Bisa Dicoba Nih, Cara Ampuh Menghadapi Teman-teman yang Sukanya Minta Oleh-oleh

Kayaknya udah mendarah daging banget buat kamu yang asli Indonesia. Setiap ada teman yang pulang kampung atau liburan entah kemana, kalimat pertama yang keluar adalah, “oleh-olehnya jangan lupa.”.

Bukannya disuruh hati-hati dan balik  dengan selamat, malah dikasih beban dan tanggungan suruh bawa oleh-oleh. Tapi, kalau mau nolak teman yang kayak gitu nggak enak juga sih, nanti disangka pelit dan segala macam lah, jadi bingung sendiri.

Tapi ini nih, ada tips jitu yang bisa kamu praktekkan kalau lagi liburan dan ada teman yang minta dibawain oleh-oleh. Check this out.

Kasih Uang Dulu, Baru Ada Barang

fideshow.blogspot.com

Kadang, kamu pergi itu juga budgetnya mepet dan habis buat ongkos sama hidup disana beberapa hari. Nah ini masih ada aja yang minta oleh-oleh. Kalau mau, ya sini, kasih duitnya dulu. Kalau udah ada uang, nanti barangnya aman deh, pasti dibawain.

Kalau udah ngasih uang kan sama-sama enak. Yang pergi liburan nggak ada beban harus beliin oleh-oleh, yang di nungguin di rumah juga nggak di-php karena oleh-oleh yang ditunggu taunya cuma angan-angan.

Karena, kalau udah ngasih uang duluan, barang yang kamu mau udah pasti diuasahain buat dicari deh.

“Bagasi Penuh Bro”

csdnews.com

Nggak jarang nih, ada teman yang minta oleh-oleh barang dengan ukuran besar. Nah, kalau kamu perginya naik pesawat, kamu bisa bilang ke mereka kalau bagasi kamu udah penuh, jadi nggak muat lagi buat barang yang temenmu mau.

Jadinya, kamu bisa aman nih pulang ke rumah dan nggak harus nenteng beban berat.

“Ummm…. Nggak Janji Ya Sist!”

www.michaelswerdloff.com

Kalau janji nanti udah keitung hutang, jadi harus ditepati. Tapi, kalau nolak langsung juga nggak enak, dikiranya pelit. Kalau udah bingung kayak gini, mending kamu langsung aja deh bilang ke temen kamu, “nggak janji ya!”.

Udah ada kalimat ini, jadi wisatamu bisa berjalan lancar. Kan kamu nggak janji sama mereka, jadi mau dibeliin atau nggak ya udah, kamunya juga nggak janji kok.

Beli Aja Barangnya di Indonesia

iakurniasih.wordpress.com

Kalau tujuanmu ke luar negeri bukan untuk wisata belanja, kadang kamu ngerasa males buat cari barang-barang buat dijadiin oleh-oleh. Kalau udah gini, daripada muter-muter keliling kota dan nggak tahu tujuan, mending beli oleh-olehnya di Indonesia aja.

Di Indonesia ada toko yang jualan segala macam benda yang lumrah buat dijadiin oleh-oleh kok, kayak gantungan kunci, kaos, magnet kulkas dan lain-lain. Jadi, selain harga lebih terjangkau, kamu juga nggak ribet bawa barang banyak-banyak waktu pulang.

“Uang Pas-pasan Nih”

boombastis.com

Daripada bingung mau kasih alasan atau apapun itu, mending langsung ngomong apa adanya aja ke temen kamu. Nggak ada salahnya kan bilang kalau uang kamu emang pas-pasan buat liburan ke luar kota atau luar negeri. Jadi, ya jangan mengharapkan oleh-oleh apapun.

Kalau mereka masih ngotot aja mau oleh-oleh dari kamu, ya itu tadi, minta aja uangnya buat cari oleh-oleh disana. Jangan maunya untung nggak mau rugi juga dong guys.

“Duh, Lupa Nih”

www.kopajasubs.com

Kamu pasti punya temen yang “pokoknya harus” kan? Jadi, kalau dia minta apapun, pokoknya harus diturutin. Padahal kamu juga bukan orangtua atau saudaranya, tapi dia ngeharusin banget kamu bawa oleh-oleh sepulang liburan.

Nah, daripada pusing dan capek buat nolaknya, mending diemin aja deh. Nanti kalau kamu udah pulang dan si dia nanyain, bilang aja kalau kamu lupa banget buat beliin dia oleh-oleh.

Tinggalkan komentar