Cara Menjaga Mata Tetap Sehat di Depan Layar Monitor

Komputer, adalah alat yang tidak pernah lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Dari pekerjaan, sampai yang sekedar untuk hiburan juga menggunakan komputer. Berjam-jam kita menatap monitor untuk segera menyelesaikan deadline kita, atau hanya sekadar berusaha menaikkan level karakter game RPG kita.

Kegiatan tersebut membuat kita terus terpapar pada cahaya monitor, yang jika berlebihan bisa mengakbiatkan kerusakan mata. Bisa kok kita menjaga agar mata kita tetap sehat, meski sering menatap layar komputer atau laptop. Terus, bagaimana cara kita merawatnya?

Rutin melatih mata

melatih mata
pixabay.com

Tanpa sadar kita terus menerus menatap layar monitor yang terang benderang, lupa akan berapa lama waktu yang kita gunakan. Mata pun jadi terpaku pada jarak pandang yang sama dalam waktu yang lama, yang menurut para ahli kesehatan mata bisa mengakibatkan masalah fokus melihat jauh dan dekat. Lakukanlah latihan mata, dengan merenggangkan dan mengedip-ngedipkan mata setiap 20 menit.

Beri dan jaga jarak pandang antara mata dengan layar monitor

jaga jarak
funnyjunk.com

Jangan terlalu serius, sampai lupa kalau kamu ternyata 5 cm dekat monitor. Semakin dekat, semakin tinggi kemungkinan rusaknya mata. Atur jarak antara matamu dengan monitor, sekitar 50-100 cm, dan jagalah jarak itu. Lagipula kamu juga bakal dianggap freak ketika melihat monitor dekat-dekat.

Gunakan kaca mata khusus dari dokter

kacamata khusus
pixabay.com

Menatap monitor dalam waktu yang lama pasti membuat mata kita akan capek dan tidak nyaman. Periksalah ke dokter, dan mintalah kacamata khusus untuk melihat komputer (PC glasses) untuk menjaga mata tetap nyaman walaupun berjam-jam menatap komputer.

Kurangi cahaya layar monitor

kecerahan monitor
pixabay.com

Salah satu faktor yang dapat menyebabkan kerusakan pada mata adalah tingkat kecerahan cahaya monitor. Monitor yang terlalu terang juga bisa membuat mata cepat lelah. Atur monitormu agar tidak terlalu cerah. Kondisikan dengan kemampuan matamu menanggapi cahaya.

Perhatikan keadaan ruangan

keadaan ruangan
decoria.xyz

Tak hanya monitor, kita harus perhatikan lingkungan di sekitar kita. Lingkungan dengan penerangan yang minim membuat mata tegang dan cepat lelah. Aturlah pencahayaan ruangan, agar sesuai dengan jumlah cahaya komputer.

Istirahat dengan rutin

istirahat sejenak
pixabay.com

Ingat: kita harus tahu diri. Jangan habiskan waktu terlalu lama di depan komputer. Selain mata cepat lelah dan sakit, badan agan menjadi pegal dan letih. Alihkan pandangan ke arah yang berbeda, atau tempat yang lebih jauh setiap 5 menit. Atur juga waktu untuk istirahat sejenak, away from keyboard(AFK). Keluarlah dari ruangan sejenak, ambil udara yang segar dan nikmati pemandangan di sekitar kita.

Makan makanan yang menyehatkan mata

sayuran sehat
pixabay.com

Jenis makanan juga mempengaruhi, lho. Banyak makanan yang mengandung zat-zat yang dapat menyehatkan dan menguatkan mata, seperti sayuran-sayuran hijau yang mengandung zat besi, dan Beta Karoten serta vitamin A pada wortel.

Rajin-rajin bersihkan mata

mata
pixabay.com

Selama perjalanan kita ke kantor atau ke rumah kita dihadapkan dengan lingkungan yang penuh dengan udara kotor. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan mata kita iritasi dan gatal-gatal. Eh, jangan dikucek dulu.

Bersihkan dengan cara yang benar, dengan air yang mengalir atau tetes mata seperlunya saja. Untuk air tetes mata, jangan banyak-banyak, ya!

Dari pembahasan tadi, semoga kita bisa merawat mata kita agar tetap sehat walaupun terpapar layar monitor komputer berjam-jam. Mungkin pekerjaan kita banyak, atau kita sangat suka dengan film atau game yang butuh berjam-jam untuk menikmatinya. Tapi kita jangan sampai lupa dengan aset kita yang paling bernilai ini – mata.

Jadi, sudah siapkah kamu untuk merawat mata agar tetap sehat sepanjang waktu?

Tinggalkan komentar