Cara Menggemukan Sapi dengan Ampas Tahu

Ampas tahu merupakan limbah pembuatan tahu dimana memiliki kandungan protein kasar sekitar 21,29% untuk melengkapi melengkapi protein dari rumput hijau. Ampas tahu memiliki memiliki senyawa yang baunya sangat menyengat jka tidak segera di manfaatkan, salah satu manfaat ampas tahu yaitu sebagai konsentrat makanan ternak. Dan biasanya ampas tahu ini digunakan untuk pembudidaya untuk proses penggemukan pada hewan ternak seperti salah satunya sapi.

Ampas tahu memiliki kandungan kasar protein sangat baik untuk pertumbuhan ternak, selain itu juga ada beberapa zat anti nutrisi berupa asam fitat yang akan menggangu penyerapan mineral. Ampas tahu tidak bisa dijadikan makanan wajib karena makanan wajib sapi yaitu rumput hijau, ampas tahu hanya sebagai konsentrat alami saja. Pertumbuhan sapi yang diberikan ampas akan lebih cepat pertumbuhannya dari pada yang tidak diberikan ampas tahu.

Penggemukan sapi potong dengan memanfaatkan ampas tahu akan memiliki pertambahan berat badan akan lebih cepat. Bukan hanya itu karkas sapi potong mencapai sebesar 53 persen. Selain sebagai konsentrat alami, ampas tahu juga bisa dicampur dengan suplemen nutrisi untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harian harian sapi tersebut.

Langkah-langkah Penggemukan Sapi

pixabay.com
pixabay.com

Pertama, Carilah ampas tahu yang masih fresh dari pabrik biasanya masih basah dan mengandung air yang tinggi. Dan jangan terlalu lama disimpan karena akan membusuk dan hewan pun tidak akan suka. Pembelian ampas tahu disesuaikan dengan banyaknya sapi, dan peyimpanan minimal dua hari saja. Selain ampas tahu yang basah, bisa juga memanfaatkan ampas tahu kering atau telah dilakukan penjemuran terlebih dahulu.

Kedua, Setelah melakukan pemilihan bakalan sapi pastikan pada awal pemeliharaan diberikan obat cacing. Agar sapi terbiasa makan ampas tahu untuk awalan suapi ampas tahu (sudah diolah) tersebut ke sapi, berikanlah ampas tahu selama dua hari sejak pemilihan bakalan sapi tanpa pakan hijauan. Seterusnya, Anda hanya akan memberikan ampas tahu dan konsentrat setiap pagi dan sore hari.

Ketiga, Dalam pemberian pakan ampas tahu pada sapi potong berikanlah sebanyak 5 s.d 7 kg setiap harinnya, untuk memenuhi kebutuhan setiap ekor sapi perbanyak air didalam olahan ampas tahu tersebut.

Keempat, Pemberian vitamin juga harus dilakukan karena hanya dengan memakan pakan saja tidak cukup untuk pertumbuhan dan kesehatan sapi. Karena proses penggemukan merupakan proses yang sangat penting untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, untuk mendapatkan vitamin sapi potong Anda bisa membelinya di toko ternak.

Kelima, Lakukanlah penimbangan sapi paling rutin dilakukan setiap hari, namun jika terlalu sering bisa dilakukan seminggu sekali atau sebulan sekali. Penimbangan untuk mengetahui apakah sapi mengalami pertumbuhan atau malah mengalami penurunan bobot.

Pengendalian Penyakit

Agar sapi terhindar dari berbagai jenis penyakit hewan perlu dilakukan pencegahan seperti melakukan kebersihan secara berkala pada kandang, memandikan sapi rutin, memeriksa sapi secara teratur mulai dari bakalan hingga sapi siap panen. Pengendalian ini terus selalu dilakukan agar sapi tetap sehat saat dijual dan memiliki kualitas daging yang baik.

Hasil

Ampas tahu memberikan hasil yang sangat luar biasa untuk pertumbuhan sapi setiap harinya bobot selalu bertambah, menurut pengamatan kenaikan bobot sapi sekita 0,5 kg per hari. Dan penggemukan juga relatip cepat sekitar 4 sampai 5 bulanan, serta kualitas daging sapi pun sangat baik dengan memiliki ciri warna daging cerah, kandungan air sedikit, sedikit lemak, dan juga lebih tahan lama jika disimpan di pendingin.

Tinggalkan komentar