6 Cara Menghitung Masa Subur Wanita

CARA MENGHITUNG MASA SUBUR WANITA – Bagi kamu yang sedang mengupayakan untuk mendapat momongan, menghitung masa subur wanita sangatlah penting. Karena, sel telur dan sperma kemungkinan besar bisa bertemu pada saat masa subur wanita.

Sel telur yang sehat dan sperma yang sempurna tidak berarti apa-apa jika keduanya tidak bertemu dan pertemuan tersebut kemungkinan besar bisa terjadi saat masa subur wanita. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu yang memiliki program hamil untuk mengetahui masa subur wanita. Berikut ini beberapa cara untuk mengetahui masa subur wanita.

 

Siklus Menstruasi Teratur

menghitung masa subur
rumahku.com

Ada persepsi yang salah mengenai masa subur wanita. Salah satu persepsi tersebut adalah setiap wanita berovulasi dan puncak kesuburannya berada pada hari ke-14 dari siklus haidnya. Padahal, hal tersebut tidak bisa berlaku untuk semua wanita.

Hal tersebut hanya berlaku bagi wanita yang memiliki siklus reguler dan tidak terputus selama 28 hari. Kenyataannya, masa subur wanita terjadi pada 14 hari sebelum hari pertama menstruasi dan bukan terjadi 14 hari sejak hari pertama menstruasi.

Jadi, jika siklus menstruasi kamu teratur, kamu bisa mengestimasi sendiri masa suburnya. Caranya dengan mengurangi sebanyak 2 minggu dari siklus menstruasi kamu. Misalnya siklus menstruasi kamu 30 hari, maka kamu akan berovulasi sekitar hari ke-16.

Siklus Menstruasi Kurang Teratur

desainrumahkeren.com
desainrumahkeren.com

Tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Banyak juga wanita memiliki siklus menstruasi yang kurang teratur. Pertanyaannya adalah bagaimana menentukan masa subur wanita jika siklus menstruasinya kurang teratur.

BACA JUGA: Makanan Sehat Penuh Nutrisi yang Ada di Sekitar Kita

Cara untuk menghitung masa subur dengan siklus menstruasi kurang teratur adalah dengan mencatat siklus menstruasi selama 6 bulan sebelumnya. Kemudian dari siklus menstruasi kamu selama 6 bulan tersebut, siklus menstruasi terpendek dikurangi 18 dan siklus menstruasi terpanjang dikurangi 11.

Berikut ini contoh untuk mempermudah penghitung masa subur dengan siklus menstruasi kurang teratur.

  1. Bulan 1: Siklus menstruasi selama 26 hari (ini adalah contoh siklus terpendek)
  2. Bulan 2: Siklus menstruasi selama 29 hari
  3. Bulan 3: Siklus menstruasi selama 28 hari
  4. Bulan 4: Siklus menstruasi selama 29 hari
  5. Bulan 5: Siklus menstruasi selama 30 hari
  6. Bulan 6: Siklus menstruasi selama 31 hari (ini adalah contoh siklus terpanjang)

Dari contoh diatas dapat diambil kesimpulan bahwa siklus terpendek adalah 26 hari, sedangkan siklus terpanjang adalah 31 hari. Maka masa suburnya adalah antara
26 – 18 = hari ke 8 sampai
31 – 11 = hari ke 20.

BACA JUGA: Menstruasi Tidak Teratur, Ini Penyebab yang Perlu Kamu Tahu

Temperatur Tubuh

en.wikipedia.org
en.wikipedia.org

Cara lain untuk menghitung masa subur wanita adalah dengan mencatat Basal Body Temperature (BBT) atau temperatur tubuh wanita pada pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Suhu normal tubuh wanita saat tidak berovulasi adalah 35-37 derajat celcius.

Sedangkan, suhu tubuh wanita yang berovulasi akan meningkat setengah derajat hingga sesaat sebelum menstruasi. Sayangnya, cara ini hanya untuk siklus menstruasi teratur saja dan cara penghitungan seperti ini bukanlah cara terbaik dalam menghitung masa subur.

Menggunakan Monitor Kesuburan

www.anirama.com
anirama.com

Cara yang paling mudah bagi kamu yang siklus menstruasinya kurang teratur adalah dengan menggunakan alat pengecekan kesuburan. Coba kamu tanyakan hal ini kepada dokter kandungan. Biasanya, alat tersebut bisa digunakan untuk menghitung masa subur wanita melalui air urin dengan mengukur hormon lutein, yang keluar sesaat sebelum masa subur wanita.

Cek Lendir Serviks

Cara Menghitung Masa Subur Wanita
pondokibu.com

Cara menghitung masa subur wanita selanjutnya adalah dengan melihat cairan lendir di jalan lahir bayi. Wanita memiliki sebuah cairan yang bisa membantu melihat siklus masa subur. Cairan tersebut adalah lendir serviks.

Cairan lendir serviks akan terlihat kering atau kental dan lengket setelah beberapa hari masa menstruasi berhenti. Setelah beberapa hari kemudian, cairan lendir serviks ini akan bertambah basah. Pada saat cairan lendir serviks ini terlihat licin dan elastis, mirip dengan putih telur mentah, maka pada saat itulah masa subur wanita.

Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Kalkulator Kesuburan

kalkulatorgrosir.com
kalkulatorgrosir.com

Cara cepat untuk menghitung masa subur wanita adalah dengan menggunakan kalkulator masa subur. Kalkulator ini menggunakan siklus menstruasi sebagai data penghitungannya. Kamu bisa mencarinya di internet. Karena sudah banyak yang menyediakan kalkulator ini.

Tinggalkan komentar