5 Cara Menghilangkan Komedo yang Terbukti Ampuh dan Efektif

Komedo adalah penyumbatan pori-pori kulit sehingga timbul tonjolan kecil berwarna hitam yang disebut blackhead dan yang berwarna putih disebut whitehead di sekitar wajah. Namun terkadang komedo juga berwarna kekuningan. Biasanya komedo muncul di area hidung, sekitar mata dan wajah. Umumnya terjadi ketika masa pubertas saat kadar hormon menghasilkan sebum yang berlebih. Komedo jika dibiarkan begitu saja bisa berkembang menjadi jerawat.

Lantas bagaimana cara menghilangkan komedo tersebut? Tenang, diartikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami. Untuk lebih lengkapnya, mari simak penjelasannya berikut ini.

 

Pepaya

www.sukawera.com
sukawera.com

Buah pepaya terkenal akan manfaatnya untuk perawatan kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Salah satu manfaat pepaya adalah bisa menghilangkan komedo. Caranya adalah dengan membuat masker pepaya. Adapun langkah membuat masker pepaya adalah sebagai berikut: Siapkan satu buah pepaya dan potong menjadi beberapa bagian. Selanjutnya lembutkan potongan buah pepaya sampai membentuk seperti bubur. Kemudian oleskan secara merata di sekitar wajah yang terdapat komedo. Tunggu beberapa menit dan basuh menggunakan air bersih. Kamu dapat melakukan cara ini ketika bangun pagi ataupun menjelang tidur.

Lidah Buaya

1000macammanfaat.com
1000macammanfaat.com

Gel lidah buaya sangat bermanfaat untuk mengatasi komedo. Adapun cara penggunaannya adalah sebagai berikut: Sediakan 1 batang lidah buaya kemudian potong menjadi dua bagian. Ambil gel atau lendir lidah buaya serta oleskan pada bagian wajah yang terdapat komedo. Lakukan hal ini secara rutin 2-3 kali sehari hingga komedo kamu tak terlihat sama sekali. Kalau gel yang dihasilkan dirasa kurang, kamu juga dapat membuat lidah buaya tersebut menjadi jus.

Uap Air Panas

miracleof-physics.blogspot.com
miracleof-physics.blogspot.com

Siapa yang menyangka, bahwa uap air panas bermanfaat juga untuk menghilangkan komedo juga loh. cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut: Tambahkan sedikit garam pada rebusan air, tunggu sampai mendidih. Kemudian uapi wajah pada area yang berkomedo selama 10-15 menit. Agar lebih maksimal, tutup kepala kamu menggunakan handuk, kemudian duduk dan hadapkan wajah kamu depan air panas yang ada dalam baskom. Selain itu, cara ini juga ternyata bermanfaat untuk meredakan batuk flu dan memperlancar peredaran darah.

Jus Lemon

Jus Lemon
blog.ub.ac.id

Jus lemon ternyata bermanfaat juga untuk menghilangkan komedo. Sudah menjadi rahasia umum, jus lemon sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Adapun cara pemanfaatannya adalah sebagai berikut. Siapkan jus lemon yang kemudian dicampurkan minyak almond dan gliserin. Aduk sampai merata ketiga bahan itu menggunakan blender. Kemudian oleskan secara merata pada area wajah yang berkomedo. Diamkan selama 10 menit, kemudian basuh menggunakan air bersih.

Selain itu, cara ini juga ternyata ampuh dan efektif untuk menghilangkan noda-noda flek hitam pada wajah. Kamu juga dapat membuat scrub dengan campuran air lemon, madu, yoghurt dan air garam. Campurkan semua bahan tersebut kemudian gosokkan dengan lembut dan perlahan di area wajah yang berkomedo.

Putih Telur

http://cdn.instructables.com/
cdn.instructables.com

Putih telur juga bermanfaat untuk menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah, ambil satu buah telur. Pisahkan antara putih telur dengan kuning telur. Kemudian oleskan putih telur pada area wajah yang berkomedo secara merata. Lebih bagus lagi putih telur tersebut dicampurkan dengan satu sendok madu. Selanjutnya diamkan 25-30 menit atau sampai mengering. Kemudian bilas wajah menggunakan air hangat.

Tips Mencegah Timbulnya Komedo

Kamu sudah mengetahui cara mengatasi komedo. Nah, sekarang tinggal mengetahui tips mencegah timbulnya komedo. Percuma kan jika bisa mengobati namun dikemudian hari timbul lagi komedonya? Ingat, mencegah lebih baik dari pada mengobati. Adapun tips untuk mencegah timbulnya komedo adalah sebagai berikut.

  • Mencuci wajah dua kali sehari dengan pembersih jerawat atau pembersih minyak.
  • Jangan merokok dan hindari polusi berlebihan saat di luar rumah.
  • Guanakan lotion, pembersih wajah yang dikhususkan untuk wajah berminyak.
  • Hapus bersih make-up sebelum tidur menggunakan air hangat.
  • Kurangi asupan makanan berminyak seperti gorengan, coklat dan fast food.
  • Konsumsi makanan yang mempunyai kandungan beta-karoten.
  • Jangan pernah menyentuh atau meremas komedo karena bisa menyebabkan tersebarnya bakteri sehingga menimbulkan komedo baru.

Demikain tips dan cara menghilangkan komedo yang perlu kamu ketahui. Semoga bermanfaat ya dan bisa dipraktekkan serta hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Terima kasih.

Tinggalkan komentar