Cek Dulu deh, Apa Cara Merawat Rambut yang Kamu Lakuin Selama ini Udah Benar

Mungkin selama ini kamu udah merasa perawatan rambut yang kamu lakukan itu benar. Tapi apa iya? Kalau memang hasilnya rambut kamu bagus, tidak ketombean, tidak kering dan rusak, ya kamu boleh yakin kalau cara yang sudah kamu lakukan ini benar. Tapi kalau sebaliknya yang terjadi, berarti ada yang salah dalam cara merawat rambut yang kamu lakukan selama ini.

So, biar tidak menduga-duga lagi, cek aja deh cara yang benar dan salah dalam merawat rambut berikut ini.

 

Jaga Kesehatan

kuherbal.com
kuherbal.com

Betul, pembahasan kali ini soal rambut. Tapi menjaga kesehatan diri itu bagian dari cara untuk membuat rambut jadi sehat. Sebab pertumbuhan dan kesehatan rambut itu dipengaruhi oleh kesehatan fisik kita. Kalau kondisi fisik kita baik, tidak stres, makan makanan bergizi, asupan protein dan zat besi tercukupi, maka rambut pun bisa tumbuh dengan sehat. Sebaliknya, kalau kondisi sedang tidak fit dan mungkin lagi stres, rambutmu itu bakal ikutan tidak sehat dan mungkin banyak yang rontok. Perhatikan deh.

 Salah Kalau Saat Berenang Kamu Tak Lindungi Rambutmu

youtube.com
youtube.com

Buat kamu yang hobi berenang, keliru kalau sampai membiarkan rambutmu tanpa perlindungan saat hendak berenang. Baik berenang di kolam renang atau pun di pantai, wajib untuk memberikan perlindungan bagi rambut. Sebab kalau tidak, air garam dan kaporit dapat merusak rambutmu, sehingga menjadikan rambut kering dan akhirnya bercabang. Cara melindungi rambutmu sebelum berenang adalah dengan memakai kondisioner rambut. Selain itu gunakan penutup kepala.

Lindungi Rambut dari Sinar Ultraviolet

tren.yukbisnis.com
tren.yukbisnis.com

Sinar matahari yang terkena rambut itu buruk efeknya. Rambut kamu bisa rusak, kering dan mungkin menjadi berwarna kemerahan. Agar itu tak sampai terjadi, kamu bisa gunakan kondisioner dan shampoo yang punya fungsi melembabkan rambut. Selain itu, bagi muslimah, bisa kenakan hijab kemanapun hendak pergi. Biar sinar matahari itu tidak “semena-mena” pada rambut kamu.

Hindari Membuat Gaya Rambut Ekor Kuda

youtube.com
youtube.com

Memang lucu sih saat rambut dibentuk gaya ekor kuda. Tapi kalau keseringan bisa-bisa rambutmu mudah rontok. Karena rambut selalu ditarik dari kulit kepala. Tapi bukan berarti kamu tak boleh mengikat rambut loh. Yang penting ikatan rambutnya tidak terlalu kencang. Ikat longgar saja, jangan kencang-kencang.

Rawat Kulit Kepala

1000macammanfaat.com
1000macammanfaat.com

Ini penting banget. Sebab bagaimanapun rambut yang sehat berawal dari kulit kepala yang sehat. Caranya, kamu bisa pakai lidah buaya untuk membuat kulit kepalamu jadi sehat.

Jangan Keramas Tiap Hari

Melembabkan Rambut
brands-list.com

Mencuci rambut terlalu sering tidak bagus. Karena bisa menyebabkan rambut kamu jadi kering. Oleh karena itu sebaiknya kamu hindari untuk melakukan keramas tiap hari. Kecuali memang rambut kamu tipe yang yang sangat berminyak, baru boleh kamu lakukan keramas tiap hari.

Potong Rambut yang Bercabang

tympanistaco.com
tympanistaco.com

Periksa apakah kamu punya rambut bercabang. Bisa minta tolong temanmu untuk melakukannya. Kalau ada, jangan ragu untuk memotongnya. Tidak perlu panjang-panjang, cukup setengah inci saja sudah memadai. Yang penting rambut bercabang itu berhasil dipangkas. Sebab jika tidak, dikhawatirkan kerusakan rambut itu bisa bertambah parah dan menjalar ke rambut lainnya.

Sisir Rambut Pelan-pelan

tipskesehatantradisional.blogspot.com
tipskesehatantradisional.blogspot.com

Rutinlah untuk menyisir rambut di waktu pagi dan sore hari. Selain untuk merapikan, biar kalau ada debu dan kotoran di kepala bisa kamu singkirkan. Sisir secara pelan-pelan dan perlakukan rambut secara lembut.

Gunakan Minyak Zaitun

herbaneka.com
herbaneka.com

Kalau rambutmu kering, kamu bisa pakai minyak zaitun sebagai kondisioner. Agar rambutmu jadi sehat berkilau. Boleh juga jika mau mencampur minyak zaitun dengan madu, biar hasilnya lebih optimal. Cara melakukannya, minyak zaitun kamu tuangkan di wadah kecil. Lalu oleskan pada pertengahan rambut hingga ujung rambut. Jika sudah merata, diamkan dulu selama dua jam. Baru setelah itu, boleh keramas.

Tinggalkan komentar