Cara Menghitung Jangka Sorong dan Menggunaknnya

CARA MENGHITUNG JANGKA SORONGĀ – Jangka sorong bisa dipakai dengan mudah untuk menghitung benda dalam jangka panjang. Jangka sorong ini merupakan salah satu alat pengukur pokok panjang. Bentuk dari jangka sorong ini hampir sama bentuknya dengan bentuk kunci inggris yang mana rahang dari alat itu bisa di geser-geser.

Ketelitian jangka sorong ini kurang lebih mencapai 0,1 mm. Cara menggunakan atau menghitung jangka sorong ini terdapat di pelajaran kelas X dan kelas XII sekolah menengah keatas (SMA).

Nah untuk teman-teman yang lagi belajar atau belum sama sekali mempelajari tentang Cara Menghitung Jangka Sorong maka lebih baik dari sekarang teman-teman semua cepat-cepat untuk mempelajarinya dan mengetahuinya, hingga ketika di sekolah nanti teman-teman semua akan menjadi murid-murid yang berprestasi.

Kebetulan pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit menjelaskan tentang bagaimana cara menghitung jangka sorong yang baik dan benar. Yuk, langsung saja kita simak ulasan yang ada dibawah ini.

Bagian-Bagian Jangka Sorong

cara menghitung jangka sorong
studiobelajar.com

Mengenai bagian-bagian alat ukur jangka sorong kalian semua dapat melihat di gabar yang telah tercantum diatas secara jelas, dan dibawah tulisan ini akan ada sedikit ulasan mengenai kegunaan-kegunaan dan fungsi-fungsi bagian jangka sorong yang memang sangat berguna sekali untuk memudahkan teman-teman semua dalam memahami dan mengenali bagian-bagian yang terdapat di jangka sorong.

Bagian Rahang Dalam

Jangka sorong rahang dalam ialah merupakan bagian yang memiliki kegunaan untuk dipakai sebagai alat pengukur diameter luar atau misalkan dari sisi luar benda misalkan seperti mengukur tebal dan lebarnya suatu benda kerja. Bagian dari bagian dalam jangka sorong ini terdiri dari rahang geser dan rahang tetap.

Bagian Rahang Luar

Bagia Luar terdiri dari Rahang geser dan Rahang tetap. Dari bagian Rahang Luar Jangka Sorong ini memiliki fungsi atau kegunaan yang tidak kalah pentingnya yaitu berguna untuk mengukur suatu diameter di bagian dalam ataupun pada sisi bagian dalam sebuah barang, contoh misalnya seperti mengukur diameter dari hasil pengeboran.

Fungsi-Fungsi Jangka Sorong

Berikut dibawah inilah fungsi-fungsi dari kegunaan jangka sorong:

  • Untuk mengukur panjangnya suatu benda atau barang dengan kejelitan 0,1mm (Rahang geser bawah dan Rahang tetap atas)
  • Rahang geser dan rahang tetap atas kegunannya adalah untuk mengukur sebuah benda yang sangat amat kecil, contoh misalkan seperti mengukur pipa, cincin dan benda-benda kecil lainnya.
  • Bagian tangkai ukur pada bagian bawah kegunaannya ialah untuk mengukur ukuran kedalaman, contoh mislakan seperti mengukur kedalaman lubang, tabung dan benda-benda lainnya.

Cara Menghitung Menggunakan Jangka Sorong

cara menghitung jangka sorong
bixcow.blogspot.co.id

Cara memakai jangka sorong ini ialah dengan merapatkan rahang atas kemudian ditempatkan pada benda yang ingin diukur atau dihitung diameternya. Taring rahang dibawah digeser hingga kedua rahang tersebut menempel dan menekan pada bagian dalamnya benda. Dan juga jangan lupa untuk memastikan bahwa dinding yang berada di bagian dalam benda tegak lurus dengan ukuran, maksud dari hal tersebut ialah benda itu jangan sampai lurung.

______________________________________________________

Demikianlah artikel yang membahas tentang bagaimana cara menghitung jangka sorong dan bagaimana cara menggunakannya dengan baik dan benar. Terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat!

Tinggalkan komentar