Ingin Berternak Kambing? Ini Dia Tips Mudah Merawat Kambing yang Perlu Kamu Pahami

Sebenarnya bukanlah hal yang sulit untuk merawat hewan kambing, baik Jenis kambing Etawa, kambing Kacang atau kambing lainya karena hampir semua perawatannya sama. Sebelum kita memelihara kambing ada baiknya kamu mengetahui cara merawat kambing terlebih dahulu. Berikut cara merawat kambing yang perlu untuk kamu simak baik-baik:

budidayaperawatan.blogspot.com
  1. Ketika kamu baru membeli kambing maka kamu perlu mengkarantina kambing agar jika terjangkit penyakit maka tidak menular kedalam peliharaan yang lain.
  2. Kamu perlu memandikan kambing dan memberikan suntikan Antibiotik, Vitamin serta obatan-obatan lainya.
  3. Kmau perlu untuk memperhatikan ukuran kandang kambing meskipun sebetulnya ukuran kandang kambing biasanya tidak memiliki ukuran yang baku, pastikan tidak terlalu sempit untuk para kambing peliharaan kamu.
  4. Selain memperhatikan ukuran kandang kambing, kamu juga harus memperhatikan Kelembaban serta jangan sampai lantainya basah karna bisa menyebabkan kambing Masuk Anggin atau gampang terserang  penyakit lainya.
  5. Untuk merawat kambing, sebaiknya kamu memisahkan antara Kambing Jantan dan Betina, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
  6. Perawatan saat Melahirkan, pastikan kamu memisahkan kambing setelah melahirkan agar mendapat perawatan khusus jadi anak kambing tidak terinjak injak kambing dewasa lainnya.
  7. Agar tidak terjadi perkawinan dini maka kamu perlu memisahkan anak kambing yang berjenis kelamit jantan. Karena  perkawinan dini dapat menyebabkan bayi kambing cacat atau terlahir tidak sempurna. Jadi kamu perlu memperhatikan masa sapih.
  8. Cara merawat kambing berikutnya adalah tentang pemberian Pakan, setiap hari kamu perlu memberi makan kambing kambing kamu sebanayk 3 kali sehingga kambing kambing kamu tidak kelaparan sehingga dapat tumbuh dengan baik.
  9. Selain pemberian makan kamu juga perlu memperhatikan soal pemberian minum, kamu perlu memberi minum secara terus menurus dengan meletakkan bak air di dalam kandang, agar kambing tidak sampai  dehidrasi atau kehausan.
  1. Kamu perlu juga menyuntikan vitamin kepada kambing peliharaan secara teratur sehingga dapat membantu perkembangan.
  1. dan yang terakhir kamu harus memeriksa kesehatan kambingnya setiap Pagi hari dengan teliti.

Semoga artikel tentang cara merawat kambing ini dapat menambah wawasan kamu.

Baca Juga Panduan lengkap cara ternak kambing Etawa

Tinggalkan komentar