Inilah Cara Merawat Rambut Smoothing yang Perlu Kamu Ketahui

Rambut smoothing merupakan rambut yang awalnya tidak lurus atau keriting kemudian dirawat agar menjadi lurus dan indah dengan teknik perawatan smoothing. Adapun teknik smoothing adalah meluruskan rambut hanya dengan menggunakan jari serta tidak memakai catok seperti teknik rebonding. Mempunyai rambut yang lurus, hitam dan berkilau pastilah idaman setiap wanita. Mereka tentu akan melakukan cara apapun untuk memperoleh rambut yang indah. Akan tetapi, terkadang ada juga yang keliru dan salah dalam melakukan perawatan rambut. Sehingga bisa dipastikan hasilnya pun tidak maksimal.

Nah, dibawah ini kamu bisa melakukan teknik perawatan rambutmu sendiri dirumah dan tanpa mengeluarkan uang banyak. Yap, teknik ini adalah teknik smoothing. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

 

Jangan Keramas Setelah Smoothing

businessinsider.com
businessinsider.com

Jangan keramas setelah melakukan perawatan rambut degan teknik smoothing. Selama kurang lebih 4 hari biarkan rambut agar tidak terkena air. Hal ini bertujuan supaya rambut tersebut mengembang serta menghilangkan efek obat yang digunakan.

Gunakan Masker Rambut

sukawera.com
sukawera.com

Setelah mendiamkan rambut beberapa hari. Tahap selanjutnya kamu bisa keramas menggunakan shampo khusus rambut lurus. Hal ini bertujuan agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Jika sudah keramas, rambut bisa dikeringkan menggunakan handuk. Masker rambut dioleskan dari batang sampai ujung rambut. Usahakan rambut diolesi masker minimal seminggu sekali supaya rambut mendapatkan nutrisi yang cukup. Oleskan masker pada rambut secara merata. Kemudian tunggu sekitar 7-11 menit baru bilas menggunakan air bersih.

Gunakan Handuk untuk Mengeringkan Rambut

http://vacationequipmentrentals.com/
vacationequipmentrentals.com

Baiknya jangan lansung memakai hair driyer jika sudah memakai masker rambut. Cukup gunakan handuk untuk mengeringkan rambut. Tekan perlahan rambut supaya airnya bisa meresap kedalam handuk.

Melakukan Trim Pada Rambut

hatree.com
hatree.com

Potong bagian rambut yang terlihat bercabang dan memiliki permukaan yang kasar. kamu dapat melakukan hal ini minimal sebulan sekali atau sesuai kebutuhan, karena jika memang tidak ada rambut yang kasar dan bercabang maka kamu tidak perlu memotongnya.

Jangan Gunakan Sisir yang Rapat

www.aliexpress.com
aliexpress.com

Sisir yang rapat dapat membuat rambut kamu rontok, jadi untuk sementara waktu gunakan sisir yang tidak begitu rapat. Kamu juga dapat mencoba menggunakan sisir yang terbuat dari bahan kayu supaya terhindari dari dampak listrik statis yang umumnya terjadi bila menggunakan sisir plastik.

Jangan Terlalu Sering Memakai Catokan

fauzanwijayanti.wordpress.com
fauzanwijayanti.wordpress.com

Karena disini kita sedang membahas teknik smoothing, usahakan kamu jangan memakai catokan terlebih dahulu layaknya ketika melakukan teknik rebonding. Sebenarnya pencatokan rambut hanya membuat rambut menjadi rusak dan kering. Namun jika kamu masih ingin melakukan catokan, sebaiknya kamu menggunakan pelembab rambut.

Jangan Mengikat atau Menguncir Rambut

.rambutsehatcantik.com
.rambutsehatcantik.com

Mengikat atau menguncir rambut akan membuat rambut menjadi kurang lurus. Rambut yang kamu ikat akan meninggalkan bekas ikatan yang bergelombang. Tentu saja hal itu akan merugikan kamu ketika melakukan teknik smoothing.

Lakukan Creambath atau Spa Rambut

youtube.com
youtube.com

Halnya seperti tubuh, rambut juga memerlukan vitamin dan nutrisi. Creambath atau spa rambut bisa memberikan kedua zat yang dibutuhkan oleh rambut tersebut. Sehingga rambut kamu akan semakin sehat. Lakukan kegiatan ini minimal dua kali dalam satu bulan.

Jangan Gunakan Cat Rambut

pinterest.com

Cat rambut memiliki kandungan zat kimia yang tidak baik untuk rambut smoothing. Kalaupun kamu ingin melakukannya, tunggulah sampai 3 bulan ketika rambut kamu mulai normal kembali.

Gunakan Sarung Bantal Berbahan Satin

diasycraft.com
diasycraft.com

Sarung bantal yang terbuat dari bahan satin bisa mengurangi efek rambut kusut. Gunakan sarung bantal dari bahan satin saat kamu tidur. Sehingga pada saat bangun tidur rambut kamu tidak kusut dan masih terlihat rapi.

Demikian tips dan trik bagaimana cara merawat rambut smoothing yang tentunya bisa kamu pelajari. Jagalah kesehatan serta keindahan rambutmu karena rambut adalah aset yang sangat berharga.

Tinggalkan komentar