Cara Menggunakan Mikroskop yang Benar dan Aman

CARA MENGGUNAKAN MIKROSKOP – Setelah memahami bagian-bagian mikroskop beserta fungsinya, pada kesempatan kali ini kalian bakal mengetahui bagaimana langkah-langkah memfungsikan mikroskop atau cara menggunakan mikroskop yang benar, cara menggunakan mikroskop cahaya, cara menggunakan mikroskop binokuler, cara menggunakan mikroskop dengan benar.

Cara Menggunakan Mikroskop

Cara Menggunakan Mikroskop
horsenia.blogspot.co.id

Kalian mesti menggunakan mikroskop dengan cara yang sudah benar. Ikutilah langkah-langkah berikut, sesudah itu praktikkan!

  1. Letakkan mikroskop di atas meja datar bersama dengan bagian lengan pas berada di hadapanmu.
  2. Perhatikan lensa okuler yang tercantum perbesaran 10×. Artinya Hal ini objek akan diperbesar sampai 10 kali lipat dari ukuran objek sebelumnya oleh lensa okuler. Lensa okuler ini bisa diganti sesuai dengan besar kecil yang diinginkan.
  3. Perhatikan lensa objektif! Cermati terus lensa dan perbesarannya! pakai perbesaran lemah (perbesaran 10×) pada lensa okuler atau juga lensa objektif untuk langkah pengamatan awal! Dengan langkah seperti itu, berarti bayangan benda diperbesar 10 × 10 = 100×.
  4. Aturlah diafragma supaya lensa okuler memperoleh cahaya cukup terang!
  5. Aturlah cermin yang ada pada bawah meja preparat! Keseimbangan cahaya dapat kita peroleh lewat diafragma. Tapi, ada juga jenis mikroskop yang sudah dilengkapi dengan lampu. Dalam mengatur cahaya bisa juga dilakukan memakai langkah memutarkan alat pengatur lampu.
  6. Letakkan gelas preparat yang bakal diteliti tepat di atas meja preparat! Aturlah supaya objek yang akan dilihat berada pas di tengah lubang meja preparat! Lalu jepit gelas preparat memakai penjepit objek!
  7. Putarkan tombol pengatur fokus yang gunanya untuk menurunkan tabung mikroskop supaya lensa objektif nyaris menyentuh preparat (berjarak ± 0,5 cm)!
  8. Putarlah tombol pada pengatur fokus sambil lihat preparat dengan lensa okuler! Tujuannya guna menaikkan dan menurunkan tabung mikroskop perlahan-lahan sampai preparat terlihat jelas. Preparat bisa digeser-geser dengan merubah posisi meja preparat jika letaknya belum tepat.
  9. Putarlah revolver guna mengganti lensa objektif perbesaran lemah dengan objek perbesaran kuat! Hal ini dilakukan apa bila ingin melihat bagian terkhusus pada preparat dengan jelas.

Apakah kalian sudah jelas cara menggunakan mikroskop?

Setelah selesai digunakan, posisikan mikroskop pada keadaan istirahat.  Miringkan cermin, putar lensa objektif pada posisi O. Posisikan meja preparat dalam kedudukan paling rendah dan di tengah. Lalu, masukkan mikroskop di kotaknya yang terbuat dari kayu atau ditutup menggunakan penutup khusus.

Tinggalkan komentar