3 Cara Mudah untuk Ternak Burung Lovebird yang Perlu Kamu Ketahui

Akhir – akhir ini Lovebird menjadi salah satu incaran terbesar bagi pecinta burung, karena memiliki tampilan warna menarik dan kicauan yang renyah menjadikan Lovebird primadona dikalangannya. Burung yang berasal dari benua Afrika ini biasanya hidup bersama dengan pasanganya dalam satu sangkar. Pola hidupnya yang tinggi akan social dan rentan akan stres jika dibiarkan hidup sendiri.

Bagi kalangan awam akan sulit sekali membedakan Lovebird jantan dan Lovebird betina, namun ini tidak akan menjadi masalah bagi bagi kamu yang ingin mengembang biakan burung cantik yang satu ini. Cara yang paling mudah untuk membedakan adalah :

1. Lovebird jantan memiliki ukuran kepala yang lebih kecil dari betinanya

2. Lovebird jantan memiliki tulang panggul yang lebih kecil daripada betina yang biasanya digunakan untuk bertelur

3. Pada saat bertengger biasanya pejantan akan lebih merapatkan kakinya dibandingkan betina serta bentuk tubuh lovebird jantan akan lebih runcing

4. Suara kekehan lovebird jantan lebih pendek dibandingkan betinanya

Selain menentukan indukan yang bagus seperti diatas, jika kamu ingin menjadi Breeding, kamu juga harus tahu bagaimana cara ternak burung lovebird yang diantaranya adalah:

Menyiapkan sangkar

warna-warni-lovebird.blogspot.com
warna-warni-lovebird.blogspot.com

Ukuran yang tepat adalah minimal 40 x 40 x 40. Siapkan sarang media bertelur yang terbuat dari daun kering, kain perca, atau serbuk kayu yang halus. Dan jangan lupa siapkan tempat bertengger.

Mengawinkan indukan lovebird

kicaubird.com
kicaubird.com

Usia ideal lovebird jantan saat kawin adalah 8 bulan, dan 1 tahun bagi lovebird betina. Tempatkan keduanya dalam 1 sangkar selama 10 hari. Biarkan hingga bertelur dan mengeraminya selama 25 hari.

Makanan anakan lovebird

hoby-aja.blogspot.com
hoby-aja.blogspot.com

Makanan anakan ini cukup sederhana yaitu bubur bayi yang disedu dengan air hangat, kita bisa memberinya makan dengan cara diloloh dengan bantuan suntikan yang dilepas jarum.

Demikian adalah beberapa panduan singkat jika kamu ingin menjadi peternak burung lovebird. Cara yang sangat sederhana ini dapat kamu coba dirumah, dengan sedikit kesabaran kamu akan mendapatkan hasil yang menyenangkan. Semoga berhasil.

 

Tinggalkan komentar