Cara Menghitung Persen pada Keuntungan dan Diskon Harga

CARA MENGHITUNG PERSEN – Persen merupakan asal kata dari presentase, yang artinya yaitu jumlah per seratus dari suatu penjumlahan. Banyak orang yang belum bisa atau lupa dengan cara menghitung persen. Jika kita ingat-ingat masa sekolah, hal ini pasti sudah pernah diajari oleh Bapak Ibu guru di sekolahan.

Pada pelajaran matematika, tentunya ada pembahasan tentang cara menghitung persen. Persen atau presntase di tandai dengan simbol (%). Simbol ini merupakan simbol yang sudah menjadi standar internasional. Artinya semua negara memakai simbol yang sama dalam presen atau presentase.

Presentase dengan merupakan hal yang sangat membantu dalam perhitungan, seperti perhitungan jumlah uang, barang, dan lainnya. Termasuk dalam diskon, sering kali kita melihat dan mendengar bahwa diskon sangat berkaitan erat dengan persen. Namun, dalam penjumlahan persen, rumus yang dipakai tidak semuanya sama. Untuk lebih jelasnya, mari kita bahas lebih jauh lagi.

Cara Menghitung Persen

Cara menghitung persen
Sumber: goukm.id

Persen (%) bisa saja disebut dengan perseratus. Pada artikel ini akan membahas rumus menghitung persentase keuntungan dan rumus menghitung persentase pada diskon.

Pada kehidupan sehari-hari, rumus menghitung persentase ternyata perlu kita hafal dan pahami. Kenapa? Karena kerap kali kita akan membutuhkannya. Seperti dalam menghitung keuntungan, dan yang lebih sering kita jumpai adalah jumlah persen dalam diskon suatu produk.

Terkadang dalam mencari suatu produk, yang paling pertama kita cari adalah mencari diskonnya terlebih dahulu. Namun, diskon kebanyakan menyebutkan nilai persennya saja, bukan menyebut nilai uangnya.

Nah, untuk memecahkan masalah-masalah di atas, pada artikel ini akan kita bahas satu persatu. Mulai dari cara menghitung persen keuntungan dan persen dalam diskon.

1. Cara Menghitung Persen pada Keuntungan

Tujuan di buatnya suatu persentase keuntungan yaitu untuk mempermudah mengetahui keuntungan dalam usaha. Hal ini tentu merupakan suatu hal yang penting dan perlu di lakukan apabila kita seorang pengusaha. Agar administrasi keuangan tetap terkontrol.

Rumus Persentase Keuntungan 

Persentase (%) = Keuntungan : harga pembelian x 100%

Rumus Mengetahui Keuntungan

Keuntungan = Harga penjualan – Harga pembelian.

Contoh Soal: 

Pak budi membeli 1 kg beras dengan harga Rp 8.000 dan setelah itu pak Budi menjualnya dengan harga Rp 10.000, berapakah peresentase keuntungan yang di dapat oleh Pak Budi?

Jawab:

Harga beli: Rp 8.000
Harga jual:Rp 10.000

Keuntungan = Rp 10.000 – Rp 8.000
= Rp 2.000

Persentase = 2.000 : 8.000 x 100%
= 0.25 x 100%
= 25%

2. Cara Mengitung Persen pada Diskon

Tujuan menghitung persen diskon adalah untuk mempermudah anda dalam menghitung berapa besar potongan dalam bentuk uang dari diskon yang ditawarkan.

Rumus Menghitung Diskon

Harga produk x Diskon

Contoh Soal:

Pak budi akan membeli baju seharga Rp 100.000, karena sedang ada promo, Pak Budi mendapat diskon 15%. Jadi pak budi mendapat potongan harga berapa rupiah?

Jawab: 

Diskon = Rp 100.000 x 15 : 100
= Rp 15.000

Demikian informasi pada artikel ini tentang cara menghitung persen pada keuntungan dan diskon harga. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar