Cara Merawat Luka Bakar Agar Tidak Meninggalkan Bekas

Pernah merasakan luka bakar? Perih memang rasanya dan sangat menyakitkan, apalagi ketika luka bakar itu meninggalkan bekas pada kulit kita. Biasanya luka bakar terjadi karena beberapa faktor, diantaranya ketika memasak tanpa sengaja kamu menyentuh katel yang sedang panas, terkena percikan minyak goreng, atau yang sering terjadi juga tanpa sengaja kaki kamu terkena knalpot yang sedang menyala. Jika hal-hal yang demikian itu terjadi, ada baiknya kamu segera mengobatinya dengan segera agar luka bakar yang kamu alami itu tidak terlalu parah.

Lantas bagaimana cara agar saat mengobati dan merawat luka bakar itu tidak meninggalkan bekas? Nah, di bawah ini ada beberapa caranya. Yuk, kita simak.

 

Gunakan Lidah Buaya

1000macammanfaat.com

Mungkin selama ini lidah buaya terkenal akan khasiatnya sebagai salah satu bahan yang bisa mempercantik rambut, namun ternyata lidah buaya juga menjadi salah satu obat mujarab untuk bisa merawat kulit yang terkena luka bakar. Lidah buaya dapat meregenarisakan kulit dengan cepat serta mampu mengurangi radang pada kulit.

Kamu bisa menggunakan lidah buaya dengan cara mengoleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar, awalnya lidah buaya dipotong kemudian ambilah lendirnya. Nah, lendir lidah buaya itu bisa kamu oleskan pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Namun kamu harus hati-hati juga, jangan sampai getah lidah buaya itu terkena pada kulitmu karena bisa mengakibatkan gatal-gatal. Lakukan cara ini dengan teratur agar mendapatkan hasil yang maksimal dan bekas luka bakarmu pada kulit bisa segera sembuh.

Obati dengan Kentang Mentah

potatoes.com

Kentang sering digunakan untuk perawatan kecantikan kulit wajah sebagai masker untuk memutihkan kulit. Memang secara alami, ketang mengandung sifat anti inflamasi dan mampu mendinginkan kulit. Oleh karena itu, kentang juga sangat baik untuk merawat luka bakar karena secara alami mempunyai sifat mendinginkan. Cara menggunakan kentang mentah yaitu dengan cara mengirisnya kemudian tempelkan di bagian kulit yang terkena luka bakar sembari ditekan-tekan agar cepat sembuh.

Kompres Menggunakan Teh Celup

solopos.com

Selain digunakan untuk minum, teh celup juga ternyata mempunyai manfaat untuk menyembuhkan luka bakar, karena pada teh celup mengandung zat tannin. Cara menggunakan teh celup ini cukup mudah, yaitu dengan cara mengkompreskan bungkus hasil seduhan yang sebelumnya sudah didinginkan ke bagian kulit yang terkena luka bakar.

Mengalirkan Air ke Bagian Kulit yang Terkena Luka Bakar

mazmuiz.blogspot.com

Mengalirkan atau membasuh bagian kulit yang terkena luka bakar dengan menggunakan air atau air es itu jauh lebih baik dari pada menggunakan pasta gigi. Kebanyakan di masayarakat memang seringnya menggunakan pasta gigi ketimbang menggunakan air. Namun sebenarnya hal itu kurang baik, justru odol akan mengakibatkan luka bakar semakin melepuh karena pori-pori kulit tersumbat serta menghalangi uap yang akan keluar.

Mengoleskan Minyak Zaitun

herbaneka.com
herbaneka.com

Jika kamu mempunyai minyak zaitun, maka oleskanlah minyak itu pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Sebab minyak zaitun dapat menyembuhkan luka bakar dan menghilangkan noda hitam akibat bekas luka bakar.

Menggunakan Madu

tanjungherbal.com

Madu dikenal kaya akan manfaat bisa menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya penyakit kulit. Nah, ternyata madu juga bisa merawat dan menghilangkan bekas luka bakar pada kulit, caranya dengan mengoleskan madu pada bagian kulit yang terkena luka bakar. Setelah dioleskan, lalu diamkan selama 30 menit. Terakhir bilaslah dengan air hangat. Lakukan cara ini secara rutin agar bisa segera sembuh.

Tinggalkan komentar