Tips Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Kulit manusia terdiri beberapa macam jenis dan beberapa di antaranya ada yang berminyak, berjerawat, kulit kering, kulit kombinasi, kulit sensitif dan kulit normal. Pada dasarnya setiap orang ingin memiliki kulit yang normal, karena dengan memiliki kulit normal tidak akan ribet atau bahkan memiliki banyak masalah. Berbeda dengan halnya kulit kering, kulit sensitif, kulit berminyak dan berjerawat.

Sebaiknya kenali kulit kamu, jangan sampai kamu mengalami masalah kulit akibat dari perawatan kulit yang salah. Pada artikel ini akan diulas bagaimana cara merawat kulit yang berminyak. Kulit berminyak adalah dimana kulit yang mudah mengeluarkan minyak, baru beberapa saat menggunakan make-up, tiba-tiba sudah luntur duluan dan muka pun jadi penuh dengan minyak.

Selain itu, kulit wajah berminyak akan sangat mudah kusam dan ada beberapa masalah yang sering dihadapi oleh orang yang memiliki wajah kulit berminyak yaitu hadirnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan minyak di pori-pori wajah akan menumpuk sehingga menimbulkan komedo dan jerawat. Jika sudah terjadi, masalah kulit pun akan semakin kompleks dan banyak. Bagi para wanita, tentu masalah ini sangat menjengkelkan apalagi ada jerawat di wajah. Solusinya bagaimana? Berikut, beberapa tips di bawah ini dapat kamu lakukan dirumah.

 

Masker Jeruk Nipis

http://adworks.pk/
http://adworks.pk/

Jeruk nipis salama ini dikenal hanya sebagai bahan pembuat minuman segar saja, namun dibalik itu kesegaran dan keasamannya jeruk nipis banyak memiliki manfaat yang sangat besar untuk kulit. Cara perawatan wajah berminyak secara alami menggunakan jeruk nipis sebenarnya bukan hal yang baru karena pada zaman dahulu nenek moyang atau orang terdahulu sudah menggunakan jeruk nipis sebagai bahan alami untuk kecantikan wajah dan rambut.

Jeruk nipis yang kaya akan vitamin C menjadikan jeruk dapat digunakan sebagai peremajaan kulit dan menghaluskan kulit. Tidak heran jika banyak produk kecantikan banyak dibuat dengan sari jeruk nipis. Untuk merawat wajah berminyak kamu dapat menggunakan jeruk nipis sebagai masker di wajah, cara membuatnya sangat mudah sekali.

Langkah awal kamu harus memotong jeruk nipis menjadi 2 bagian, lalu campurkan dengan menggunakan putih telur. Setelah itu oleskan pada wajah, lalu diamkan selama beberapa menit tunggu hingga mengering. Setelah itu, basuh wajah kamu menggunakan air bersih. Rasakanlah perbedaannya di wajah kamu setelah beberapa minggu menjalani perawatan ini. Wajah kamu akan lebih halus dan lebih kesat dan minyak di wajah kamu akan berkurang.

Air Mawar

http://www.wellnessindubai.com/
http://www.wellnessindubai.com/

Cara merawat wajah selanjutnya adalah menggunakan air mawar. Kamu dapat mencuci wajah dengan menggunakan rendaman air mawar setiap pagi agar wajah kamu terbebas dari minyak dan cerah setiap harinya. Kandungan astringent yang ada di air mawar juga dipercaya dapat mengurangi beberapa kandungan di wajah.

Masker Tanah Liat

www.delightedmomma.com
www.delightedmomma.com

Masker tanah liat masih menjadi tanda-tanya dari banyak pihak, bagaimana bisa tanah liat dapat dijadikan sebagai masker dan bermanfaat dalam merawat wajah berminyak. Namun, tanah liat juga dipercaya dapat menyerap kandungan minyak pada wajah sehingga bermanfaat bagi perawatan wajah yang berminyak.

Kamu dapat membuat masker tanah  dengan mudah caranya ambillah satu sendok tanah liat, lalu tambahkan dengan beberapa tetesan air lemon atau jeruk nipis. Setelah itu aduklah jeruk nipis bersama tetesan lalu buat menjadi pasta. Setelah jadi, kamu bisa oleskan pada wajah. Hindari area mata dan tunggulah selama kurang lebih 20 menit, setelah itu baru kamu bisa bilas dengan air hangat yang dapat menutup pori-pori wajah kamu.

Masker Kayu Manis Bubuk dan Madu

http://www.honeymaskforacne.com/
http://www.honeymaskforacne.com/

Masker kayu manis bubuk dan madu adalah sebuah masker kombinasi dari kayu manis dan madu. Masker ini bermanfaat untuk menghilangkan jerawat dan mengurangi kandungan minyak pada wajah kamu.

Cara membuatnya juga sangat mudah, kamu dapat memasukkan kayu manis bubuk sebanyak satu sendok teh ke dalam sebuah mangkuk kemudian tambahkan madu sebanyak dua sendok teh. Lalu oleskan pada wajah dengan menggunakan kuas dan tunggu hingga selama 15 menit. Setelah itu, baru bilas menggunakan air hangat agar lebih maksimal.

Facial

http://www.pinkandwhitenailsspa.com/
http://www.pinkandwhitenailsspa.com/

Ada cara praktis yang dapat kamu coba untuk merawat kulit berminyak yaitu dengan facial wajah. Setiap daerah telah ada klinik kecantikan yang menyediakan berbagai obat alami dan cream pendukung facial wajah sehingga akan sangat efektif untuk mengurangi kulit yang berminyak.

Makanan yang Harus di Hindari

http://kantinaneka.com.sg/
http://kantinaneka.com.sg/

Merawat wajah yang berminyak tidak hanya diperlukan perawatan dari luar, namun perawatan dari dalam juga sangat diperlukan untuk mengatasi muka yang berminyak. Ada beberapa makanan yang harus kamu hindari seperti:

  • Gorengan

Kandungan minyak di dalam gorengan akan sangat berpengaruh pada wajah, wajah yang berminyak jika memakan makanan yang digoreng akan menambah kadar minyak di wajah. Oleh sebab itu, hindarilah makanan yang digoreng.

  • Makanan Berlemak

Jika kamu suka memakan makanan berlemak, sebaiknya mulai dari sekarang hindari makanan tersebut, karena lemak akan memicu jerawat timbul lebih banyak dan merata.

Tidak hanya itu kandungan yang ada pada lemak akan semakin banyak sehingga pori-pori wajah akan tersumbat, dan akan mengalami penumpukan.

Tinggalkan komentar