3 Langkah Efektif Cara Penanggulangan Bencana Alam

Bencana alam adalah peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia maupun alam. Bencana alam tersebut berupa banjir, gempa bumi, tsunami, badai salju, letusan gunung berapi, tanah longsor, kekeringan, hurikan, hujan es, gelombang panas, badai tropis, tornado, kebakaran liar, taifun dan wabah penyakit.

Ada juga bencana alam yang terjadi secara tidak alami, seperti kelaparan, yaitu kekurangan bahan pangan dalam jumlah besar yang disebabkan oleh manusia dan alam. Contoh yang kedua adalah bencana alam yang disebabkan benda luar angkasa seperti asteroid dan badai matahari. Namun, jenis bencana alam yang diakibatkan oleh benda luar angkasa ini jarang sekali terjadi.

Agar bencana alam yang terjadi tidak menimbulkan banyak kerugian bagi manusia, perlu adanya penanggulangan terhadap bencana alam.

Penanggulangan terhadap bencana alam dapat dilakukan dengan 3 cara, yaitu pengelolaan SDA secara bijaksana, membuat sistem peringatan dini terhadap bencana alam, serta pembangunan fisik yang direncanakan dengan baik.

Pengelolaan terhadap Sumber Daya Alam harus dilakukan dengan bijaksana supaya pemanfaatannya bisa maksimal dan tidak menimbulkan kerugian di kemudian hari.

bencana alam
rinaldimunir.wordpress.com

Pengelolaan Sumber Daya Alam dapat dilakukan dengan tidak membuang sampah sembarangan, melakukan penghijauan (reboisasi), tidak melakukan penebangan pohon secara liar, penanaman hutan bakau di sepanjang pesisir pantai, dan lain sebagainya.

Langkah yang kedua yaitu membuat sistem peringatan dini. Seperti kita tahu bahwa bencana alam bisa datang kapan saja tanpa diduga sebelumnya. Untuk itu perlu adanya upaya pencegahan dan penanggulangannya, agar ketika terjadi bencana alam bisa diminimalisir dampak buruk serta kerugiannya.

Langkah ketiga untuk menanggulangi bencana alam dengan membangun infrastruktur yang baik. Misalnya, membangun tanggul yang tinggi dan kokoh, mendirikan bangunan tahan gempa, membuat tempat pembuangan sampah yang memadai dan lain sebagainya.

Demikian cara menanggulangi bancana alam yang bisa kita kita terapkan. Semoga kedepan Indonesia tercinta aman dan terhindar dari segala macam bencana alam.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar