Tutorial Singkat Cara Mengendarai Motor Kopling

Kebanyakan motor yang memiliki kopling adalah motor sport ataupun motor moge. Dan juga ada beberapa motor bebek yang memiliki kopling manual. Karena memakai motor kopling itu sedikit susah maka kebanyakan orang orang yang bisa mengendarai motor ini memiliki kebanggan sendiri.

Kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengendarai motor kopling (Moge).

Pertama pastikan kunci menancap dan dalam kondisi on.

Lalu  nyalakan motor seperti biasa ( distarter/diselah) tapi pastikan kondisi gear dalam keadaan N.

Setelah motor menyala biasakan untuk memanaskan mesin paling tidak 5 menit. Agar motor awet.

pixabay.com
pixabay.com

Kemudian langkah memasukkan gearnya adalah. Masukkan kopling sampai maksimal (yang seperti rem disebelah kiri). Kemudian masukkan gear 1 dengan cara menginjak kedepan. Kemudian ketika akan berjalan, lakukan secara bersamaan antara melepas kopling secara perlahan dan juga menaikkan gas.

Hal inilah yang paling sulit untuk dilakukan dan kamu harus membiasakannya berkali-kali hingga terbiasa dan bisa mendapatkan feelnya. Jangan nekat untuk kejalan raya jika belum menguasai ini, karena dilampu merah jika mesin tiba-tiba mati karena masukin gearnya tidak benar bisa berabe.

Dan juga jangan lupa bahwa untuk motor sport dan motor moge lainnya biasanya untuk memasukkan gear 1 itu gear di injak kedepan, kemudian gear 2,3,4 memasukkannya dengan cara di injak kebelakang.

Dan untuk menurunkan gear dengan cara kebalikan dari cara tersebut.

Kalau untuk motor bebek yang berkopling biasanya memasukkan nya seperti biasa saja.

Tinggalkan komentar