Cara Mudah Menghilangkan Jerawat dengan Sayuran

Sayuran sudah dikenal sebagai makanan yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tidak hanya sebagai sumber vitamin dan mineral yang dapat membantu fungsi  pada tubuh, namun sayuran juga sangat berkhasiat mengatasi masalah kulit. Tidak heran jika banyak para remaja wanita mencari cara menghilangkan jerawat dengan sayuran untuk wajah karena sangat menganggu penampilan. Dibawah ini beberapa cara yang dapat kamu lakukan dirumah untuk mengatasi masalah jerawat dengan menggunakan sayuran.

 

Tomat

Gambar Tomat
ayysa.com

Tomat termasuk dalam jenis sayuran walaupun banyak juga yang menganggapnya sebagai buah. Tomat juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh terutama untuk mengobati penyakit ringan. Kandungan vitamin C, vitamin A dan lycopene nya sangat tinggi sehingga dapat memutihkan wajah dan menghilangkan jerawat. Tahukah kamu tomat tidak hanya bisa dijadikan sebagai makanan pelengkap saja seperti salad, lalapan, atau sebagai bahan dasar saos, ternyata selain itu ada cara lain untuk dapat merasan manfaat tomat.

Mengonsumsi tomat tidak hanya bisa dimakan langsung atau dijus namun, kamu dapat memanfaatkan tomat dengan cara menjadikannya sebagai masker alami. Caranya sangat mudah, cukup hancurkan satu buah tomat segar dan lembutkan hingga memiliki tekstur seperti bubur. Setelah jadi, oleskan merata ke seluruh wajah, diamkan selama kurang lebih satu jam lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan hal ini selama 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam menghilangkan jerawat.

Jeruk Nipis

www.mimunmedia.com
www.mimunmedia.com

Citrus aurantifolis atau biasa dikenal sebagai jeruk nipis sangat kaya akan vitamin C yang mampu membantu menghilangkan sel kulit mati pada wajah. Selain itu, jeruk nipis juga sangat bagus untuk membersihkan kulit wajah dari minyak berlebih yang merupakan salah satu penyebab timbulnya masalah jerawat. Disamping itu, jeruk nipis juga dapat menambah elastisitas kulit dan pertumbuhan kulit baru.

Kamu dapat mengatasi jerawat dengan jeruk nipis dengan cara menesteskan air perasan jeruk pada kapas bersih, setelah itu oleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air dingin. Jangan takut jika nantinya kulit kamu agak terasa perih pada pemakaiannya, karena hal ini pertanda bahwa kandungan di dalam jeruk nipis sedang bekerja.

Mentimun

informasiteraktual.com
informasiteraktual.com

Mentimun memiliki kandungan air sebanyak 90%, mentimun juga berguna untuk menjaga kelembaban kulit, menghilangkan kotoran, sel-sel kulit mati pada wajah, dan mengencangkan pori-pori. Karena sifat mentimun ini bersifat dingin, mentimun juga dapat membantu mengurangi jerawat yang meradang kemerahan.

Selain dapat diolah menjadi jus yang segar, mentimun juga dapat dibuat menjadi masker dengan cara menggunakan blender dan dioleskan ke seluruh wajah. Setelah dioleskan pada wajah, diamkan selama 30 menit lalu bersihkan dengan handuk kecil yang sebelumnya telah dicelupkan pada air hangat. Lakukan hal ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Temulawak

http://www.herbalremediesadvice.org/
http://www.herbalremediesadvice.org/

Temulawak selain dikenal sebagai bahan untuk membuat jamu atau seduhan yang membuat hangat, tanaman satu ini juga mampu mengobati jerawat loh. Caranya, kamu dapat mencuci temulawak sebesar jari orang dewasa, lalu dipotong-potong menjadi beberapa bagian kemudian rebus bersama air masak hingga menjadi separuhnya. Setelah itu, dinginkan rebusan temulawak tersebut, campur beberapa sendok madu lalu minum sehari dua kali sebanyak satu gelas.

Selain itu, temulawak juga memiliki khasiat yang luar biasa, diantaranya untuk mencegah pembengkakan hati, meningkatkan produksi cairan empedu, menurunkan kadar kolesterol berlebih dalam darah dan menambah nafsu makan.

Lemon

freewallsource.com
freewallsource.com

Seperti yang kamu ketahui, bahwa lemon kaya akan kandungan vitamin C yang tinggi. Lemon juga mampu membersihkan sel kulit mati serta mengurangi jumlah minyak berlebih pada wajah. Selain dibuat sebagai minuman segar yang sehat, campuran lemon dan madu juga dapat membantu menghilangkan jerawat loh.

Caranya bagaimana? Kamu dapat mencampurkan satu sendok teh air perasan lemon dan satu sendok teh madu, kemudian aduk hingga merata lalu oleskan pada wajah secara merata dan diamkan kurang lebih 30 menit sampai menggering. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu harus melakukannya secara teratur. Lemon juga sangat bermanfaat untuk menghilangkan flek dan bintik hitam pada wajah, menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit.

Stroberi

lifehack.org
lifehack.org

Untuk mengatasi jerawat dengan stroberi, kamu dapat mengolahnya menjadi masker wajah. Siapkan secangkir buah stroberi segar, putih telur, dua sendok teh madu. Setelah semua bahan lengkap, kamu dapat mencampurkan buah stroberi, putih telur dan madu lalu hingga rata. Setelah itu barulah kamu oleskan ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 20 menit lalu kamu dapat membersihkannya dengan air dingin atau air hangat. Kandungan saliculc acid di dalam stroberi adalah bahan pengering alami yang dapat mmbantu mengurangi jerawat di wajah kamu.

Tinggalkan komentar