6 Trik Ampuh Agar Kamu Lebih Mudah Mendapatkan Apa yang Kamu Cari di Google

Google telah menjadi primadona sejak pertama kali internet diluncurkan, terutama tentu saja produk Search Engine Google atau mesin pencari. Mesin pencari paling populer di dunia ini pertama kali diluncurkan pada tahun 1997.

Tentu saja pengembangannya dilakukan oleh dua orang yang paling berpengaruh di Google, Larry Page dan Sergey Brin. Hingga saat ini mesin pencari Google telah banyak berkembang, hingga pada tahun 2011 diluncurkan Google Voice Search.

Nah, meskipun mencari sebuah kata kunci kini sangat mudah lewat Google. Namun, pada titik tertentu hasil pencariannya justru terlalu banyak dan akan membuat kamu kebingungan tentunya.

Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa trik pencarian di Google yang akan memudahkanmu untuk menemukan hasil yang lebih spesifik. Jadi, kalau kamu ingin lebih jago mencari sesuatu di Google, baca artikel ini sampai selesai.

Frasa Spesifik, Gunakan Tanda Petik

google.co.id

Jika kamu ingin mencari frasa yang spesifik, gunakan tanda petik saat mencari lewat Google. Ketikkan frasa atau kalimat yang ingin kamu cari secara spesifik dengan tanda petik di awal dan di akhir kalimat.

Misalkan jika kamu ingin mencari kalimat let them eat the cake, maka kamu harus mengetikkan  “let them eat the cake” pada kolom pencarian Google. Dengan cara ini, hasil pencarian yang kamu dapat akan spesifik pada frasa let them eat the cake.

 

Eliminasi Kategori

google.co.id

Banyak hal yang memliki kategori lebih dari satu, dan Google tidak memahami hal itu. Misalnya kata ratatouille, kata ini dapat berarti sebuah masakan asal Perancis dan sekaligus bisa juga sebuah film animasi yang berjudul ratatouille.

Dengan menyelipkan tanda minus atau “-“, kamu bisa mengeliminasi hasil yang keluar pada Google. Misalnya jika kamu mengetik ratatouille -movie, maka semua hal yang berhubungan dengan film ratatouille tidak akan ditampilkan.

 

Mencari di Dalam Situs

google.co.id

Kamu mungkin bingung jika ingin mencari secara spesifik pada situs tertentu yang merupakan web favorit rujukan kamu. Sebenarnya kamu bisa mendapatkan hasil pencarian secara spesifik dari situs yang kamu inginkan.

Gunakan tanda “site:” untuk mencari secara spesifik. Misalnya jika kamu ingin mencari kata “cinta” pada situs satujam.com, maka kamu harus menuliskan cinta site:satujam.com pada kolom pencarian Google.

Mudah bukan? Kini semua hasil pencarian yang kamu dapat akan terseleksi dan hanya akan keluar dari situs yang kamu kehendaki.

 

Cari Situs yang Sama

google.co.id

Nah, kalau kamu berniat mencari situs dengan isi yang relatif sama, gunakan trik “related:”. Dengan cara ini, kamu akan dapat mencari situs dengan kontek yang relatif sama dan bahkan berasal dari negara yang sama.

Contohnya jika kamu mengetikkan related:dailymail.co.uk maka hasil yang kamu dapat adalah seperti pada gambar di atas. Kamu akan mendapatkan beberapa situs serupa seperti Mirror, Telegraph, Daily Express atau The Independent.

 

All In One

mng.lincolnwdaniel.com

Dengan trik yang satu ini, kamu bisa mendapatkan empat tipe hasil pencarian secara spesifik. Pertama, allintext: bisa membantu kkamu menemukan laman yang memuat semua kata yang kamu cari.

Sementara intext: dapat membantu kamu untuk menemukan satu kata kunci yang terdapat pada artikel dan ka lainnya terdapat dimanapun di dalam dokumen, misalnya berada pada judul atau url.

Konsep pencarian dengan allintitle: dan intitle: juga menganut konsep yang sama. Agar lebih mengerti, kamu bisa mencobanya sekarang juga lewat mesin pencari Google.

 

Tipe Dokumen

google.co.id

Nah, buat kamu yang hanya menginginkan tipe dokumen tertentu, kamu bisa mengginakan trik filetype:suffix. Misalnya dengan mengetikkan kata kunci data penduduk 2015 filetype:pdf kamu akan mendapatkan semua hasil pencarian berupa pdf.

Tinggalkan komentar