Inilah 6 Cara Ampuh Mengusir Tikus

Siapa yang tidak mengenal tikus, hampir di setiap rumah ada binatang pengerat yang satu ini. Kesal rasanya jika mereka mencari makanan serta membuat kerusakan terhadap rumah kita. Nah, biasanya pemilik rumah akan melakukan tindakan apabila ada kerusakann yang disebabkan oleh si tikus. Sama halnya denga nyamuk, tikus juga dapat membawa penyakit yang buruk terhadap kesehatan. Beberapa penyakit yang berbahaya pun bisa disebabkan karena tikus. Maka dari itu kamu juga harus megusirnya.

Upaya untuk memberantas tikus dapa dilakukan dengan berbagai cara yaitu dengan menggunakan alat pengusir tikus contohnya racun, lem tikus, ataupun cara alami. Tapi, kebanyakan orang tidak melakukan cara tersebut, terlebih lagi jika menggunakan racun tikus, masalah yang akan dihadapi adalah sewaktu tikus memakan racun tersebut maka tikus akan mati pada area yang sulit dijangkau sehingga dapat menimbulkan bau bangkai dan jika menggunakan lem tikus maka masalah yang dihadapi adalah kamu harus membuangnya, tentu hal ini sangatlah menjijikkan. Berikut ini ada beberapa cara membasmi tikus yang dapat kamu lakukan.

 

Menggunakan Jangkrik

http://songsofinsects.com/
http://songsofinsects.com/

Mengusir tikus bisa dengan menggunakan jangkrik, hewan ini sangat terbukti ampuh untuk mengusir tikus, tapi jangan jangkrik yang mengeluarkan suara yang nyaring, sebaiknya gunakan jangkrik dengan suara tidak nyaring atau jangkrik aduan. Suara yang dikeluarkan oleh jangkrik akan menganggung pendengaran tikus, karena tikus tidak menyukai area-area yang ramai dan kebisingan. Tarulah jangkrik di area yang dilalui atau ditangi oleh tikus.

Daun Mint

http://www.wallpaperup.com/
http://www.wallpaperup.com/

Daun mint tidak hanya memiliki segudang manfaat untuk kesehatan tubuh saja, daun mint juga dapat dijadikan salah satu tanaman pengusir tikus, karena tikus tidak menyukai aroma daun mint. Kamu bisa membeli 1 atau 2 ikat daun mint, setelah itu ambillah sarinya lalu campurkan ke dalam air. Apabila sudah tercampur, semprotkan larutan tersebut ke area yang sering didatangi ataupun dilalui tikus. Sehingga tikus akan menghindari tempat yang sudah disemprotkan campuran mint tersebut. Jika kamu ingin hemat, kamu juga bisa menanam pohon mint disekitar rumah.

Kapur Barus

maya-ethnobotanicals.com
maya-ethnobotanicals.com

Tikus sangat tidak suka dengan bau-bauan yang sangat menyengat semisal kapur barus. Dari hal itu kita bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus tersebut dengan cara menggunakan kapur barus. Caranya juga mudah, kamu dapat menaruh kapus barus di tempat yang sering dilewati atau didatangi tikus. Dengan begitu tikus akan merasa terganggu dan merasa terganggu serta akan segera pindah.

Soda Pop

baking soda
www.the-open-mind.com

Sebuah studi meyatakan bahwa tikus tidak bisa bersendawa atau mengeluarkan sejumlah gas yang ada di dalam tubuhnya. Maka dari itulah bubuk atau cairan baking soda dapat kamu manfaatkan sebagai pengusir tikus. Caranya juga sangat mudah, taruh saja ata mencapurkan baking soda ke makanan yang disukai oleh tikus. Coba kamu bayangkan, jika makanan yang telah diberi baking soda dimakan oleh tikus, serta tidak dapat mengeluarkan sejumlah gas yang berasa dari reaksi cairan soda dan asam, maka perutnya akan kembung.

Kulit Durian

http://www.fitfoodhouse.net/
http://www.fitfoodhouse.net/

Buah durian sangat digemari oleh sebagian orang, karena rasanya yang lezat dan manis terasa dimulut, dan buah ini juga dapat diguakan untuk mengusir tikus. Bagian yang dapat kamu gunakan untuk membasmi tikus adalah pada bagian kulitnya. Caranya sangat mudah, potong kulit buah durian dan taruhlah di daerah yang sering dilalui oleh tikus. Duri yang tajam dan aroma yang menyengat akan mengusir tikus.

Saus Cabai, Air dan Deterjen

http://www.jenriks.de/
http://www.jenriks.de/

Cara membasmi tikus selanjutnya adalah kamu dapat mencampurkan saus cabai yang paling pedas dengan deterjen, dan larutkan ke dalam air. Masukkan hasil campuran tersebut ke dalam botol spray. Cairan tersebut juga harus siap di tangan kamu, ketika tikus muncul maka kamu harus segera semprotkan dengan cairan tersebut. Namun, kamu juga berhati-hati dala memakai dan menyimpannya cairan tersebut juga sangat berbahaya terlebih jika mengenai mata kamu.

Satu pemikiran pada “Inilah 6 Cara Ampuh Mengusir Tikus”

Tinggalkan komentar