksi hormon ghrelin alias hormon rasa lapar. Oleh karena itu, tidurlah 6-8 jam sehari.

4. Tidak Minum Soda dan Minuman dengan Kadar Gula Tinggi

Gula adalah penyebab utama perut buncit, bukan lemak. Hentikan kebiasaan Anda menambahkan gula pada teh dan jus. Hentikan pula konsumsi minuman kemasan yang telah ditambahi gula. Untuk menekan nafsu memakan makanan tersebut, perbanyak konsumsi protein.

5. Tidak Banyak Makan Garam

Konsumsi garam yang berlebihan menyebabkan air yang semula berada di dalam aliran darah pindah menuju kulit. Itulah sebabnya perut Anda membengkak setelah mengonsumsi makanan yang memiliki kadar sodium tinggi. Supaya konsumsi garam tetap normal, hindari menambahkan garam ke dalam makanan. Untuk membuat santapan tetap lezat, tambahkan bumbu rempah-rempah yang lebih menyehatkan daripada garam. Gunakan kayu manis, merica, jahe dan rempah-rempah lain.

6. Tidak Mengkonsumsi Alkohol

Alkohol meningkatkan nafsu dan jumlah makan. Sama halnya dengan kopi, teh, cokelat panas, dan jus buah, alkohol mengandung asam. Minuman tinggi asam dapat mengiritasi saluran pencernaan dan menyebabkan pembengkakan.

7. Jauhi Makanan yang Mengandung Gas

Makanan tertentu menyebabkan lebih banyak gas dalam saluran pencernaan sehingga membuat perut buncit. Kacang polong, kembang kol, brokoli, kubis Brussel, kol, bawang, paprika, dan buah jeruk merupakan makanan yang mengandung banyak gas.

8. Hindari Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng, dicerna lebih lambat. Hal ini menyebabkan perut terasa berat dan kembung. Sebenarnya tubuh Anda tetap membutuhkan lemak. Oleh karena itu konsumsilah lemak baik yang terdapat dalam minyak zaitun, buah zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, alpukat, dan cokelat.

9. Hindari Makanan Pedas

Makanan yang dibumbui dengan lada hitam, pala, cengkeh, bubuk cabai, saus panas, bawang merah, bawang putih, mustar, saus barbeque, lobak, saus, saus tomat, atau cuka semua dapat merangsang pelepasan asam lambung. Pelepasan asam lambung dapat menyebabkan iritasi. Iritasi pada lambung dapat menyebabkan pembengkakan.

10. Hindari Permen Karet

Kebanyakan orang yang tidak sadar saat mereka mengunyah permen karet, hal itu akan menelan udara. Semua udara yang terjebak dalam saluran pencernaan dapat menyebabkan tekanan, kembung, dan ekspansi perut.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar