Ini Dia 5 Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dengan Mudah

CARA MENGHILANGKAN KETOMBE – Ketombe adalah salah satu hal yang paling meganggu. Apalagi jika kotembe nya banyak, membuat rambut menjadi kotor, kusam dan lepek. Ketombe adalah sel kulit mati yang mengelupas dikarenakan folikel pada rambut yang berkurang.

Ketombe biasa dialami oleh semua orang baik itu laki-laki, wanita, muda dan tua. Penyebab ketombe pun bermacam-macam, terkadang karena ketidakcocokan dalam menggunakan shampo tertentu, dapat menimbulkan ketombe.

Ketombe juga dapat terjadi karena faktor eksternal seperti debu yang menempul, serta rambut berminyak. Ketombe ini sebenarnya adalah pengelupasan kulit mati yang berlebihan di kepala.

Maka dari itu jangan keseringan menggaruk kulit kepala kamu, karena dapat memperparah terjadinya ketombe. Maka dari itu, pada artikel ini kamu akan mendapatkan beberapa tips menghilangkan ketombe secara alami. Mari disimak ya.

Cuka

http://www.saucefinefoods.com/
saucefinefoods.com

Tahukah kamu bumbu dapur yang sering kamu gunakan satu ini dapat menghilangkan ketombe loh. Yup, cuka. Dengan membilas rambut dengan menggunakan cuka, maka rambut kamu akan bebas dari ketombe.

Cuka akan bekerja menghilangkan sel-sel kulit mati yang akan menyebabkan ketombe. Selain itu, cuka juga berfungsi sebagai fungisida yang membunuh jamur lebih efetif.

Kamu dapat membuat ramuan cuka untuk ketombe dengan mudah, caranya ambil setengah cangkir air hangat lalu dicampur dengan setengah cangku cuka apel. Kemudian campurkan menjadi sati, lalu jadikan shampoo untuk rambu kamu.

Lidah Buaya

Lidah Buaya Untuk Menghilangkan Jerawat
imgkid.com

Tanaman yang sangat populer ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan rambut kamu loh. Kandungan yang terkandung di dalam lidah buaya sangat bermanfaat untuk menghambat proses proliferasi.

Ketika proses proliferasi ini berjalan dengan cepat, maka akan menyebabkan proses pertumbuhan ketombe dengan sangat cepat. Untuk menghambat proses pertumbuhannya kamu dapat menggunakan ramuan lidah buaya seperti di bawah ini.

Kamu dapat membuat ramuan lidah buaya untuk dijadikan shampoo. Caranya sangat mudah, kamu ambil satu batang lidah buaya, kemudian belah menjadi dua lalu ambil gelnya. Haluskan gel tersebut, selanjutnya usapkan ke seluruh kepala hingga merata. Lalu kamu biarkan beberapa menit, lalu bilas dengan air hingga bersih.

Garam

Garam
youtube.com

Ternyata bumbu yang sering kamu gunakan untuk menambah cita rasa dalam makanan ini juga bisa loh dijadikan sebagai obat menghilangkan ketombe. Yup, garam. Fungsi garam adalah menghilangkan sel kulit mati di kepala kamu. Dengan begitu kulit kepala kamu akan bersih dan terhindar dari ketombe yang membuat kepala kamu gatal.

Caranya cukup mudah, kamu dapat mengambil beberapa garam yang bersih, lalu ratakan dan pijat secara perlahan. Biarkan beberapa menit hingga garam merekat dengan baik di kulit kepala. Pastikan garam tersebut rata karena dengan merata hasilnya akan lebih maksimal.

Lemon

businessinsider.com
businessinsider.com

Buah lemon juga bisa menjadi pilihan dalam menghilangkan ketombe yang ada di kepala kamu. Karena tingkat keasaman buah lemon akan membantu menghancurkan jamur yang menyebabkan ketombe tumbuh. Gunakan lemon secara rutin untuk keramas dan bilas hingga bersih.

Baking Soda

baking soda
Baking soda biasanya hanya digunakan untuk bahan pembuat roti dan kue. Tapi jika kamu memiliki ketombe, baking soda bisa loh dijadikan obat untuk ketombe. Fungsi dari baking soda adalah menghilangkan dan menghaluskan kulit mati yang menjadi penyebab ketombe tersebut.

Caranya kamu dapat mengambil satu sendok baking soda kemudian campurkan dengan satu gelas air. Aduk hingga rata, selanjutnya siram ke kepala hingga merata sambil dipijat. Bilaslah menggunakan air hingga bersih. Lakukan hal ini secara rutin minimal 2 kali dalam satu minggu.

Minyak Zaitun

cara menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun
klatenherbal.com

Minyak zaitun adalah minyak yang diolah dan diproses dari buah zaitun, sebuah pohon tradisional yang berasal dari basin Mediterania. Pohon zaitun yang menghasilkan buah zaitun merupakan tanaman yang tumbuh dengan lambat dan memiliki batang yang keriput.

Salah satu keistimewaan pohon zaitun adalah bisa tumbuh sampai 50 meter di habitat alaminya dan bisa hidup selama lebih dari 500 tahun. Minyak dari buah zaitun ini banyak sekali manfaatnya. Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak, kosmetik, obat herbal seperti mengobati diabetes, stroke, menurunkan resiko jantung, dan berbagai penyakit lainnya.

Selain yang telah disebutkan diatas, minyak zaitun juga berguna untuk menghilangkan ketombe secara alami. Untuk menghilangkan ketombe dengan minyak zaitun lakukanlah cara dibawah ini:

  • Pastikan rambut dalam keadaan bersih, keramas lebih dulu lebih baik.
  • Remas-remas kulit kepala dengan minyak zaitun secara merata dan menyeluruh.
  • Pijat dengan kembut dan pelan-pelan kulit kepala.
  • Diamkan kira-kira lima menit.
  • Bilas sampai bersih dan keringkan.

Manfaat minyak zaitun memang banyak sekali, dalam setiap 100 gr minyak zaitun mengandung:

  • Energi -3701 kJ (885 kcal)
  • Lemak – 100 g
  • – jenuh 14 g
  • – tak jenuh tunggal 73 g
  • – tak jenuh ganda 11 g
  • – omega -3 lemak <1,5 g
  • – omega -6 iemak 3,5-21 g
  • Vitamin E – 14 mg
  • Vitamin K -62 mg

Daun Kangkung

cara menghilangkan ketombe dengan daun kangkung
inginsehat-selalu.blogspot.com

Knagkung selain sebagai lauk untuk makan, ternyata bisa juga digunakan sebagai bahan alami untuk menghilangkan ketombe. Dan cara untuk menghilangkan ketombe menggunakan kangkung ini cukup mudah.

Cara menghilangkan ketombe dengan kangkung:

  • Siapkan satu ikat kangkung.
  • Rebus dengan dua gelas air sampai air tersisa kira-kira satu gelas.
  • Pisahkan kangkung dengan sisa air rebusan dan peras kangkung sampai keluar sari airnya.
  • Gunakan air sari kangkung tersebut untuk keramas dan balurkan ke seluruh bagian kulit kepala secara merata dan diamkan kira-kira 25 menit.
  • Setelah selesai bilas sampai bersih.
  • Lakukan dengan rutin dan teratur, insya allah, sebandel apapun ketombenya akan segera hilang.

Daun Pandan

cara menghilangkan ketombe dengan daun pandan
kesehatansukses.blogspot.com

Daun pandan yang selama ini kita kenal sebagai daun pelengkap masakan atau bumbu dapur  ternyata memiliki khasiat lain yang masih jarang diketahui oleh orang. Kandungan daun pandan ternyata dapat digunakan sebagai pembasmi ketombe yang membandel di kepala.

Cara menghilangkan ketombe dengan daun pandan:

  • Siapkan daun pandan 5-8 lembar yang telah dicuci bersih.
  • Tumbuk daun pandan sampai halus.
  • Peras tumbukan daun pandan dan ambil sari airnya.
  • Gunakan sari air daun pandan untuk membalur kulit kepala sampai rata, pijat dengan halus sedikit demi sedikit.
  • Diamkan kira-kira 5 menit dan bilas sampai bersih.
  • Lakukan secara rutin untuk ketombe yang membandel.

Daun Urang-Aring

daun urang aring
shanva.blogspot.com

Bagi kalian yang mengalami masalah ketombe, maka ada cara alami yang bisa kalian lakukan dengan memanfaatkan daun urang-aring. Ya, jadi daun urang-aring ini memang sudah dikenal mampu menyuburkan dan mempertahankan kelembaban rambut.

Adapun caranya dengan memilih daun urang-aring yang tidak terlalu tua, kemudian daun tersebut di cuci sampai bersih dan dilap hingga tidak ada air yang tersisa. Langkah selanjutnya daun tersebut kita haluskan dengan cara di tumbuk atau di blender sampai halus merata. Barulah kita tambahkan segelas air bersih dan kita saring ampas yang ada.

Jadi air hasil perasan atau saringan dari daun urang-aring tersebut yang nantinya kita gunakan untuk dioleskan ke kulit kepala sembari di pijit-pijit. Kemudian bungkus rambut dengan menggunakan handuk dan diamkan setidaknya selama 30 menit. Namun kalian juga bisa mengaplikasikannya pada malam hari sehingga anda bisa melakukan perawatan dan mendiamkan rambut selama semalaman.

Jika sudah barulah kita bisa membuka dan membilas rambut menggunakan air bersih. Lakukan cara ini setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil terbaik dan kita bisa terhindar dari permasalahan ketombe.

Yoghurt Dan Lada Hitam

yoghurt
irishexaminer.com

Mungkin kedengarannya aneh apabila untuk mengatasi ketombe yang membandel bisa dilakukan dengan menggunakan campuran yoghurt dan lada hitam. Jadi apabila kita melihat kandungan yang ada pada yoghurt dan lada hitam sebenarnya memang bisa saja dilakukan. Yoghurt di sini berperan untuk menenangkan kulit kepala, sementara lada hitam berfungsi sebagai anti jamur.

Cara penggunaannya sendiri cukup mudah, kita hanya perlu mencampurkan kedua bahan tersebut menjadi satu dalam sebuah wadah. Kemudian di aduk hingga merata hingga terlihat seperti pasta. Nah, pasta dari ramuan yoghurt dan lada hitam tersebut nantinya bisa kita balurkan ke seluruh bagian kepala secara merata.

Biarkan beberapa saat sekitar 20 menit agar semua nutrisi terserap secara menyeluruh, barulah bisa kita bisa membilas rambut menggunakan sampo hingga bersih.

Jadi sebenarnya cara ini sudah banyak yang menerapkan dan hasilnya mampu menghilangkan ketombe pada rambut dalam waktu 2 minggu jika kita melakukannya secara rutin seminggu 3 kali.

Menggunakan Pelembab Alami

susu madu
kilasbanten.com

Biasanya rambut berketombe bisa terjadi akibat kulit rambut kita terlalu kering dan kekurangan nutrisi. Jadi untuk mengatasi masalah tersebut kita bisa menggunakan pelembab rambut yang terbuat dari bahan alami seperti susu, madu dan kayu manis.

Semua bahan tersebut kita campurkan menjadi satu dalam sebuah wadah, tambahkan sedikit air dan pelembab tersebut bisa langsung kita balurkan ke seluruh kulit kepala dan juga rambut.

Adapun fungsi dari kayu manis mampu membantu meningkatkan sirkulasi dalam darah dan juga mengatasi masalah rambut sampai ke akarnya. Sedangkan madu dan susu mampu melembabkan kulit kepala sehingga kombinasi bahan-bahan tersebut bisa digunakan sebagai pelembab alami yang mampu mencegah ketombe balik lagi.

Sebenarnya ada beberapa bahan alami lainnya yang bisa kita olah menjadi pelembab rambut seperti santan kental, jeruk nips dan madu ataupun yang lainnya. Namun secara khasiat semuanya hampir sama mampu menjaga kesehatan rambut.

Minyak Almond

minyak almond
glucoberryasli.com

Bahan alami selanjutnya yang mampu menghilangkan ketombe adalah minyak almond. Ya, minyak dari kacang almond ini bisa kita oleskan pada kulit kepala yang berketombe sampai merata.

Setelah di oles, pijat seluruh kulit kepala dengan perlahan dan lembut. Setelah itu kita bungkus kepala menggunakan handuk hangat untuk beberapa saat sekitar 30 menit, barulah bisa kita bersihkan rambut menggunakan shampo.

Minyak Kelapa

http://www.caramembuatminyak.com/
http://www.caramembuatminyak.com/

Minyak kelapa adalah minyak yang dibuat dengan bahan baku kelapa segar. Penyulingan yang dilakukan pada minyak kelapa membuat kandungan senyawa-senyawa esensial yang dibutuhkan oleh tubuh tetap utuh. Minyak kelapa memiliki sifat anti bakteri, antibiotik dan anti jamur.

Minyak kelapa memiliki banyak sekali manfaat. Minyak ini sangat baik untuk kesehatan jantung karena dalam minyak kelapa mengandung asam larut sekitar 50% yang dapat mencegah berbagai masalah jantung seperti tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi.

Minyak ini juga bisa digunakan untuk perawatan kulit, cukup baik untuk mengatasi berbagai jenis kelainan pada kulit terutama kulit kering. Selain kulit kering, juga berguna untuk mengobati infeksi kulit, mencegah pengelupasan kulit, mengencangkan kulit dan mencegah munculnya kulit keriput. Minyak kelapa banyak dimanfaatkan oleh berbagai produk kecantikan dan sabun karena khasiatnya.

Sebenarnya masih banyak manfaat yang bisa didapatkan dari minyak kelapa selain dari manfaat-manfaat di atas. Yang paling penting di sini adalah minyak kelapa ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Di dalam minyak kelapa terkandung vitamin E dan asam lemak yang bisa menghilangkan ketombe yang ada di rambut.

Untuk menggunakan minyak kelapa untuk menghilangkan ketombe caranya sangat mudah. Cukup oleskan minyak kelapa ke rambut secukupnya dan pijat kulit kepala sebelum tidur setiap hari. Setelah itu tutupi kepala dengan handuk panas. Diamkan selama beberapa menit hingga minyak kelapa meresap ke seluruh permukaan kulit kepala. Lalu bilas dengan air bersih.

Minyak Kemiri

http://minyak-kemiri.com/
http://minyak-kemiri.com/

Kemiri merupakan tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai rempah-rempah dan sumber minyak. Tumbuhan ini termasuk dalam suku Euphorbiaceae dan masih sekerabat dengan singkong. Dalam industri, minyak yang diekstrak dari bijinya digunakan untuk bahan campuran cat.

Biji kemiri sering digunakan untuk olahan masakan Indonesia dan Malaysia. Di Jawa, kemiri dijadikan saus kental yang dimakan dengan nasi dan sayuran. Kemiri dan macadamia memiliki kesamaan dalam tekstur dan rasa. Kemiri dapat dibakar dan dicampur dengan garam dan pasta untuk membuat bumbu  masakan khas Hawaii.

Selain itu, biji kemiri juga digunakan sebagai obat tradisional di daerah-daerah. Minyak dari kemiri biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut yang berguna untuk menyuburkan rambut. Biji kemiri juga bisa digunakan sebagai obat diare dengan cara dibakar lalu dioleskan di sekitar pusar dan sebagai obat untuk ketombe.

Cara membuat minyak kemiri adalah

  1. Siapkan 15 biji kemiri dan cuci bersih
  2. Haluskan biji kemiri dengan cara ditumbuk atau bisa juga di blender dan tambahkan dengan sedikit air supaya lebih mudah hancur
  3. Biji kemiri yang telah di haluskan dimasukkan pada kain lalu diperas untuk diambil airnya.
  4. Rebus air perasan biji kemiri sampai berubah warna menjadi kecokelatan
  5. Angkat rebusan air kemiri dan tunggu hingga dingin

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, air perasan kemiri dapat disimpan pada wadah yang dapat ditutup rapat agar dapat digunakan berkali-kali.

Untuk menghilangkan ketombe menggunakan minyak kemiri, gunakan dengan cara mengoleskan minyak kemiri pada kulit rambut. Lakukan secara rutin setiap hari hingga ketombe yang ada menghilang.

Selain untuk menghilangkan ketombe, minyak kemiri juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah rambut lainnya. Minyak kemiri dapat menghitamkan rambut, mengatasi rambut rontok karena kandungan protein dan mineral yang tinggi, menebalkan rambut, mengatasi rambut beruban, meluruskan rambut dan membuat rambut cepat panjang

Tea Tree oil

http://www.motherearthliving.com/
http://www.motherearthliving.com/

Jika kalian merupakan salah satu dari banyak orang yang tidak puas dengan sampoo yang biasa kalian pakai, Tea Tree oil dapat menjadi solusi alternative bagi masalah ketombe kalian. Tra Tree Oil merupakan minyak yang diekstrak dari pohon teh.

Tanaman dengan nama ilmiah Melaleuca Alternifoila ini merupakan tanaman asli Australia Timur. Sejak zaman dahulu, orang-orang sering menggunanak ekstrak minyak pohon teh sebagai obat berbagai macam penyakit, yaitu menyembuhkan jerawat, kaki atlet, infeksi, ketombe, dll.

Ketombe biasanyadisebabkan oleh Malassezia. Malassezia adalah jamur ragi yang dapat berkembiang biak diluar control dan menyebabkan pertumbuhan sel kulit yang ekstrim. Ketika sel – sel kulit ini mati dan kering, kulit tersebutlah yang kemudian menjadi ketombe.

Minyak pohon teh atau Tree Tea Oil sejak zaman dahulu dikenal memiliki sifat anti jamur. Sehingga sangat efektif untuk melawan fungi seperti Malassezia. Minyak ini mengandung terpinen yang mana memiliki sifat anti-bakteri dan anti-jamur. Kandungan ini dapat menembus folikel rambut dan kemudian membuka pori-pori dan membunuh mikroorganisme yang memimicu ketombe, kulit kepala gatal dan iritasi.

Selain itu, minya ini juga  memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu untuk mengobati kulit kepala gatal dengan efektif. Secara efektif melembabkan rambut dan kulit kepala yang otomiatis dapat mengobati kepala kering dan gatal.

Kalian dapat mencampurkan minyak teh dengan sampo kalian. Tambahkan sekitar 10 tetes miyak teh untuk setiap 8 ml shampoo. Gunakan shampo ini setiap hari sampai ketombe hilang dari kepala anda. Selain itu, kalian juga dapat mengaplikasikannya secara langsung ke kulit kepala sebelum keramas. Setelah itu dikeramas dan dibilas seperti biasa.

Bawang Merah

www.ngopy.com
www.ngopy.com

Ketombe adalah masalah kulit kepala yang umum dan biasa di alami sebagian besar laki-laki dan perempuan. Penyakit ini dapat terjadi pada ada usia berapa pun. Dengan demikian, kalian harus mengambil langkah-langkah untuk memerangi ketombe di awal. Adapun tanda-tanda awal ketombe antara laian, kulit kepala terasa gatal, kering dan sensitif.

Untuk mengatasi ketombe, kalian dapat mengaplikasikan bawang sebagai obat alami. Bawang merupakan obat ketombe yang sangat baik untuk membuat kulit kepala kembali normal.  Bawang dapat berperan sebagai salah satu bahan rumah terbaik dalam mengobati ketombe dan rambut rontok masalah.

Bawang memiliki kapasitas untuk membunuh bakteri penyebab ketombe. Jus bawang memberikan kekuatan dan nutrisi ke akar rambut. Selain itu , bawang juga dapat mempelancar sirkulasi darah dan membantu untuk penumbuhan rambut rontok.

Beberapa cara dapat kalian gunakan dalam pengaplikasian bawang sebagai obat ketombe. Beberapa diantaranya yaitu :

  • Jus Bawang Merah + santan Dan Minyak Zaitun

Kalian dapat mencampurkan  Olive Oil atau  Minyak Zaitun dengan Santan Kelapa dan bawang Merah. Kemudian, basuhkan ke rambut dan biarkan selama kurang lebih 1 jam. Setelah itu,  bilas menggunakan Air Bersih dan Shampo hingga bersih.

  • Jus Bawang Merah Dan Madu

Campurkan bawang dengan madu dan kemudian lulurkan di kulit kepala kalian. Gunakan ramuan ini 2 kali seminggu untuk menanggulangi masalah ketombe anda

  • Minyak Teh Dengan bawang Merah

Buat campuran minyak Kelapa Dengan minyak Zaitun Lalu Gunakan Sebagai Pelembab Sebelum keramas.

  • Ramuan Ekstrak Bawang Merah Untuk Kstombe

Caranya cukup mudah, haluskan bawang Merah dan gunakan sebagai shampoo.  Jangan lupa biarkan beberapa menit dan bilas sampai bersih dengan air.

Tinggalkan komentar