Sehat Saat Musim Hujan

Musim Penghujan akan segera dimulai. Meskipun di bulan Oktober ini memang curah hujan belum tinggi, bahkan beberapa daerah sama sekali belum tersentuh air hujan, ada baiknya Anda sedia payung sebelum hujan. Bukan hanya payung yang itu saja, tetapi Anda juga perlu menyiapkan ‘payung-payung’ yang lain.

Hujan memang berkah dari ‘langit’, tetapi jika Anda tidak siap menghadapinya niscaya perjalanan ke kampus, sekolah, atau kantor akan tidak nyaman karena tubuh yang basah kuyup. Belum lagi ancaman genting bocor hingga virus Demam Berdarah. Agar tetap aman, nyaman, dan sehat selama musim hujan, upayakan barang-barang di bawah ini tidak luput dari bawaan sehari-hari Anda.

1. Payung

Payung merupakan kebutuhan esensial saat musim hujan. Benda ini dapat melindungi tubuh dari air hujan dan mencegah kepala pusing akibat terpaan hujan. Sebaiknya pilih payung berukuran kecil agar mudah dibawa ke mana-mana. Setidaknya, bawa selalu payung Anda selama enam bulan ke depan.

2. Sandal Karet

Bagi Anda pengendara motor atau pejalan kaki, siapkan sandal karet di dalam tas. Sandal karet dapat menjadi alas kaki alternatif jika sepatu basah terkena air hujan di jalan. Kaki bersepatu yang basah akan menyebabkan bau tak sedap pada kaki dan sepatu. Keadaan sepatu yang lembab juga mempercepat tumbuhnya bakteri dan jamur.

3. Handuk Kecil

Gunakan handuk kecil untuk mengeringkan tubuh yang basah. Selain mengganggu penampilan, tubuh yang selalu dalam keadaan basah akan menimbulkan gejala flu, batuk, dan demam.

4. Baju Cadangan

Jika hujan turun sangat deras, akan sangat mungkin baju Anda basah kuyup hingga menerawang. Untuk itu, siapkan juga baju cadangan ketika bepergian. Selain itu, Anda juga dapat menghindarkan diri dari penyakit masuk angin.

5. Kantong Plastik

Sebaiknya jangan taruh sepatu, handuk kecil, dan baju yang basah dalam tas karena tas juga akan turut basah. Taruh barang-barang basah Anda ke dalam kantong plastik.

6. Makanan Instan Bergizi

Hujan turun tak kenal waktu. Bisa jadi, hujan akan berlangsung seharian. Hal ini akan membuat Anda kesulitan mencari makan di luar. Terlebih jika Anda anak kost. Antisipasinya, siapkan persediaan makanan instan di rumah agar tidak terjadi kelaparan. Sebaiknya pilih makanan yang tahan lama, seperti mie instan, sup krim instan, nugget, sosis, dan telur.

7. Lilin dan Senter

Pemadaman listrik sering terjadi saat musim hujan karena adanya sambaran petir atau pohon tumbang yang menimpa kabel listrik. Agar tidak tidak gelap-gelapan di rumah, siapkan alat penerangan alternatif seperti lilin dan senter. Siapakn lilin yang banyak dan baterai untuk isi ulang senter.

8. Asupan Vitamin C

Saat musim hujan, banyak penyakit yang mengintai karena udara lebih lembab dari hari biasa. Genangan air di mana-mana juga semakin memicu tumbuhnya jentik-jentik nyamuk Aedes Aegepty. Jika daya tahan tubuh tidak terjaga dengan baik, Anda akan mudah terserang flu atau terjangkit virus Demam Berdarah Dengue. Untuk itu, konsumsilah vitamin C setiap harinya agar kondisi tubuh tetap fit. Konsumsi 1 butir vit C setelah sarapan dapat menjaga daya tahan tubuh Anda.

9. Jas Hujan Dua Bagian

Bagi pengendara motor, jas hujan menjadi benda wajib yang harus dibawa saat bepergian di musim hujan. Sebaiknya pilih jas hujan yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian badan dan kaki. Jas hujan macam ini akan lebih melindungi tubuh dari air hujan dan lebih aman karena kemungkinannya untuk tersangkut di roda motor lebih kecil.

Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar