Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dan Flek Hitam

Bekas jerawat sebenarnya adalah proses penyembuhan dan memperbaiki kerusakan yang disebabkan jerawat pada jaringan kulit. Pada proses ini, kulit memproduksi kolagen, yang dimana zat ini mendukung perbaikan jaringan kulit dan ternyata kolagen yang dihasilkan tidak cukup, sehingga muncullah bekas jerawat. Kurangnya produksi kolagen membuat kulit menjadi tertekan dan berlubang sedangkan kelebihan kolagen menyebabkan kulit kamu menjadi terangkan dan muncul flek hitam.

 

Air Perasan Lemon

businessinsider.com
businessinsider.com

Pengobatan yang sangat dipercaya dan baik untuk menghilangkan bekas jerawat adalah dengan menggunakan air perasan lemon. Kamu hanya membutuhkan satu buah lemon segar, lalu buah tersebut kamu peras, kemudian tambahkan sedikit air. Setelah itu, kamu dapat menggoleskannya pada area bekas jerawat selama kurang lebih 3-4 menit.

Cara ini dapat kamu lakukan secara konsisten setiap harinya, serta dapat bermanfaat menghilangkan kulit mati dan mendorong terjadinya pertumbuhan di dalam sel kulit baru yang akhirnya akan membuat bekas jerawat pada muka kamu lama-kelamaan akan terlihat memudar.

Madu

sukawera.com
sukawera.com

Madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan termasuk diantaranya adalah masalah pada jerawat. Tidak hanya dapat mengobati bekasnya saja, tapi jerawatnya juga dapat disembuhkan dengan menggunakan madu. Madu memiliki sifat lembut pada kulit yang mampu mengurangi kemerahan dan iritasi pada kulit. Selain itu, kandungan anti-bakteri yang berada pada madu dapat memudarkan bekas luka akibat dari jerawat serta noda hitamnya. Tidak hanya itu, madu juga mampu melembabkan kulit dan menjadikan kulit kamu lebih lembut. Kamu dapat menggunakan madu dengan cara mengoleskan langsung pada bagian kulit bekas jerawat pada saat malam hari, kemudian di pagi harinya kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

Minyak Zaitun

herbaneka.com
herbaneka.com

Bahan yang alami dan tradisional sering digunakan untuk menghilang jerawat adalah minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin E yang sangat baik untuk menyembuhkan jerawat. Kamu dapat mengaplikasikan minyak zaitun dengan cara memijatkan minyak zaitun pada bagian bekas luka akibat jerawat. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun itu dua kali dalam sehari pagi dan malam.

Lidah Buaya

1000macammanfaat.com
1000macammanfaat.com

Lidah buaya atau biasa disebut dengan aloe vera sudah dikenal dalam bidang kosmetik, makanan, dan kecantikan karena bahan yang bermanfaat untuk kesehatan pada kulit wajah. Lidah buaya dapat menyamarkan bekas jerawat dalam kurun waktu tertentu asalkan dalam penggunaannya dengan benar.

Kamu dapat memanfaatkan gel lidah buaya sebagai obat untuk menghilangkan bekas jerawat dengan cara ambil daun lidah buaya secukupnya lalu ambil gelnya saja, jangan sampai tercampur dengan getah lidah buaya karena dapat menyebabkan gatal. Setelah itu, oleskan pada wajah, biarkan selama 20 menit dan kemudian cuci wajah kamu hingga bersih. Kamu dapat menggunakan lidah buaya ini rutin setiap hari, tapi kamu harus berhati-hati terhadap getahnya.

Es Batu

www.varia.id
www.varia.id

Kamu dapat mengurangi pembengkakan terhadap jerawat yang sedang meradang dengan menggunakan es batu loh. Selain itu, es batu juga dapat membantu dalam mengurangi bekas luka ringan dan noda hitam yang diakibatkan oleh jerawat itu sendiri. Caranya cukup mudah, yakni dengan cara membungkus es batu ke dalam tisu ataupun kain kemudian kamu dapat menggosokkannya pada area yagn mulai merang kemerahan selama kurang lebih 20 menit.

Baking Soda

baking soda campur air
cosmogirl.co.id

Untuk mengilangkan jerawat kamu juga dapat menggunakan baking soda untuk menyamarkan bekas jerawat, namun kamu juga harus berhati-hati dalam penggunaannya karena bisa jadi kulit kamu sensitif maka sangat dianjurkan untuk menggunakan cara lain. Jika kamu ingin mencobanya, kamu dapat membuatnya dengan campuran baking soda dan air sehingga kekentalannya menyerupai pasta, lalu oleskan pada bagian wajah kamu. Selain untuk menghilangkan jerawat baking soda dapat menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga bekas luka pada wajah kamu.

Tinggalkan komentar