Yuk, Kenali Ciri-ciri Penyakit Jantung Sejak Dini

Ciri-ciri penyakit jantung biasanya mulai terasa sakit dan menganggu pada saat sakit itu sudah parah. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sakit jantung adalah salah satu jenis penyakit yang paling mematikan. Di dunia sendiri orang banyak mati akibat dari penyakit jantung ini.

Oleh karena itu, sudah sewajarnya jika kamu mendapatkan bekal tentang ciri-ciri penyakit jantung. Agar kelak kamu dapat mengatasinya atau bahkan bisa menghindari penyakit jantung tersebut. Lagi pula penyakit janutng juga bisa mengakibatkan komplikasi penyakit lain yang pastinya lebih membahayakan nyawa penderitanya.

Nah, di bawah ini ada beberapa ciri-ciri penyakit jantung. Penasaran apa saja? Mari disimak dengan baik ya.

 

Merasa Nyeri di Dada

trend-kesehatan.blogspot.com
trend-kesehatan.blogspot.com

Rasa nyeri di dada yang dimaksudkan di sini bukanlah istilah yang digunakan untuk orang yang galau. Para penderita penyakit jantung biasanya akan merasaka gejala rasa nyeri di dada yang menjadi pertanda awal seseorang akan terkena sakit jantung.

Namun, hal ini masih belum bisa dipastikan apakah nyeri di dada yang dirasaka adalah akibat dari penyumbatan arteri atau justru penyakit lain. Maka dari itu, sebaiknya konsultasikan masalah gejala penyakit jantung lemah ini ke dokter.

Jika tidak segera di tangani dan semakin hari semakin parah, kondisi inilah yang akan membuat tubuh kamu menjadi semakin lemah dan mati rasa. Cukup berbahaya bukan?

Sakit Kepala

Sakit Kepala senut-senut
huffingtonpost.com

Jika kamu tidak jeli dalam menyikapi ciri-ciri penyakit jantung ini. Kamu akan berasa bahwa gejala sakit kepala ini adalah gejala biasa yang mungkin biasa kamu alami. Namun, kenyataannya gejala sakit kepala yang diderita oleh orang yang berpotensi penyakit jantung ini akan bereaksi ketika penderita terkena sorotan cahaya. Apa pengaruhnya bagi jantung? Saat penderita terkena sorot cahaya, maka jantung akan terpengaruh untuk berdenyut lebih cepat dari biasanya.

American Academy of Neurology mengatakan bahwa keluhan sakit kepala yang dirasakan oleh para penderita penyakit jantung terjadi karena adanya penyimpangan sirkulasi darah. Bagi kamu yang sering mengalami gangguan penglihatan dan migrain, cobalah untuk memeriksakan diri kamu. Barangkali ada bibit-bibit penyakit jantung.

Mudah Lelah

www.radiopostki.com
www.radiopostki.com

Ciri-ciri penyakit jantung lainnya adalah penderita akan mudah merasa kelelahan walaupun tidak melakukan aktivitas yang berat. Bisa juga pada saat kamu bangun tidur merasa lelah, padahal seharusnya kamu merasa segar. Nah, jika kamu mengalami kondisi seperti ini segeralah memeriksakan diri kamu ke dokter. Untuk memastikan apakah gejala tersebut berbahaya atau tidak untuk diri kamu. Serta menanyakan gejala tersebut termasuk sakit jantung atau bukan.

Berkeringat

breaktime.co.id
breaktime.co.id

Biasanya orang normal akan mengeluarkan keringat pada saat berolahraga, melakukan aktivitas yang berat atau sedang berada di tempat yang panas. Namun, jika kamu tidak melakukan apapun, keluar keringat. Kamu harus berhati-hati karena hal ini juga bisa mengindikasikan bahwa jantung kamu mengalami masalah.

Merasa Mual

ummi-online.com
ummi-online.com

Penderita sakit jantung awal biasanya memberikan tanda dengan membengkaknya bagian perut. Hal ini membuat para penderita merasa mual dan muntah yang tidak wajar. Bahkan, penderita penyakit jantung yang merasakan hal ini akan berkurang nafsu makannya. Apabila kurangnya nafsu makan itu terus menerus terjadi, maka nantinya akan timbul penyakit baru yang dapat menggerogoti kesehatan penderita.

Sakit pada Bagian Tubuh Tertentu

zougla.gr
zougla.gr

Ciri-ciri dari penyakit jantung lainnya adalah penderita akan merasakan sakit pada bagian tubuh tertentu loh. Khususnya untuk wanita, biasa para wanita akan merasakan nyeri atau sakit pada tangan kangan dan lengan kirinya. Sedangkan untuk pria, biasanya akan merasakan bagian lengan kirinya.

Rasa nyeri yang diderita oleh penderita penyakit jantung juga terjadi di bagian tubuh lainnya, seperti bagian bahu, leher, siku, dan punggung. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Jika memang rasa nyeri itu benar dari gejala penyakit jantung, maka hal itu disebabkan oleh arteri yang tersumbar karena jantung mengalami gangguan.

Tinggalkan komentar