8 Cara Unik Orang Indonesia Menyaksikan Gerhana Matahari Total 2016

Rabu pagi ini banyak orang sudah bangun pagi layaknya menyambut hari raya. Mereka tampak antusias menunggu fenomena yang viral dibicarakan banyak media.

Ya, gerhana matahari total yang akan terjadi pada rabu pagi 9 maret 2016 benar-benar menjadi headlines dan disambut banyak orang. Bagaimana tidak, fenomena alam ini jarang terjadi dan punya penampakan visual yang menakjubkan.

Indonesia adalah salah satu negara yang paling bagus dalam melihat gerhana matahari total. Bahkan turis asing banyak yang sengaja ke Indonesia khusus untuk melihat gerhana. Yang paling jernih dan terlihat jelas pada saat hari H adalah kota Palu, Ternate, dan Ternate.

Masyarakat yang antusias melihat fenomena matahari tertutup bulan ini lalu berbondong-bondong mencari spot terbaik untuk melihat gerhana matahari. Tapi tentu orang  tidak melihat langsung matahari yang begitu silau dan berbahaya bagi mata.

Gerhana matahari bisa dilihat dengan alat khusus yang dibuar menjadi kacamata. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkan kacamata ini.

Karena tidak mau melewatkan melihat fenomena langka ini, maka mereka mengakalinya dengan menggunakan alat seadanya. Bahkan alat-alat ini malah cenderung lucu dan ‘mekso’ untuk melihat gerhana matahari.

Seperti apa saja cara unik masyarakat Indonesia dalam melihat gerhana matahari 2016? Ini dia gambar-gambarnya.

Nonton Gerhana dari Foto Rontgen

republika.co.id

Dua orang bocah bernama, Aulia Nabila dan Zaki Fajar yang masih duduk dibangku SD dan SMP tidak habis akal untuk dapat melihat Gerhana Matahari Total.

Dengan menggunakan foto rontgen milik ibunya kedua anak ini bisa melihat gerhana matahari dari balik “tulang rusuk” rontgen.


Kaca yang Dihitamkan dengan Asap

liputan6.com

Budiman Sakti, warga Kelurahan Timur Indah, Kecamatan Singaran Pati, Bengkulu dan juga banyak warga Bengkulu lainnya punya cara tradisional dan unik untuk melihat gerhana. Yaitu dengan cara menghitamkan kaca bening dengan asap hitam dari kepulan asap minyak tanah.

Hasilnya memuaskan menurut warga Budiman, “Kami menggunakan kaca yang dihitamkan ini untuk menyaksikan gerhana matahari. Ini supaya tidak langsung bertatapan dengan matahari. Hasilnya, kita dapat melihat proses gerhana dengan baik.”


Melihat dengan Kantong Plastik

metrotvnews.com

Orang memang tidak disarankan untuk melihat gerhana matahari secara langsung. Namun, didaerah Jombang mungkin “gak usum” ada kacamata khusus nonton gerhana.

Tak mau melewatkan peristiwa langka ini, Ainul Khafidz seorang warga Jombang mengakalinya dengan menggunakan kantong plastik hitam.

“Alhamdulillah bisa melihat gerhana matahari,” ujar Ainun nampak senang setelah melihat gerhana.


Kacamata Tukang Las

kompas.com

Bengkulu menjadi spot terbaik untuk melihat gerhana matahari total. Seorang remaja bernama Matheus pun tak mau melewatkan moment tersebut walaupun tak punya kacamata khusus.

Matheus telah menyiapkan alat khusus yang tidak kalah aman, yakni kaca yang biasa digunakan pada kacamata tukang las.

“Sebenarnya, menurut berita kalau enggak ada kacamata melihat gerhana bisa diganti pakai kacamata pelindung tukang las dengan 13 milimeter,” kata Matheus.


Pakai Tiga Kacamata Sekaligus

merdeka.com

Satu kacamata hitam memang tidak cukup untuk melindungi mata saat melihat gerhana matahari, tapi kalau tiga? Inilhah kreatifnya orang Indonesiaa menggunakan tiga kacamata sekaligus untuk melihat gerhana matahari.


Ibadah Sambil Nonton Lewat Dinding

blog.reservasi.com

Bagi umat muslim, peristiwa gerhana selayaknya bukan hanya jadi tontonan saja, tapi ada tuntunannya. Islam mengajarkan saat gerhana disunnahkan untuk melakukan shalat sunnah dan banyak melakukan dzikir dan istighfar.

Nah, agar umat Islam bisa melakukan keduanya sekaligus, beribadah sambil menonton gerhana, Masji ponpes Hidayatullah menyediakan alat yang dapat menampilkan proses gerhana di dinding putih.


Menggunakan Kertas Mika

merdeka.com

Entah apakah aman atau tidak, tapi wanita ini tetap nekat melihat gerhana walaupun hanya dengan selembar kertas mika.


Negatif Film Dibungkus Paper Bag

oketekno.com

Ada-ada saja memang, untuk menyaksikan fenomena langka ini banyak warga yang berkreasi membuat alat pelindung mata. Salah satunya dengan membungkus negatif film dengan paper bag seperti wanita ini.


Tinggalkan komentar