Cara Cepat Tidur Nyenyak Menurut Hasil Penelitian Ilmiah

Ingin tidur lebih nyenyak? Dalam buku Dreamland: Adventures in The Science of Sleep, David K. Randall, membahas berbagai hasil penelitian ilmiah tentang cara agar kita bisa tidur nyenyak.

buku belajar tidur nyenyak dreamland
amazon.com

Apa yang menyebabkan kamu terkena insomnia?

www.medicinalmarijuanaassociation.com
www.medicinalmarijuanaassociation.com

Baru-baru ini, sains akhirnya mengetahui apa yang membuat tidur malam yang baik. Tertidur, dan tetap nyenyak sepanjang malam, sebenarnya adalah sebuah pertarungan antara dua kubu.

Kubu yang pertama ada di kepala. Dari momen kamu meletakkan kepalamu di atas bantal sampai momen ketika otak mengirimkan pesan tidur pertama yang menandakan dimulainya tidur, pikiran harus menyingkirkan fokusnya pada lingkungan di sekitarnya dan berbagai masalah sehari-hari. Proses ini mengharuskan kamu untuk melepaskan kendali langsung terhadap pikiranmu.

Sementara itu pada waktu yang bersamaan, kubu kedua yakni tubuh, harus merasa cukup nyaman agar otak lupa kalau otak dan tubuh sebenarnya terhubung.

Saat 2 proses tersebut terganggu, terjadilah insomnia.

Kehigienisan tidur

techtimes.com
techtimes.com

Kasur yang empuk hanya punya dampak kecil terhadap kualitas tidur. Ada beberapa hal di dalam kamar tidurmu yang lebih menentukan nyenyak tidaknya kamu tidur malam ini. Para ahli dalam bidang tidur menyebut semua hal ini sebagai “kehigienisan tidur.”

Sebagian besar poin dari kehigienisan tidur ini sebenarnya common sense. Jelas sebaiknya kamu tidak meminum kopi di sore hari kalau itu membuatmu terjaga semalaman.

Minum alkohol sebelum waktu tidur juga tidak baik. alkohol memang bisa membuat kamu lebih cepat tidur. Tapi alkohol akan mulai mengganggu tidurmu di setengah malam terakhir. Saat tubuh mencerna minuman ini, alkohol di aliran darah membuat seseorang terbangun beberapa kali selama sesaat.

Kamu akan terus tiba-tiba terbangun sampai kadar alkohol dalam darah sudah habis. Itulah sebabnya alkohol akan mengganggu tubuhmu dari tidur yang nyenyak, dalam, dan menyegarkan.

Bantu ritme sirkadianmu! Caranya? Cari tahu kapan sebaiknya memakai lampu dan terutama kapan kamu harus menghindari cahaya yang terang

rumahku.com
rumahku.com

Cahaya yang terang ini termasuk cahaya biru putih yang dipancarkan oleh monitor komputer, televisi, dan juga gadgetmu. Semua ini bisa menipu otak. Otakmu akan menyalahartikan cahaya dari layar sebagai tanda kalau hari masih siang.

Berbaring di atas kasur sambil menonton youtube di gadget memang bisa membuat pikiran rileks. Sayangnya cahaya dari layar membuat sebagian orang jadi semakin sulit tidur.

Mandi dengan air dingin

bobvila.com
bobvila.com

Beberapa  penelitian terkini menunjukkan bahwa suhu tubuh juga berperan dalam membuat tidur lebih nyenyak.  Selain  gelombang otak, tanda biologis dari mulainya fase tidur adalah penurunan inti suhu tubuh.

Pada saat yang bersamaan, suhu kaki dan tangan meningkat karena tubuh melepaskan panas. Inilah yang membuat kaki sebagian orang menyembul keluar dari selimut saat mereka tertidur.

Kecenderungan tubuh untuk melepaskan panas di malam hari adalah satu penyebab mengapa sebagian tempat tidur terasa tidak nyaman. Alasannya adalah banyak orang yang “panas saat tidur.” Sederhananya, bahan sebagian tempat tidur menyerap panas yang dikeluarkan tubuh.

Oleh karena itu, cara alamiah untuk meningkatkan kualitas tidur adalah dengan membantu proses pendinginan tubuh. Dalam penelitian yang dilakukan di Lille, sebuah kota di timur laut Perancis, menemukan bahwa orang-orang tidur lebiih cepat dan mendapat tidur yang lebih berkualitas dengan satu kebiasaan sederhana: mendinginkan tubuh. Kebiasaan orang-orang ini adalah mandi dengan air dingin tepat sebelum tidur.

Untuk itu, salah satu cara terbaik untuk mendapat tidur yang nyenyak dan berkualitas adalah dengan menjaga suhu ruangan pada rentang 16-19 derajat Celcius.

Olah raga sangat membantu membuatmu tidur lebih nyenyak

http://blog.walkjogrun.net/
http://blog.walkjogrun.net/

Orang-orang yang rutin berolahraga mendapat tidur yang lebih berkualitas daripada yang terus-terusan duduk seharian.

Tips lainnya

Dokter-dokter yang menspesialisasikan dirinya untuk membantu tidur sering menyarankan beberapa hal berikut ini:

  • Waktu tidur yang tetap setiap harinya, tidak berubah-ubah
  • Hanya gunakan kasur untuk tidur atau berhubungan seksual (Baca artikel kami tentang hubungan intim)
  • Meredupkan lampu kamar sekitar setengah jam sebelum berbaring di kasur

Tinggalkan komentar