Cepat Tidur

Kerjaan yang menumpuk, main game, menonton drama, adalah beragam alasan yang dikemukaan seseorang ketika porsi tidurnya sedikit. Apabila Anda kurang tidur aktivitas Anda sehari-hari kurang maksimal. Organ tubuh Anda tidak dapat bekerja dengan baik karena kelelahan. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah pada berat badan Anda, kemurungan (tidak bersemangat), masalah pada jantung dan bahkan membuat tubuh Anda rentan terkena penyakit. Dapat dikatakan bahawa salah satu faktor tubuh yang sehat ditandai dengan waktu istirahat yang cukup.

Apabila aktivitas Anda padat, sediakan pula waktu yang cukup untuk tidur agar tubuh Anda dapat beristirahat. Waktu istirahat yang cukup bukan berarti waktu tidur yang lama. Akan tetapi Anda mendapatkan tidur yang berkualitas. Berikut beberapa cara agar Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

1. Berolahraga

Mungkin Anda sudah bosan mendengarkan nasihat ini berkali-kali. Namun, ahli kesehatan di belahan dunia manapun tidak pernah bosan menyarankan Anda untuk berolahraga secara rutin. Selain baik untuk kesehatan, olahraga membantu Anda agar cepat tidur di malam hari dan Anda memperoleh tidur yang berkualitas.

2. Jadwalkan waktu tidur Anda

Menjadwalkan tidur anda secara teratur juga merupakan hal yang penting dalam mendapatkan tidur berkualitas. Keteraturan akan membantu metabolisme dalam tubuh Anda berjalan baik.

3. Kenali kebiasaan Anda

Usai menjadwal jam tidur Anda, pastikan Anda mempersiapkan segala sesuatu yang biasa Anda lakukan sebelum tidur dengan baik agar jam tidur anda tidak terlewat. Misalnya, Anda berencana untuk tidur setiap malam pukul 12 dan Anda mempunyai kebiasaan membaca kurang lebih setengah jam sebelum tidur. Artinya pukul 11.30 maksimal Anda harus sudah mulai membaca sehingga pukul 11 malam Anda sudah tertidur.

4. Jangan mengkonsumsi makanan yang berat sebelum tidur

Perut yang sangat penuh dapat membuat Anda kesulitan untuk tidur. Pastikan Anda tidak makan berat atau terlalu banyak sebelum tidur. Lagipula, makan pada malam hari dapat membuat berat badan Anda bertambah karena hasi pembakaran dalam tubuh tidak digunakan untuk beraktivitas.

5. Matikan komputer Anda

Jika Anda hobi browsing atau bermain game, buatlah jeda minimal setengah jam antara pemakaian komputer dengan saat Anda bersiap tidur. Biasanya tubuh akan mengalami kesulitan untuk tidur jika langsung berbaring setelah menggunakan komputer. Relax-kan otak Anda sejenak, karena otak anda masih ‘panas’ saat itu.

6. Jangan mengobrol di telepon sebelum tidur

Alasannya hampir sama dengan poin 5. Ketika Anda mengobrol dengan teman Anda di telepon, otak berada pada ‘mode siaga’. Perlu waktu untuk merubahnya menjadi ‘mode tenang’. Luangkan waktu kira-kira setengah jam untuk mendinginkan otak Anda sebelum Anda pergi tidur. Otak yang tenang tentu saja membuat kita lebih cepat untuk tertidur.

7. Pastikan lampu kamar Anda padam

Efek cahaya akan merangsang hormon tertentu dan akhirnya mempengaruhi metabolisme di dalam tubuh. Oleh karena itulah hampir sebagian besar ahli menyarankan untuk mematikan lampu saat beristirahat karena akan mempengaruhi kualitas tidur.

8. Kasur

Kasur yang sudah tua akan berkurang kenyamanannya. Terutama kasur yang berisikan kapuk. Biasanya bagian tengahnya lebih kempis dibandingkan sisi-sisinya apabila digunakan dalam waktu yang lama. Gantilah kasur lama Anda dengan yang baru. Dengan demikian, Anda akan merasa nyaman dan cepat tertidur.

9. Lingkungan tidur Anda

Jika Anda seringkali terbangun hanya untuk mematikan AC atau kipas angin karena kedinginan, hal tersebut jelas sangat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Aturlah timer pada AC / kipas angin tersebut atau jika tidak terdapat timer, pastikan Anda menyelimuti diri Anda sebelum tidur sehingga Anda tidak terbangun di tengah malam untuk mematikan AC atau kipas angin.

10. Tidur siang

Tidur siang dipercaya lebih efektif daripada tidur malam. Jika Anda adalah orang yang super sibuk, cobalah tidur pada siang hari selama setengah jam. Tubuh Anda yang lelah akan kembali fit dan siap berkativitas kembali.

Demikian beberapa cara untuk membuat Anda cepat tidur sekaligus tidur yang berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar