Cara Menyelesaikan Rubik Untuk Pemula Lengkap!

Cara Menyelesaikan Rubik – rubik adalah sebuah permainan teka-teki mekanik yang menggunakan kubus berukuran 3×3, 2×2, ataupun 4×4. Tetapi pada umumnya orang lebih banyak memainkan rubik 3×3 karena lebih mudah dan umum digunakan.

cara menyelesaikan rubik
wikipedia.org

Maka dari itu kali ini kita akan membahas cara menyelesaikan rubik 3×3 untuk para pemula yang baru belajar. Sebelum masuk ke dalam pembahasan, kamu harus tahu rumus algoritma rubik. Berikut ini adalah algoritma rubik :

U : Bagian atas diputar searah jarum jam
R : Bagian kanan diputar searah jarum jam
L : Bagian kiri diputar searah jarum jam
F : Bagian depan diputar searah jarum jam

Dan apabila ada tanda aksen (‘) maka diputar ke arah sebaliknya. Misalkan, R’ maka kamu harus memutarnya berlawanan dengan arah jarum jam. Nah, kita langsung saja masuk ke dalam pembahasan.

Cara Menyelesaikan Rubik Tahap Pertama

cross rubik
dosengalak.blogspot.co.id

Asumsikan kamu sudah menghafalkan semua gerakan tersebut, maka cara untuk menyelesaikan rubik 3×3 yang pertama kali kamu harus lakukan adalah membuat sebuah cross putih dan center berwarna kuning. Kemudian, samakan semua warna yang ada pada sisi kakinya. Jika kaki ribuk berwarna hijau, maka samakan warna dari sisi hijau itu dengan center yang warnanya merah. Lalu, putar sebanyak 2 kali untuk menuju center yang warnanya putih.

Tahap Kedua

Setelah kamu berhasil membentuk cross putih, maka cara kedua menyelesaikan rubik 3×3 adalah menyelesaikan layer pertama rubik-mu. Posisikan cross putih di bagian bawah dan temukan empat sudut yang memiliki warna putih. Kamu bisa menggunakan rumus F’ U’ F, R U R’, (R U’ R’) U2 (R U R’), dan R U R’ U’ R U R’ untuk menyelesaikan tahap ini.

Setelah layer pertama sudah terbentuk, kamu harus menyelesaikan layer kedua rubik-mu untuk menyelesaikan rubik 3×3 ini. Rumus yang bisa kamu gunakan untuk menyelesaikan layer ke dua adalah U R U’ R’ U’ F’ U F atau U’ L’ U L U F U’ F’.

Tahap Ketiga

Langkah yang ketiga adalah dengan membuat cross pada bilah sisi atas rubik. Kamu dapat menggunakan rumus (F R U) (R’ U’ F’) untuk bentuk dua edge yang berseberangan. Dan untuk bentuk dua edge yang bersebelahan, maka pakailah rumus (F U R) (U’ R’ F’). Ingat, jangan salah dalam menggunakan rumus ini agar rubik kamu bisa selesai, karena kalau salah kamu harus mengulangnya dari awal.

Tahap Keempat

Kemudian, Kamu harus mengubah posisi corner di layer atas dengan menggunakan rumus R U R’ U R U2 R’. Apabila corner belum juga berubah posisi di atas, kamu dapat mengulang rumus tersebut kembail. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena berpengaruh dalam tahap terakhir.

Tahap Kelima

Langkah selanjutnya adalah merubah posisi corner pada layer ketiga agar semua sama dengan warna akhir pada rubik. Jika Anda menemukan warna yang sama, gunakanlah rumus (R U’ R) D2 (R’U R) D2 R2. Apabila Kamu sudah melakukan langkah ini, sejatinya hasil rubik yang baik sudah terlihat. Sekarang kamu tinggal mengikuti langkah terakhir untuk menyelesaikan rubik ini saja.

Tahap Terakhir

rubik final
www.larre.com

Langkah terakhir untuk menyelesaikan rubik 3×3 adalah dengan merampungkan tiga atau empat edge yang masih berbeda warna. Perhatikan semua edge tersebut, apabila warna edge searah dengan jarum jam, maka gunakanlah rumus F2 U L R’ F2 L’ R U F2. Akan tetapi jika kondisinya berlawanan dengan arah jarum jam, maka rumus yang kamu harus gunakan adalah F2 U’ L R’ F2 L’ R U’ F2. Jika yang tersisa adalah empat edge, ulangi algoritma tersebut sekali lagi sehingga cara menyelesaikan rubik 3×3 ini selesai dengan sempurna.

Itu dia cara menyelesaikan rubik 3×3 untuk pemula. Mudah bukan? Kamu tidak perlu melewati tahap layer 1 tanpa rumus, dengan cara ini kamu bisa menyelesaikannya dengan lebih mudah. Walaupun tidak lebih cepat.

Semoga ilmu ini bisa berguna dan kamu dapat menyelesaikan rubik mu.

Tinggalkan komentar